Begini Ciri Khas Budaya Negara Indonesia, Kamu Wajib Tahu!

Senin, Agustus 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Budaya Indonesia di Pulau Bali. (Dokumentasi. Freepik.com)

Negara yang menjadi sorotan akan keunikan dan keberagaman budaya tak lain adalah Indonesia.
Kebudayaan Indonesia menjadi identitas bangsa, tentunya datang dari berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke.
Kebudayaan di tiap daerah masih dijaga dan diterapkan oleh masyarakat asli di daerah tersebut.
Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja kita patut berbangga hati terhadap hal itu. Ternyata, ada banyak ciri khas dari negara kita yang bisa ditunjukkan kepada orang-orang dari negara lain sehingga identitas budaya kita semakin dikenal oleh seluruh dunia.
Nah, di bawah ini merupakan ciri khas negara Indonesia yang kaya akan budaya. Yuk, simak!
1. Tradisi
Di Indonesia ada begitu banyak tradisi adat istiadat dari masing-masing daerahnya. Tradisi erat dengan kebiasaan atau kepercayaan yang dianut oleh masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Bahkan sampai sekarang kebanyakan orang di daerah masih menjaga tradisi tersebut.
Tradisi dari setiap daerah berbeda-beda, seperti menyambut kelahiran seorang anak, upacara adat pernikahan, upacara kematian, upacara penyambutan tamu, dan sebagainya.
Contohnya, tradisi pernikahan dari Sumatera Barat, yaitu bajapuik yang artinya "jemput" di mana ada kewajiban bagi keluarga perempuan untuk memberi sejumlah uang atau benda kepada pihak laki-laki sebelum akad nikah dilangsungkan.
Banyak yang mengistilahkan hal tersebut "wanita membeli laki-laki" sebelum dinikahkan.
Kemudian ada juga tradisi lain dari Bali, yaitu perayaan kuningan yang tujuannya menghaturkan persembahan sesajen kepada leluhur mereka untuk memohon kemakmuran, perlindungan, dan keselamatan. Biasanya upacara pada Hari Raya Kuningan diadakan secara sederhana.
2. Kesenian
Budaya orang Indonesia tentu saja tidak lepas dari seni yang tinggi. Kesenian merupakan bentuk ekspresi dari masyarakat, misalnya tarian, alat-alat musik, lagu daerah, dan lainnya.
Seperti tarian yang umumnya dilakukan bukan semata-mata hanya sebagai hiburan, tetapi ada tarian yang mempunyai tujuan. Beberapa diantaranya itu untuk penyambutan tamu atau orang penting, kemudian pengisi upacara adat atau ritual-ritual tertentu.
Contoh tarian yang paling terkenal dari Indonesia adalah tor-tor, tari kecak, tari jaipong, tari saman, tari piring, tari topeng, tari golek, dan sebagainya.
Selain tarian, ada juga alat-alat musik yang terkenal bahkan sampai ke negara lain, seperti angklung, gamelan, rebana, gondang, seruling, sasando, dan lain-lainnya.
3. Pakaian
Nah, Indonesia terkenal dengan orang-orang yang berpakaian rapi dan sopan. Berbeda dengan budaya luar yang banyak berpenampilan nyentrik.
Ada dua tipe pakaian orang Indonesia, yaitu pakaian sehari-hari dan pakaian ketika menghadiri acara tertentu atau upacara adat yang sakral.
Selain pakaian, Indonesia juga memiliki banyak jenis kain dan hal ini menjadi identitas suatu daerah. Biasanya pakaian berkain ini banyak dipelopori oleh wanita Indonesia sehingga terlihat modis dan menawan.
Contoh kain paling terkenal dari Indonesia adalah batik. Mulai dari motif dan coraknya yang berbeda-beda, menunjukkan ciri khas dari daerah masing-masing. Ada juga kain dari pulau Sumatera, yaitu ulos. Biasanya ulos ini digunakan saat upacara adat, seperti pernikahan atau upacara kematian.
4. Makanan
Tak kalah menarik, ini dia yang menjadi salah satu sorotan orang Indonesia. Kulinernya yang beragam dan khas mulai dari Sabang sampai Merauke, semua berjejer makanan-makanan lezat nan menggiurkan.
Kuliner menjadi produk budaya yang nyata dan sangat mudah dikenali sebagai identitas suatu daerah.
Misalnya dari Padang, sudah pasti yang paling terkenal adalah rendang. Kemudian dari Yogyakarta ada gudeg. Ada juga makanan khas orang Betawi, yaitu kerak telor.
Indonesia juga terkenal dengan cara makannya, yaitu menggunakan tangan. Rasanya kurang afdol kalau makan gak pake tangan alias tanpa sendok dan garpu, lho. Bisa dikatakan, itulah ciri khas dari orang Indonesia asli.
5. Rumah Adat
Mungkin sebagian masyarakat Indonesia mulai lupa akan bentuk dari rumah adat. Rumah adat merupakan cerminan budaya yang terbentuk dari tradisi dalam masyarakat.
Rumah adat di Indonesia dibangun dengan wujud yang sama dari generasi ke generasi. Beberapa daerah masih dijumpai rumah adat, bahkan dijadikan sebagai tempat tinggal, tetapi ada juga yang digunakan untuk upacara adat.
Misalnya, rumah bolon yang ada di provinsi Sumatera Utara, sampai sekarang masih ada di Balige, tepian Danau Toba. Kemudian ada rumah adat suku Toraja, yaitu tongkonan yang juga masih ada sampai saat ini.
Itulah ciri khas dari beragamnya budaya di Indonesia yang menjadi identitas dan aset negara. Masyarakat wajib menjaga dan melestarikan agar kebudayaan negara kita tidak luntur.
Ditengah kemajuan teknologi, tentu saja banyak gempuran dari budaya asing yang merajalela yang mengakibatkan hilangnya minat dari anak-anak muda Indonesia untuk mencintai budayanya sendiri.
Oleh karena itu, sebagai generasi muda negara Indonesia, patutlah kita menyebarkan kebudayaan negara. Jangan sampai aset negara kita diambil orang lain.


Sumber : kumparan.com

0 comments: