Gampang Patah karena Sering Pakai Kutek? Ini 5 Tips Bikin Kuku Kuat

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kuku cantik dan kuat tak gampang patah, (Foto: Freepik)

MENGHIAS kuku memakai cat kuku alias kuteks memang menyenangkan dan membuat penampilan visual kuku jadi menarik untuk dilihat.

Namun tak jarang, kebiasaan suka menggunakan kuteks ini memang membuat kuku jadi gampang patah. Mengingat, kuku terus-terusan terpapar bahan kimiawi dari cat kuku.

Nah, bagi Anda yang hobi menggunakan kuteks atau memang kukunya gampang patah. Sebaiknya melakukan perawatan ekstra dengan lima tips di bawah ini, agar kuku kuat tidak mudah patah. Melansir Healthline, Minggu (31/7/2022) yuk intip paparan singkatnya berikut ini.

1. Konsumsi suplemen biotin: Dikenal juga sebagai vitamin H dan vitamin B-7. Mengingat ini adalah vitamin yang larut dalam air dan tidak disimpan oleh tubuh, jadi pastikan konsumsi vitamin ini setiap hari. Biotin sendiri membantu memperkuat rambut dan kuku dan juga membantu sistem saraf tubuh berfungsi dengan baik. Selain suplemen, vitamin ini bisa didapat secara alami dari sarden, telur matang, dan kacang-kacangan.

2. Kurangi kena air: Terlalu banyak terkena air, bukan hanya bikin kulit menyusut keriput tapi juga menyebabkan kuku menjadi lemah dan rapuh. Biasakan pakai sarung tangan saat mencuci piring ya! Hindari yang memang bisa dihindari.

3. Terhidrasi: Kandungan air dalam tubuh berpengaruh pada kekuatan kuku loh! Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan kuku. Tanpa hidrasi yang cukup, kuku bisa menjadi rapuh dan mudah patah dan terkelupas. Minum cukup air membantu kuku untuk tetap lembap dan tetap kuat.

4. Pakai lotion di kuku: Tidak hanya penting untuk kulit tubuh dan wajah, tapi lotion juga penting untuk kekuatan kuku. Setelah menghapus kuteks dengan aseton, atau saat merasa tidak cukup terhidrasi, segera pakai lotion atau hand cream tangan di tangan dan kuku. Bisa juga dengan mengoleskan lotion atau hand cream tiap selesai mencuci tangan.

5. Hindari produk yang bikin kering: Bijak dalam memakai hand sanitizer juga jadi salah satu trik. Saat pakai hand sanitizer, usahakan jangan sampai terkena kuku, dan jangan berlebihan. Mengoleskan pembersih tangan secara terus-menerus membuat kuku kering dan juga rapuh dalam waktu bersamaan.

Sumber : okezone.com

0 comments: