Fakta Unik Kebudayaan Hindu yang Merupakan Perpaduan antara Dua Kebudayaan

Senin, Agustus 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi: Fakta Unik Kebudayaan Hindu yang Merupakan Perpaduan antara Dua Kebudayaan Sumber: pixabay.com

Hindu sebagai salah satu agama yang tumbuh di Indonesia, membentuk pola kebudayaan yang memiliki karakter tersendiri. Hal ini tentunya membuat Hindu memiliki ciri khas budaya berbeda dengan agama lainnya di Indonesia. Dalam hal ini, kebudayaan Hindu merupakan perpaduan antara dua kebudayaan.
Mengutip buku Seri Cerdas Tangkas PKN kelas 1 karya X Kanopi (16:2013), Agama Hindu adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda. Agama ini diperkirakan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini.
Dalam meyakini agamanya Umat Hindu berpedoman pada Kitab Weda. Agama Hindu menerima pandangan bahwa hanya ada satu kenyataan, tetapi seluruh perumusan mengenap kebenaran itu dihormati. Agama Hindu tumbuh seiring perkembangan peradaban yang membentuk kebudayaan.

Kebudayaan Hindu Merupakan Perpaduan antara Dua Kebudayaan

Kebudayaan Hindu merupakan perpaduan antara dua kebudayaan yaitu Dravida dan Arya. Simak fakta uniknya berikut ini!
  • Agama hindu merupakan sinkretisme atau percampuran dua kebudayaan dan kepercayaan dari Bangsa Dravida dan Bangsa Aria.
  • Munculnya Agama Hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan Bangsa Aria ke Mohenjendaro dan Harappa pada 2000-1500 SM.
  • Perpaduan antara kebudayaan Bangsa Aria dan Bangsa Dravida disebut kebudayaan Hinduisme.
  • Bangsa Aria termasuk ke dalam ras Indo Jerman.
  • Bangsa Dravida ras Austroloid.
  • Istilah Hindu berasal dari nama daerah awal mula penyebaran Agama Hindu yakni di Lembah Sungai Indus, yang saat ini masuk wilayah India barat dan Pakistan.
  • Para ilmuwan agama percaya bahwa akar agama Hindu di Lembah Indus di India kemungkinan sudah ada sejak tahun 4000 SM.
  • Teori modern berpendapat bahwa Agama Hindu lebih mungkin dikembangkan sejak tahun 1500 SM.
  • Bangsa Aria dalam keyakinan beragama hindu yang dipercayanya, melakukan pemujaan terhadap banyak dewa atau bisa juga disebut (Polytheisme).
  • Bangsa Dravida dalam keyakinan beragama hindu yang dipercayanya, melakukan pemujaan terhadap roh nenek moyang.
Iluststrasi: Fakta Unik Kebudayaan Hindu yang Merupakan Perpaduan antara Dua Kebudayaan Sumber: pixabay.com
Sebagai informasi, pengaruh kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dan dibawa oleh pedagang dan pendeta yang berasal dari India. Masuknya pengaruh Agama Hindu melalui dua jenis jalur perdagangan yaitu jalur darat dan jalur laut.
Bukti nyata pengaruh Agama Hindu di Indonesia adalah banyaknya sejumlah bangunan candi bersejarah di beberapa daerah di Indonesia. Contohnya ialah Candi Prambanan di Yogyakarta, Candi Dieng di Wonosobo, Candi Jago di Malang dan sebagainya.
Itu dia fakta unik kebudayaan hindu yang ternyata merupakan perpaduan antara dua kebudayaan. Semoga ulasan pada artikel ini dapat memperkaya pengetahuan yang bermanfaat.


Sumber : kumparan.com

0 comments: