Kisah Misteri Siluman Air Penunggu Bengawan Solo, Suka Minta Tumbal Gadis Perawan

Sabtu, Agustus 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 08 25 406 2654382 kisah-misteri-siluman-air-penunggu-bengawan-solo-suka-minta-tumbal-gadis-perawan-0iPdQlD7XX.jpgSungai Bengawan Solo di Banjarjo, Bojonegoro, Jawa Timur (ANTARA/Aguk Sudarmojo)

MISTERI Onggo-Inggi, siluman air penunggu Sungai Bengawan Solo yang suka minta tumbal wanita perawan maupun pria perjaka. Makhluk mitologi ini digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan. Cerita Onggo-Inggi terus melegenda.

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Panjangnya mencapai 540 kilometer dan melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bermuara di Laut Jawa kawasan Gresik dan hulunya di pedalaman Wonogiri.

Sungai Bengawan Solo mengukir banyak cerita yang melegenda. Salah satunya adalah Onggo-Inggi, yang diyakini sebagian orang sebagai siluman air penunggu Bengawan Solo. Makhluk misterius ini konon sering minta tumbal manusia.

Misteri Onggo-Inggi, Siluman Air Penunggu Bengawan Solo yang suka Minta Tumbal

Masyarakat Solo tidak asing dengan mitos Onggo-Inggi. Misteri mengenai makhluk misterius ini telah menjadi perbincangan dari zaman ke zaman dan melekat di benak warga bantaran Bengawan Solo.

diyakini sebagai makhluk mistis penunggu sungai Bengawan Solo. Visual makhluk tersebut digambarkan memiliki kepala tanpa badan dengan rambut yang panjang menjuntai. Kulitnya pucat dengan lepuhan dan gigi taring yang menyerupai biji timun.

Sosok yang mengerikan ini konon katanya sering meminta tumbal manusia. Onggo-Inggi kabarnya menyukai tumbal anak perawan dan perjaka. Makhluk ini akan menggunakan rambutnya yang panjang untuk melilit mangsa yang sedang berada di Sungai Bengawan Solo dan mengambil jiwa mereka.

Cerita mengenai Onggo-Inggi diyakini para leluhur sebagai dayang yang tinggal di pusaran sungai Bengawan Solo. Tak sedikit yang mempercayai jika makhluk tersebut merupakan jin penjaga Keraton Solo yang mendapat tugas untuk menjaga kedaulatan keraton.

Sama seperti jin lainnya, Onggo-Inggi juga takut akan panjatan doa-doa dan kain kafan.

Meski demikian, banyak juga yang mempercayai jika kisah mistis Onggo-Inggi hanyalah karangan belaka yang ditujukan untuk anak-anak sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.

Kisah tersebut dibuat para orang tua dengan tujuan agar anak-anak mereka tidak bermain di sungai karena berbahaya.

Demikian misteri Onggo-Inggi, siluman air penunggu Bengawan Solo yang suka minta tumbal.

Sumber : okezone

0 comments: