Begini Sistem Penghitungan Poin MotoGP yang Banyak Alami Perubahan Sepanjang Masa

Rabu, Agustus 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Begini sisten penghitungan poin MotoGP yang banyak alami perubahan sepanjang masa

BEGINI sistem penghitungan poin MotoGP yang banyak alami perubahan sepanjang masa. Ya, seperti diketahui, MotoGP merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia. Semua pasang mata tak lepas dari persaingan ketat yang tersaji di perhelatan MotoGP sepanjang tahun.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu, jika penghitungan poin di MotoGP yang berpengaruh pada klasemen MotoGP, ternyata banyak alami perubahan sepanjang tahun. Sekadar informasi, MotoGP sendiri sudah ada sejak tahun 1949 dengan nama GP500.

Seiring berjalannya waktu, MotoGP mengalami banyak perubahan. Mulai dari nama, kelas, hingga perubahan tehadap sistem perhitungan poinnya.

Lantas, seperti apa evolusi sistem perhitungan poin MotoGP dari awal berdiri hingga saat ini? Berikut sistem penghitungan poin MotoGP yang banyak alami perubahan sepanjang tahun:

Tahun 1949 (Awal Mula)

Penghitungan Poin MotoGP

Di awal MotoGP berdiri, perhitungan poin hanya diberikan pada 5 pembalap yang finis terlebih dahulu. Selain itu, adapula perhitungan poin bagi pembalap dengan putaran tercepat. Berikut perhitungan poinnya:

-Podium ke-1: 10 poin

-Podium ke-2: 8 poin

-Podium ke-3: 7 poin

-Posisi ke-4: 6 poin

-Posisi ke-5: 5 poin

Tahun 1950-1968

Penghitungan Poin MotoGP

Setahun setelah berdiri, MotoGP mengubah peratuan perhitungan poin yang menjadi lebih sedikit daripada peraturan sebelumnya. Jika sebelumnya podium satu mendapat 10 poin, di era ini podium satu hanya mendapat 8 poin.

Akan tetapi, bukan hanya lima pembalap saja yang dapat poin. Pembalap yang finis keenam pun berhak mendapat poin.

-Podium ke-1: 8 poin

-Podium ke-2: 6 poin

-Podium ke-3: 4 poin

-Posisi ke-4: 3 poin

-Posisi ke-5: 2 poin

-Posisi ke-6: 1 poin



Sumber : okezone.com

0 comments: