6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 07 30 408 2638965 6-destinasi-wisata-religi-di-yogyakarta-wajib-dikunjungi-saat-liburan-fbSNJh7U0n.jpgMasjid Kotagede jadi destinasi wisata religi di Yogyakarta (dok Kemdikbud)

TERDAPAT beberapa destinasi wisata religi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Dirangkum MNC Portal, berikut destinasi wisata religi di Yogyakarta:

Masjid Kotagede

Masjid Kotagede Yogyakarta merupakan masjid tertua yang ada di Kota Yogyakarta. Masjid ini dibangun sejak zaman kejayaan kerajaan Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung. Masjid yang berada di kawasan wisata heritage Kotagede ini masih memiliki ciri khas klasiknya.

Saat kalian berwisata di Kotagede, jangan lupa untuk mengunjungi masjid ini. Apalagi bagi kalian yang beragama muslim, luangkan waktu untuk merasakan salat di masjid tertua di Yogyakarta ini.

Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran terletak di Jalan Ganjuran, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Bangunan Gereja Ganjuran ini tak sama dengan gereja pada umumnya, karena memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Gereja ini mempunyai sebuah bangunan yang berbentuk seperti candi.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Nasrani. Tak hanya itu, hal menarik lainnya yaitu Gereja Ganjuran terletak hanya sekitar 12 Kilometer atau kurang lebih 20 menit perjalanan dari objek wisata Pantai Parangtritis.

Pura Vaikuntha Vyomantara

Pura ini berlokasi di dalam kompleks AAU di daerah Janti, Yogyakarta. Pura ini bukan saja diperuntukkan untuk warga di kesatuan TNI AU, namun juga untuk umum dimana umat dari di luar juga dapat mengikuti persembahyangan di pura ini.

Buat kalian yang ingin merasakan Kota Yogyakarta dengan aroma Bali, kalian dapat berkunjung ke pura ini. Sendang Sono Salah satu tempat wisata rohani Katolik yang terkenal di Yogyakarta adalah Sendang Sono.

Sendang berarti mata air. Pada tahun 1904, Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan air sendang. Sejak saat itulah, tempat ini menjadi tempat peziarahan umat Katolik.

Peristiwa pembaptisan ini tergambar dalam relief di salah satu kapel.

Masjid Gedhe Kauman

Destinasi wisata rohani Yogyakarta selanjutnya adalah Masjid Gedhe Kauman. Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid utama dari kerajaan yang berada di Yogyakarta, yaitu Kesultanan Yogyakarta. Bangunan peribadatan yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono ke I ini sangat kental dengan arsitektur khas Jawa.

Kampung Nitikan

Destinasi wisata rohani Yogyakarta berikutnya yaitu Kampung Nitikan, Umbulharjo. Tak hanya cocok bagi wisatawan penggemar wisata kuliner, namun Kampung Nitikan juga sangat cocok untuk wisata rohani. Apabila selama ini Kampung Nitikan menjadi rekomendasi wisata kuliner saat bulan puasa, tetapi pada kenyataannya lokasi ini juga terdapat beberapa makam tokoh ternama. Seperti KH Ahmad Dahlan, KH Ibrahim, dan juga Raden Ronggo yang merupakan putra dari pendiri Kerajaan Mataram.

Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis merupakan salah satu tempat wisata rohani Katolik di Yogyakarta yang cukup unik. Apabila biasanya Goa Maria berupa goa buatan, maka Goa Maria Tritis ini merupakan goa alami lengkap dengan stalaktit dan stalagmit. Goa Maria Tritis berlokasi di daerah Paliyan, Gunungkidul. Di destinasi wisata religi ini kalian akan dapat mendengar cicit kelelawar serta air yang menetes di goa.

Sumber : okezone

0 comments: