6 Tips Naik Pesawat Saat Pandemi demi Keamanan Pribadi

Kamis, Agustus 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips Naik Pesawat Saat Pandemi, Foto Pixabay/JESHOOTS-com

Dampak dari pandemi COVID dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah aktivitas bepergian ke dalam maupun luar kota. Banyak orang masih khawatir jika bepergian menggunakan pesawat, namun di sisi lain ada orang yang memang harus pergi menggunakan pesawat entah itu untuk berlibur atau memang memiliki urusan yang mendesak. Karena itu sangat penting untuk mengetahui tips naik pesawat saat pandemi agar perjalanan kamu tetap aman dan nyaman.

Saat musin pandemi, peraturan dan syarat saat naik pesawat lebih ketat jika dibandingkan dengan transportasi lainnya. Protokol kesehatan harus selalu dipatuhi oleh penumpang di pesawat. Selain itu, para penumpang harus menyiapkan dokumen-dokumen penting terlebih dulu sebelum naik pesawat.

Tips Naik Pesawat Saat Pandemi

Tips Naik Pesawat Saat Pandemi, Foto Pixabay/JoshuaWoroniecki
Berikut adalah tips naik pesawat saat pandemi yang harus diketahui oleh para penumpang agar perjalanan tetap aman dan nyaman:

1. Pemesanan Tiket

Sebelum memesan tiket, sebaiknya mengecek terlebih dulu kondisi negara atau kota tujuan. Mengingat aturan di setiap kota berbeda-beda.

2. Chek in Online

Setelah melakukan pemesanan tiket, sebaiknya segera melakukan check in online pada maskapai yang akan digunakan.

3. Persiapan Dokumen

Setelah melakukan check in online, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen serta persyaratan yang dibutuhkan. (KTP, sertivikat vaksin, hasil tes PCR/antigen)

4. Waktu Keberangkatan ke bandara

Berangkatlah ke bandara minimal 2 jam sebelumnya. Karena untuk meminimalisir keterlambatan saat naik pesawat. Karena di bandara ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum keberangkatan.

5. Pengisisan Aplikasi eHAC dan Pedulilindungi

Mengunduh dan mengisi data pada aplikasi Electronic Health Alert Card (eHAC). Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan aplikasi pedulilindungi. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi pedulilindungi karena dibutuhkan saat validasi dokumen.

6. Saat di Bandara

Apabila penumpang belum melakukan check in online, penumpang bisa melakukan check in secara ofline di counter maskapai penerbangan yang akan digunakan. Setelah mendapat boarding pass, dilanjutkan dengan menuju ke ruang tunggu sesuai waktu keberangkatan.
Duduklah di seat sesuai dengan yang tercantum di boarding pass. Jangan lupa untuk memakai sabun pengaman dan perhatikan dengan baik tentang keamanan yang disampaikan oleh pramugari. Patuhilah protokol kesehatan baik di bandara maupun di dalam pesawat.
Saat di dalam pesawat, jangan berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung. Jangan makan dan minum selama perjalanan di dalam pesawat.
Demikianah tips naik pesawat saat pandemi agar tetap aman dan nyaman. Semoga rencana perjalanan kalian lancar ya!

Sumber : kumparan.com

0 comments: