Mengupas Keunikan Pulau Socotra: Pohon Darah Naga hingga Mitos-mitosnya

Selasa, Agustus 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi pulau Socotra. Foto: Unsplash.com
Pulau Socotra adalah salah satu pulau yang terbilang unik. Pulau kecil ini yang berada di Samudra Hindia ini merupakan bagian dari negara Yaman.
Pulau ini berukuran sangat kecil dan terletak 80 km sebelah timur dari Tanduk Afrika serta 380 km sebelah selatan dari Jazirah Arab. Faktor letak geografis yang sangat terisolasi membuat Pulau Socotra memiliki tumbuhan dan hewan jenis endemik yang hanya bisa ditemui di wilayah tersebut.
Pulau Socotra merupakan salah satu bentang alam yang terbilang unik yang ada di dunia. Apa saja keunikan dari Pulau Socotra?

Keunikan Pulau Socotra

1. Pulau Pohon Darah Naga

Ada banyak pohon darah naga (Dracanea Cinnabari) yang kemudian menjadi ikon dari Pulau Socotra. Pohon ini memproduksi resin berwarna merah yang kerap digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Pohon yang menyerupai payung ini tidak dapat ditemukan di tempat lain.
Salah satu hal unik yang dimiliki oleh pulau Socotra adalah pohon darah naga yang banyak tumbuh di pulau tersebut. Foto: Unsplash.com

2. Bentang Alam yang Terisolasi

Dikutip dari jurnal ilmiah Socotra Island karya Jan Batelka, Socotra merupakan salah satu bentang alam yang sangat terisolasi di bumi. Pulau ini tak berasal dari gunung berapi (aktivitas vulkanik), melainkan bagian dari fragmen Gondwana yang terlepas pada zaman Miosen.
Akibat kondisi geologis tersebut, Pulau Socotra memiliki tiga medan geografis yang unik, seperti dataran pantai yang sempit, dataran tinggi batu kapur dengan topografi karst, serta Pengunungan Hajhir. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari Pulau Socotra.

3. Keanekaragaman Hayati yang Unik

Keunikan dari pulau Socotra selanjutnya adalah pulau ini memiliki flora dan fauna yang unik. Dalam data yang dimiliki oleh UNESCO, pulau ini tercatat bahwa 37% dari 825 spesies tanaman Socotra, 90% spesies reptilnya, dan 95% spesies siput daratnya unik dan tidak terdapat di tempat lain di dunia.
Fakta ini membuat pulau Socotra dijuluki sebagai Taman Eden (Garden of Eden) serta diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2008.

4. Dijuluki Tempat Alien

Ada banyak mitos tentang pulau Socotra. Salah satunya adalah pulau ini disebut sebagai tempat atau sarang alien.
Mengutip dari buku 600+ Fakta Misteri Teraneh di Dunia karya Ajen Dianawati, lokasi yang terisolasi, iklim kering serta flora dan fauna yang aneh membuat Pulau Socotra dijuluki sebagai tempat alien.

5. Disebut sebagai Tempat Persembunyian Dajjal

Salah satu mitos mengenai pulau Socotra adalah pulau ini merupakan tempat persembunyian Dajjal. Foto: Unsplash.com
Pulau Socotra juga disebut sebagai tempat persembunyian Dajjal. Bagi umat Muslim, tempat persembunyian Dajjal adalah sebuah misteri. Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa Dajjal bisa saja bersembunyi di Pulau Socotra.
Menurut Muhammad Khalil dalam Wonderful Islam, dugaan ini diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Shahih berikut ini:
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesunggunya ia (Dajjal) berada di laut Syam atau laut Yaman. Bahkan ia akan muncul dari arah timur tempat ia berasal -beliau ucapkan hingga dua kali seraya menunjuk ke arah Timur." (HR. Muslim).
Selain itu, dugaan ini juga didukung dengan fakta-fakta akan keanehan Pulau Socotra yang memiliki kondisi dan bentang alam sangat tidak biasa.

Sumber : kumparan.com

0 comments: