Kisah Lengkap TKW Viral Kerja di Taiwan, Sukses Bangun Rumah Bikin Takjub

Selasa, Agustus 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Taiwan - Beredar video viral seorang wanita yang mengaku bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Taiwan. Hasil menjadi TKW, ia mewujudkan impiannya untuk membangun rumah sendiri. Rumah impiannya itu berhasil membuat warganet takjub.

Ia membagikan foto dan video saat membangun rumahnya lewat akun TikTok @vitara1994. Ia membalas salah satu komentar warganet yang ingin melihat bagian dalam rumah barunya itu.

"Balas @berserihati Alhamdulillah 🤲🏻 akhirnya bisa bangun rumah sendiri dari 0 dengan hasil jerih payah sendiri #semangatpejuangformosa 💪🏻 kita pasti bisa #pejuangkeluarga #babunecinotaiwan🇹🇼 #fypシ #viral @vitarashop," tulis akun @vitara1994.

Dalam videonya, Vita memperlihatkan foto sebelum dan sesudah rumahnya direnovasi. Sebelumnya, rumah Vita sederhana perpaduan warna pink dan biru. Kemudian setelah direnovasi, rumah Vita bernuansa putih dan gold.

Masuk ke dalam ruang tamu, terdapat set sofa ukir warna gold dan jam dinding ukuran besar. Vita merekam ruang keluarga yang serba putih dan sofa warna monokrom. Ada juga ruang salat.

Balas @berserihati Alhamdulillah 🤲🏻 ahirnya bisa bangun rumah sendri dari 0 dg hasil jerih payah sendri #semangatpejuangformosa 💪🏻 kita pasti bisa #pejuangkeluarga #babunecinotaiwan🇹🇼 #fypシ #viral @vitarashop ♬ Dinding Pemisah by Betrand Sarwendah - Rami Ahmad S

Konfirmasi Wolipop
Wolipop sudah mewawancarai Vita, TKW di Taiwan yang sukses membangun rumah bikin takjub netizen. Vita menceritakan soal rumah yang dia unggah ke akun TikToknya.

"Video itu diambil lebaran tahun 2021 yang masih dalam proses tahap pembangunan belum selesai. Rumah itu di Desa campur asri, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra Selatan," ungkap Vita kepada Wolipop lewat pesan singkat, Kamis (11/8/2022).

Vita mengaku aktif bekerja menjadi TKW di Taiwan sejak Januari 2015 hingga saat ini. Ia menuturkan kegiatannya selama bekerja di Taiwan.

"Aku bekerja di Taiwan sebagai Asisten Rumah Tangga (ART), kerja dari tahun 2015 sampai sekarang. Pernah pulang sekali ke Indonesia tahun 2018 pas lebaran. Habis Lebaran balik lagi ke Taiwan sampai sekarang," ucapnya.

Bagaimana ceritanya Vita bisa membangun rumah dan mempunyai sawah untuk kedua orang tuanya? Klik halaman selanjutnya ya!

Wanita yang berusia 28 tahun itu mengungkapkan gaji yang ia terima di Taiwan 17000 NT atau sekitar Rp 8,3 juta. Dengan gaji tersebut, dia bisa mewujudkan impiannya satu per satu, seperti membangun rumah hingga memberangkatkan haji dan umrah ibunya.

"Kalau rumah sebenarnya ada di urutan paling bawah dari impianku. Karena cita-cita, impian, harapan aku yang pertama, haji kan ibu. Dan Alhamdulillah sudah bisa berangkat kan umrah tahun 2017. Terus buat haji alhamdulillah juga sudah daftar harusnya berangkat tahun 2021 tapi karena pandemi jadi tertunda," jelasnya.

Impiannya lainnya yang juga sudah terwujud yaitu membeli sawah. Dan Vita ingin mempunyai usaha jangka panjang. "Alhamdulillah juga sudah kebeli kontrakan juga di Bekasi," ujarnya lega.
-ADVERTISEMENT-


Vita merasa bahagia dan bersyukur bisa mewujudkan impiannya satu per satu serta ingin membahagiakan orang tuanya.

"Karena kasihan sama ibu ya. Namanya orang nggak punya pasti sering dihina. Beberapa kali pas teleponan sama ibu, sering banget dia cerita ya digini-in banget sama tetangga," kenangnya.

"Jadi aku bilang sama ibu mau bangunin rumah buat ibu. Tapi nyiapin tabungannya dulu dan Alhamdulillah Masya Allah. Kalau nggak salah tahun 2020 mulai proses bangun. Hancurin seluruh rumah lama dan bangun yang baru dengan proses yang tidak mudah tentunya," tutur Vita.

Vita pun memantau pembangunan rumahnya dari jarak jauh dari foto dan video. "Karena saya mau rumah itu harus sesuai dengan keinginan saya dan sudah pasti banyak yang tidak sesuai dengan keinginan saya. Karena luput dari pantauan saya," lanjutnya.

Selain bekerja sebagai TKW, Vita juga bersbisnis online shop busana wanita di Taiwan. Usahanya pun laris manis diburu pelanggan. Seperti apa kisahnya? Klik halaman selanjutnya ya!

Vita juga menjelaskan jika sudah mulai berjualan online sejak masih SMA. Namun, saat itu karena belum mempunyai modal usahanya tidak jalan.

"Jadi hanya jualan kalau ada pesenan saja. Terus sempet off karena HP hilang. Terus buka oline shop lagi pas sudah di Taiwan pada tahun 2016 dengan bantuan atasan. Karena dulu masih belom bisa nulis alamat China, jadi yang bantuin menulis alamatnya bos. Tapi kalau sekarang sudah bisa sendiri," sautnya.

Vita menjual produk fashion wanita dan muslimah. Ia hanya berjualan di Taiwan saja tidak ke Indonesia. Harga jualannya sekitar 850 NT atau sekitar Rp 416 ribu.

Vita mengatakan pencapaiannya kini dilaluinya tidak mudah. Menurutnya yang terpenting dalam melakukan suatu pekerjaan adalah tidak malu dan cepat menyerah selama itu halal.

"Mau apapun pekerjaannya yang penting halal dan jangan pernah malu dan pantang menyerah. Karena sudah pasti akan melewati fase naik turun yang penting tetap sabar, ikhtiar, berdoa dan jangan lupa banyak-banyak sedakah," lanjutnya.

Bagi yang ingin mengikuti jejaknya, kamu sebaiknya selalu ingat dengan tujuan keluar negeri untuk keluarga. "Harus siapin mental dan harus kuat itu yang terpenting," pungkasnya.

Sumber : detik.com

0 comments: