6 Pembalap MotoGP yang Cetak Hattrick Kemenangan, Nomor 1 sang Legenda Valentino Rossi!

Jumat, Agustus 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Berikut 6 pembalap MotoGP yang cetak hattrick kemenangan (Foto: MotoGP)

ADA 6 pembalap MotoGP yang cetak hattrick kemenangan akan diulas dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui, bagi seorang pembalap MotoGP meraih kemenangan di setiap balapan merupakan hal penting.

Sebab, dengan kemenangan di setiap seri balapan, praktis poin yang mereka kumpulkan akan semakin bertambah. Poin tersebut berpengaruh kepada posisi pembalap di klasemen MotoGP, agar semakin mendekati langkah para pembalap untuk meraih juara dunia.

Akan tetapi konsisten menjadi setiap pemenang di setiap balapan bukan hal yang mudah. Diperlukan fokus dan kondisi yang baik untuk bisa merealisasikan target tersebut. Namun ternyata, sejumlah pembalap pernah mencetak kemenangan tiga kali beruntun alias hattrick dalam balapan.

Lantas, siapa saja pembalap yang pernah cetak hattrick kemenangan itu? Berikut 6 pembalap MotoGP yang pernah cetak hattrick kemenangan:

6. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Di urutan keenam, dimulai oleh Francesco Bagnaia. Ya, pembalap Ducati Lenovo ini baru saja mencetak hattrick kemenangan yang ia raih pada MotoGP Austria 2022 pekan lalu.

Keberhasilan di Sirkuit Red Bull Ring itu melengkapi tiga kemenangan beruntun Francesco Bagnaia. Sebelumnya, pembalap yang akrab disapa Pecco ini berhasil juara di MotoGP Belanda 2022 dan MotoGP Inggris.

5. Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

Beranjak ke urutan kelima, ada Dani Pedrosa. Eks pembalap Repsol Honda ini memang dikenal gila dan tangguh di setiap balapan. Sebab demikian, tak heran bila pria asal Spanyol ini bisa mencetak hattrick kemenangan.

Adapun kemenangan tiga kali beruntun itu ia torehkan ketika balapan di MotoGP 2012 silam. Dani Pedrosa tercatat pernah juara di Sirkuit Aragon, Sirkuit Motegi, dan Sirkuit Sepang.

4. Casey Stoner

Casey Stoner

Selanjutnya, di urutan keempat, ada Casey Stoner, salah satu pembalap yang cukup nekat ketika melintas di sirkuit. Namun, berkat kenekatannya itu, pria asal Australia tersebut sudah pernah cetak hattrick kemenangan.

Bahkan, itu dilakukan tidak hanya dalam satu musim saja. Ya, Casey Stoner berhasil mencetak hattrick kemenangan dalam tiga musim berbeda. Itu diraih pada MotoGP 2007, 2008, dan 2011.

Di MotoGP 2007 ia sukses juara di Sirkuit Laguna Seca, Sirkuit Brno, dan Sirkuit Misano. Kemudian pada MotoGP 2008, ia menang beruntun di Sirkuit Donnignton Park, Assen, dan Sachsenring. Selanjutnya, catatan impresif itu kembali tercipta pada MotoGP 2011.

Ia berhasil dua kali hattrick kemenangan di musim 2011. Itu terjadi di Sirkuit Le Mans, Catalunya, dan Silverstone. Kemudian, kembali ditorehkan saat mentas di Laguna Seca, Brno, dan Indianapolis.

3. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Kemudian di posisi ketiga, tak kalah moncer dari Casey Stoner, ada nama Jorge Lorenzo yang juga berhasil cetak hattrick kemenangan. Bahkan, pembalap asal Spanyol ini bisa meraih hattrick kemenangan di empat musim berbeda.

Eks pembalap Yamaha ini membukukan hattrick kemenangan pada MotoGP 2010, 2012, 2013, dan 2015. Di MotoGP 2010, Jorge Lorenzo menang di Sirkuit Silverstone, Assen, dan Catalunya. Kemudian, pada MotoGP 2012, ia menang di Le Mans, Catalunya, dan Silverstone.

Torehan itu kembali berlanjut, pada MotoGP 2013. Ketika itu ia berhasil menang di Sirkuit Philip Island, Motegi, dan Ricardo Tormo. Serta pada MotoGP 2015, Jorge Lorenzo sukses membukukan kemenangan di Sirkuit Jerez, Le Mans, Mugello, dan Catalunya.

2. Marc Marquez

Marc Marquez

Beranjak ke posisi kedua, ada salah satu pembalap nekat dan gila asal Spanyol yaitu Marc Marquez. Ya, pembalap dengan julukan The Baby Alien ini sangat impresif dengan hattrick kemenangan yang diraih di empat musim berbeda.

Hattrick kemenangn itu ia torehkan pada MotoGP 2013, 2014, 2018, dan 2019. Pada MotoGP 2013, Marc Marquez menang di Sirkuit Laguna Seca, Indianapolis, dan Brno. Kemudian di MotoGP 2014, ia bukan hanya hattrick, tapi mencetak 10 kemenangan beruntun!

Marc Marquez berhasli menang di Sirkuit Losail, COTA, Termas de Rio Hondo, Jerez, Le Mnas, Mugello, Catalunya, Assen, Sachsenring, dan Indianapolis. Torehan impresif itu berlanjut ketika di MotoGP 2018, yang ia raih di Sirkuit COTA, Jerez, Le Mans, dan Aragon, Buriram, serta Motegi.

Kemudian, catatan apik itu kembali diraih oleh Marc Marquez pada MotoGP 2019. Saat itu ia berhasil menang di Sirkuit Misano, Aragon, Buriram, Motegi , dan Philip Island.

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi

Di posisi pertama tentunya ada legenda hidup MotoGP, siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi. Ya, pembalap yang punya julukan The Doctor ini sudah langganan juara di setiap seri balapan. Bahkan bukan hanya hattrick, The Doctor juga punya torehan impresif lebih dari itu.

Tercatat Valentino Rossi sudah mengantongi hattrick kemenangan atau lebih selama lima musim. Catatan itu dimulai pada MotoGP 2002, ketika ia menang di Sirkuit Le Mans, Mugello, Catalunya, Assen, Donington Park, dan Sachsenring. Kemudian berlanjut di MotoGP 2003, saat ia meanng di Brno, Estoril, Nelson Piquet, Sepang, Philip Island, dan Ricardo Torno.

Selanjutnya ia meraih kemenangn pada MotoGP 2004, di Sirkuit Mugello, Catalunya, Assen, Sepang, Philip Island, dan Ricardo Tormo. Beranjak ke MotoGP 2005, The Doctor menang di Sirkuit Shanghai, Le Mans, Mugello, Catalunya, Assen, Donington Park, Sachsenring, dan Brno.

Serta pada MotoGP 2008 ia mendulang kemenangan delapan kali. Itu terjadi di Sirkuit Shanghai, Le Mans, Mugello, Laguna Seca, Brno, Misano, Indianapolis, dan Motegi.


Sumber : okezone.com

0 comments: