Festival Budaya Jawa Barat, Hanya Setahun Sekali

Rabu, Agustus 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Festival Budaya Jawa Barat. Foto: Unsplash
Berbicara soal Jawa Barat dan kelebihannya memang tidak akan ada habisnya. Misalnya saja kulinernya yang memikat lidah, Bandung bahkan masuk dalam daftar kota dengan makanan tradisional terbaik versi TasteAtlas Awards 2021. Tidak kalah, wisata alam Jawa Barat juga sangat diakui keindahannya, sebut saja Kawah Putih, Curug, dan masih banyak lagi.

Seolah semua itu belum cukup, Jawa Barat pun memiliki segudang budaya yang menarik. Sejumlah budayanya bahkan dinobatkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021, di antaranya adalah Angklung Bungko, Batik Dermayon, Gong Si Bolong, dan masih banyak lagi.
Budaya Jawa Barat yang beragam tersebut pun terus dilestarikan dan disosialisasikan ke masyarakat melalui festival. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan kekayaan budaya Jawa Barat, yuk kunjungi festival yang kerap diadakan di provinsi ini.

Festival Budaya Jawa Barat

Ilustrasi Festival Budaya Jawa Barat. Foto: Pixabay
Penulis telah merangkum festival budaya Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Festival Asia Afrika

Festival Asia Afrika adalah acara tahunan yang diadakan di Bandung dan berlangsung selama dua pekan. Festival ini berpusat di beberapa kawasan, yaitu Gedung Asia Afrika, Alun-Alun Bandung, Jalan Braga dan sekitarnya.
Festival ini bermula sejak tahun 2015, saat Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika ke-60. Usai konferensi tersebut, Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Kota Bandung menjadikan Festival Asia Afrika sebagai event tahunan.
Ada ratusan seniman yang turut memeriahkan festival. Mereka menampilkan beragam pertunjukan budaya, seperti tarian diiringi alat musik tradisional, pertunjukan musik, dan beragam kesenian Jawa Barat lainnya.

2. Festival Jatigede

Festival Jatigede adalah festival tahunan yang dilaksanakan di Lapangan Tegal Jarong, Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede. Festival seni dan budaya ini dimeriahkan oleh enam kecamatan di sekitar Waduk Jatigede, yaitu Kecamatan Jatigede, Kecamatan Jatinunggal, Kecamatan Wado, Kecamatan Darmaraja, Kecamatan Cisitu, dan Kecamatan Situraja.
Festival ini menjadi ajang untuk pelaku seni tradisional, modern, dan kontemporer berjejaring. Kemudian merayakan pertemuannya bersama masyarakat.
Di dalam festival ini berbagai pertunjukkan khas Sumedang digelar, mulai dari seni musik bambu, pagelaran seni bangreng, musik sawah, kecapi suling, pameran, upacara adat, dan masih banyak lagi.

3. Bandung Light Festival

Di antara bulan Agustus hingga Oktober, biasanya ada festival tahunan terkenal di Jawa Barat, yaitu Bandung Light Festival. Festival ini didukung kuat oleh pemerintah daerah bersama Kementerian Pariwisata. Sebenarnya festival ini juga masih dalam rangkaian peringatan HUT Kota Bandung, sehingga masyarakat pun selalu antusias menyambut event ini.
Bandung Light Festival dimeriahkan oleh parade kebudayaan yang meriah dan memiliki tema yang berbeda tiap tahunnya. Seperti misalnya di tahun 2018, festival ini mengusung tema ‘1001 Malam’ yang menyajikan keindahan lampu LED warna-warni menghias kota.
Sayangnya, Bandung Light Festival sempat mati suri selama pandemi. Namun, jangan khawatir, begitu pandemi usai dan Bandung Light Festival kembali diadakan, langsung hadiri, ya!

4. Bandung Lautan Api

Terakhir adalah Bandung Lautan Api, sebuah festival yang memuat konten sejarah. Festival ini diadakan setiap tahun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api.
Kalau kamu belum tahu, Bandung Lautan api adalah peristiwa sejarah pembakaran wilayah Bandung Selatan pada tahun 1945. Pembakaran tersebut dilakukan oleh bangsa Indonesia sebagai upaya melawan ultimatum pasukan Inggris yang meminta Gubernur Jawa Barat mengosongkan Bandung, agar bisa dijadikan markas militer mereka.
Peristiwa heroik tersebut diperingati setiap bulan Maret oleh para anggota komunitas pecinta sejarah serta masyarakat. Mereka akan berkumpul di sekitar Tegalega untuk ikut melakukan pawai obor dan memberikan penghormatan pada pahlawan yang gugur dalam perang.
Itu dia sejumlah festival budaya di Jawa Barat yang memiliki banyak makna dan juga meriah. Yuk, kunjungi festival tersebut dan turutlah dalam perayaannya.


Sumber : kumparan.com

0 comments: