Cari Privat Beach di Lombok? Yok Meluncur ke Pantai Pengantap

Selasa, Agustus 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Lombok Barat - Memiliki suasana tenang dan sunyi, Pantai Pantai Pengantap cocok dikunjungi bareng keluarga. Apalagi saat libur di akhir pekan. Pantai yang terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB ini dikenal sepi layaknya pantai milik sendiri alias privat beach.

Terletak di ujung timur Lombok Barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Lombok Tengah, nyatanya Pantai Pengantap belum banyak dikenal wisatawan. Lokasi yang jauh dari perkampungan warga, Pantai Pengantap memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Sekitar 1,5 kilometer panjang pesisir Pantai Pengantap dibalut pasir putih. Bahkan menurut salah satu warga asal Dusun Pengantap Rahim (23) mengungkapkan jika berjalan di pesisir pantai, kaki akan masuk ke dalam pasir pantainya sekitar 8 hingga 15 cm.

"Kaki kita nukak (masuk) ke dalam pasir. Itu kan saking bersih dan buih pasirnya agak berbeda dari pasir pantai yang halus pada umumnya," kata Rame sapaan Rahim kepada detikBali.

Menurut Rame kondisi dan suasana keasrian yang dimiliki pantai Pengantap memang tidak kalah dari pantai indah lainnya di Pulau Lombok NTB.

Rame mengaku bahwa konon Pantai Pengantap merupakan lokasi ziarah warga menuju salah satu makam yang terletak di ujung barat pantai. Di sana terdapat satu kubur Kedok (makam tuli) yang sering didatangi warga dari berbagai daerah.

"Jadi setelah ziarah ke kubur Kedok. Biasanya warga setelah itu mandi. Jadi seperti berlibur padahal kan pergi ziarah kubur," kata Rame.

Di sisi lain kondisi rumput laut yang membentang di pantainya juga menjadi spot andalan bagi para pemancing ikan kalangan wisatawan. Apalagi kala air laut surut kata Rame pemancing akan menghabiskan waktu mencari ikan di pesisir Pantai Pengantap.

"Jadi memang tidak pernah ramai. Paling yang datang ke sini kalau tidak mancing ya ziarah kubur," kata Rame.

Pantai Pengantap memang belum banyak dikenal wisatawan. Untuk itu jika wisatawan yang berwisata ke Pantai Pengantap disarankan membawa bekal. Pasalnya di sepanjang pantai tidak terdapat pedagang kaki lima atau pedagang asongan.

Rute Menuju Pantai Pengantap

Rute menuju pantai Pengantap tidaklah sulit. Jika berangkat dari Kota Mataram bisa mengambil arah ke Pertigaan Kantor Camat Sekotong Lombok Barat. Dari pertigaan Sekotong, pengunjung bisa mengambil arah kiri menuju Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

Dari Desa Buwun Mas, pengunjung bisa mengambil arah lurus sekitar 5 kilometer hingga menjumpai SDN Desa Buwun Mas. Dari sana pengunjung bisa masuk menuju jalan setapak ke arah pantai Pengantap.

Untuk diketahui jarak pantai Pengantap dari Kota Mataram sekitar 45 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 1 jam 25 menit. Dari Bandara Internasional Lombok bisa ditempuh selama 1 jam 45 menit jika berangkat dari Kota Praya menuju arah Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Selain itu, memasuki area pantai Pengantap belum dikenakan tarif retribusi sepeserpun.

Sumber : detik.com

0 comments: