Festival Budaya Jawa Tengah, Jantungnya Budaya Jawa

Selasa, Agustus 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Festival Budaya Jawa Tengah. Foto: Pixabay
Tiap daerah di Indonesia memiliki budaya masing-masing, termasuk juga Jawa Tengah, provinsi yang dikenal sebagai jantung budaya Jawa. Istilah itu tidak perlu diragukan lagi sebab di Jawa Tengah, tepatnya di Surakarta dan Yogyakarta terdapat pusat istana kerajaan Jawa yang masih tetap berdiri sampai hari ini. Sejumlah bangunan bersejarah Indonesia juga berdiri megah di provinsi ini, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Budaya tentunya harus senantiasa dilestarikan. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan mengadakan festival budaya. Festival yang dikemas dengan penuh hiburan akan membuat banyak orang tertarik menghadiri, tidak hanya dari kalangan orang tua, tapi juga anak muda.
Lalu jika mengadakan festival adalah upaya pemerintah, upaya kita apa? Tentu saja berperan aktif menyemarakkan festival. Makanya, buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah, catat festival budaya yang telah penulis rangkum di bawah ini, dan hadiri bersama dengan keluarga tercinta.

Festival Budaya Jawa Tengah


Ilustrasi Festival Budaya Jawa Tengah. Foto: Pixabay
Berikut sejumlah festival budaya Jawa Tengah yang diadakan tiap tahun. Yuk, simak daftarnya dan hadiri semuanya.

1. International Mask Festival

International Mask Festival (IMF) adalah festival budaya tahunan yang berskala internasional. Sesuai namanya, festival ini berkonsep pertunjukkan seni topeng dan pameran kerajinan topeng. Kegiatan ini telah berlangsung lama, yaitu sejak tahun 2014, dan masih tetap dilaksanakan hingga kini.
Acara IMF dilangsungkan di Surakarta di bawah naungan SIPA Community. Acaranya sendiri kerap dirangkaikan dengan kegiatan edukasi yang menarik, seperti workshop soal topeng.

2. Festival Sindoro Sumbing

Festival Sindoro Sumbing adalah acara kolaborasi antar dua daerah, yaitu Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Festival ini terbilang masih baru, tapi antusiasme masyarakat sangat positif.
Dalam festival ini, kamu bisa menemukan banyak pertunjukan seni, seperti wayang dan tari. Seniman-seniman yang bergabung dalam festival ini pun tidak terbatas hanya untuk yang tinggal di Temanggung dan Wonosobo. Tapi juga bisa berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, luar Jawa Tengah, hingga mancanegara.

3. Borobudur International Festival

Tentu saja Borobudur International Festival harus masuk dalam daftar ini. Menyandang gelar festival bertaraf internasional, kamu tidak boleh melewatkan kemeriahan festival budaya tahunan ini.
Setiap tahunnya, akan ada pertunjukan kesenian dari 35 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, juga provinsi luar Jawa, bahkan mancanegara. Berlatarkan kemegahan Candi Borobudur, kamu akan melihat beragam persembahan seni budaya. Tidak hanya itu, terdapat pula banyak pameran kerajinan UMKM dan festival kuliner yang bikin ngiler.

4. Solo Batik Carnival

Nah, karena batik adalah salah satu kebanggaan bangsa Indonesia, jadi pastinya harus terus dilestarikan, dong. Karena itu, jangan lewatkan Solo Batik Carnival jika kamu warga Jawa Tengah.
Ikuti festival yang menampilkan berbagai kreasi kostum dari batik ini. Acaranya cuma setahun sekali dan pesertanya bisa mencapai ratusan. Peserta akan berjalan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi menuju Kantor Wali Kota Surakarta.

5. Festival Payung Indonesia

Terakhir adalah festival yang sudah dilangsungkan sejak 2014 oleh Mataya Arts & Heritage, Festival Payung Indonesia. Seperti namanya, festival ini melibatkan banyak pengrajin payung tradisional. Selain itu, dipamerkan pula beragam kerajinan unik dari seniman kontemporer, komunitas kreatif, fashion designer, fotografer, dan masih banyak lagi.
Pada tahun 2018, Festival Payung Indonesia menjalin hubungan persaudaraan dengan Borsang Umbrella Festival, Chiang Mai, Thailand. Kini, pagelaran festival ini semakin meriah dengan megah karena berlatarkan Candi Prambanan.
Nah, itu dia sejumlah festival budaya di Jawa Tengah. Sangat menarik dan beragam, bukan?

Sumber : kumparan.com

0 comments: