5 Tips Membasmi Kutu Kasur, Dijamin Efektif!

Selasa, Agustus 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi tidur di kasur (foto: istimewa)

KEBERADAAN kutu kasur memang sangat mengganggu kenyamanan. Selain mengganggu saat beristirahat, bekas gigitan kutu kasur pun cukup membuat bekas yang buruk rupa. Oleh karena itu, kasur harus rutin dibersihkan agar tidak diganggu kutu kasur.

Sekalipun kasur Anda tertutupi sprei, ternyata kuman dan bakteri tetap berkembang di sana. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa kasur, bantal, guling, atau selimut, mengandung banyak partikel buruk yang berbahaya bagi tubuh Anda. Salah satu dampak nyatanya adalah sistem pernapasan yang rusak.

Tak hanya kuman, kutu kasur juga bersarang di sana. Hewan ini dianggap sebagai hama karena menyerap darah, dan gigitannya menyebabkan gatal. Hama yang satu ini ditemui diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Pada siang hari, hama ini bersembunyi di bagian kasur sehingga sulit untuk menemukannya.

Okezone menghimpun cara membasmi kutu kasur dengan efektif. Berikut caranya dilansir dari Boldsky, Senin (29/08/2022).

1. Identifikasi masalah

5 cara membasmi kutu kasur

Langkah ini sebaiknya dilakukan untuk memeriksa daerah kasur. Lakukan analisis di mana mereka berada agar tidak berkembang lebih banyak.

2. Basmi dan cuci

Cuci segala sesuatu yang ada di kasur Anda, seperti sarung bantal, guling, kasur, dan menjemur peralatan pendamping tidur di bawah sinar matahari, namun dibungkus plastik terlebih dahulu.

3. Penguapan

Salah satu cara untuk membasmi kutu kasur dengan penguapan. Di pasar sudah tersedia peralatan yang menghasilkan uap. Anda bisa langsung menyemprotkan uap di sudut dan jahitan kasur. Penguapan adalah salah satu cara terbaik untuk membasmi kutu kasur beserta telurnya.

4. Vakum

Vakum ini tidak hanya mengusir kutu di kasur, melainkan di karpet, dinding, sofa, dan permukaan lainnya. Anda harus lebih fokus ke sudut-sudut permukaan dan jahitan tempat mereka biasa bersembunyi. Setelah itu isi vakum dibuang ke dalam plastik.

5. Bantuan tenaga profesional

Jika Anda tidak mampu membasmi kutu yang satu ini sendirian, sebaiknya hubungi tenaga professional dalam bidang ini. Biasanya tenaga professional menggunakan bahan kimia seperti pestisida untuk membasmi hama ini. Anda dapat memanggil ahli untuk rutin datang ke rumah membasmi kutu kasur.


Sumber : okezone.com

0 comments: