Paket Wisata Jogja dan Jenisnya, Lengkap dengan Rekomendasi Destinasi Menarik

Kamis, Agustus 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Jogja punya beragam destinasi. Kalau kamu ingin berlibur ke Jogja, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli paket wisata jogja. Masih banyak orang yang kurang tertarik untuk membeli paket wisata yang ditawarkan oleh agen-agen pariwisata.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa mengikuti paket tour wisata yang disediakan oleh para agen membuat wisata tidak menarik karena terbatasnya waktu dan ketatnya jadwal. Padahal, dengan membeli paket wisata kamu bisa menghemat pengeluaranmu ketika berlibur.

Jogja tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, tetapi kota ini juga terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit dan populer baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Kota ini menyuguhkan segudang destinasi wisata menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, Jogja juga populer sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terjangkau dari segi ekonomis.

Bersama dengan populernya wisata di Jogja, ada banyak agen pariwisata yang menawarkan beragam jenis paket wisata Jogja yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Beberapa paket yang ditawarkan menawarkan kunjungan ke berbagai destinasi yang memiliki lokasi yang berdekatan. Contohnya adalah wisata di dalam kota Jogja ataupun wisata di daerah luar kota Jogja seperti Gunung Kidul dan Kaliurang.

Berikut ini adalah beberapa jenis paket wisata Jogja serta beberapa rekomendasi destinasi wisata di kota Gudeg yang bisa kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber

Jenis Paket Wisata Jogja

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, ada banyak agen wisata yang menawarkan bermacam-macam paket wisata Jogja. Biasanya, paket ini sudah termasuk penjemputan, supir, pemandu wisata, tiket masuk destinasi, dan makanan. Harga paket wisata Jogja yang ditawarkan juga cukup beragam. Harganya tergantung pada jenis, fasilitas, dan juga durasi dari tur yang diinginkan. Banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Jogja dengan durasi 1 hari, 2 hari, 3 hari, dan bahkan 4 hari. Akan tetapi, pada umumnya harga paket yang ditawarkan cukup terjangkau.

Paket wisata Jogja yang ditawarkanpun juga cukup beragam. Kamu bisa memilih untuk membeli paket private trip, group trip, dan bahkan bulan madu. Berikut ini adalah jenis paket wisata Jogja yang bisa kamu pilih:

1. Private Trip

Kalau kamu ingin menikmati paket liburan yang bersifat pribadi dan eksklusif bersama dengan keluarga atau orang-orang terdekatmu, kamu bisa memilih jenis paket wisata Jogja private trip. Ada beragam paket wisata private trip yang dapat kamu pilih kalau kamu berkunjung ke Jogja. Harga paket wisata private trip ke Jogja juga cukup beragam, muai dari Rp150 ribu hingga Rp 800 ribu per orangnya. Harga ini tergantung pada durasi wisata dan juga fasilitas yang kamu pilih.

2. Open Trip

Kalau kamu tidak keberatan untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama dengan para wisatawan lainnya, kamu bisa mencoba jenis paket wisata Jogja open trip. Ada berbagai agen wisata yang menawarkan jenis paket wisata open trip di mana kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Joogja bersama dengan wisatawan lainnya yang membeli paket yang sama. Harga paket open trip ini biasanya lebih terjangkau, kurang lebih sekitar Rp 200 ribu per orangnya.

3. Group Trip

Kalau kamu ingin berlibur bersama dengan rombongan besar, seperti dengan keluarga besar, kantor, atau organisasi lainnya, kamu bisa memilih jenis paket wisata group trip. Harga paket wisata Jogja jenis ini juga cukup beragam, mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1,3 juta per orangnya tergantung dengan durasi dan juga fasilitas yang kamu pilih.

4. Bulan Madu

Kota Jogja juga terkenal sebagai salah satu destinasi untuk berbulan madu bagi para pasangan yang baru saja menikah. Ada berbagai agen perjalanan wisata yang menawarkan beragam paket layanan eksklusif bagi para pasangan baru yang ingin menikmati indahnya bulan madu dan mengukir kenangan yang tak terlupakan bersama dengan sang kekasih di Jogja. Harga paket bulan madu yang ditawarkan oleh para agen juga cukup beragam, sekitar Rp 4-5 juta per pasangan.

Paket Wisata Jogja - Alam

1. Lava Tour Merapi

Kota Jogja terkenal akan keindahan alamnya. Kalau kamu ingin menikmati indahnya alam pegunungan di Jogja sambil melakukan sedikit petualangan, kamu bisa mengikuti Lava Tour Merapi. Ada berbagai biro wisata yang menawarkan kunjungan ke Lava Tour Merapi. Di sini kamu akan diajak berpetualang menyusuri area bekas letusan gunung berapi yang aktif ini dengan menggunakan mobil jeep bersama dengan pemandu.

2. Goa Pindul

Kalau kamu mencintai petualangan, kamu juga bisa mengunjungi Gua Pindul. Ada berbagai agen wisata yang menawarkan paket wisata Jogja untuk mengunjungi gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini. Di sini para pengunjung bisa menyusuri dan meikmati peandangan gua dan sungai bawah tanah yang mengagumkan dengan menaiki ban pelampung.

3. Hutan Pinus Mangunan

Wisata alam di Jogja selanjutnya yang bisa kamu kunjungi dan nikmati adalah Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut sebagai Hutan Pinus Imogiri. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Kamu juga bisa melihat panorama alam yang mengagumkan dari atas bukit pinus. Kamu juga bisa datang ke Hutan Pinus Mangunan pada pagi hari menjelang fajar untuk menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit.

4. Kalibiru

Kalau kamu ingin menikmati indahnya alam perbukitan, kamu bisa mengunjungi Kalibiru. Tempat wisata alam yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo menyajikan pemandangan perbukitan yang indah dan menyejukkan. Dari bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit, Indahnya pemandngan alam di Kalibiru membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat untuk berfoto-foto dan bersantai bersama dengan keluarga, kekasih, ataupun teman terdekatmu.

Paket Wisata Jogja - Pantai

1. Pantai Siung

Jogja, khususnya di wilayah Gunung Kidul, menyajikan beragam pantai yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Tidak sedikit biro wisata yang menawarkan paket wisata Jogja untuk mengunjungi pantai-pantai yang indah ini. Salah satu pantai yang kerap dijadikan destinasi paket wisata Jogja ialah Pantai Siung. Pantai ini terletak kurang lebih sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja. Di sini, para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama pantai dengan jajaran batu karang yang berukuran besar di sekitarnya. Kamu juga bisa menghabiskan malam dan berkemah di camping ground yang tersedia di pantai ini.

2. Pantai Timang

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan pantai yang unik dan ingin sedikit memicu adrenalin, kamu bisa mengunjungi pantai Timang. Di sini kamu dapat menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyebrangi tebing karang. Ganasnya ombak Samudra Hindia di bawahnya dapat membuat adrenalinmu terpicu. Selain itu, di sini kamu akan menikmati indahnya pemandangan laut dari atas tebing karang.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai di Jogja yang telah lama terkenal akan keindahannya. Pantai ini adalah salah satu pantai di Jogja yang sering dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Jogja. Di sini para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan sunrise dan sunset di tepi pantai sambil menikmati indahnya pemandangan laut. Selain itu, para pengunjung juga bisa berkeliling di pantai ini menggunakan mobil jeep sewaan. Pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Parangkusumo yang juga bisa kamu kunjungi saat kamu singgah di pantai ini.

4. Pantai Wediombo

Pantai lain yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Jogja adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terkenal dengan gugusan karang yang cantik yang terhampar di tepi pantai ini. Meskipun ombak di pantai ini cukup ganas sehigga para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di pantai, kamu bisa mencoba berenang di kolam alami atau laguna yang terbentuk dari gugusan karang di tepi pantai tersebut.

Paket Wisata Jogja - Candi dan Situs Sejarah

1. Candi Borobudur

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Jogja juga terkenal memiliki berbagai candi yang unik dan mengagumkan. Ada banyak biro wisata yang menawarkan berbagai paket wisata Jogja untuk mengunjungi berbagai candi yang terdapat di kota ini. Salah satu candi di sekitaran Jogja yang sudah lama terkenal akan kemegahannya adalah Candi Borobudur. Meskipun candi ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, candi ini berada tidak jauh dari kota Jogja. Setiap tahunnya, ada banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi candi peninggalan Dinasti Syailendra ini.

2. Candi Prambanan

Candi lain yang terkenal dan wajib kamu kunjungi ketika singgah ke Jogja adalah Candi Prambanan. Candi Hindu yang terbesar di Indonesia ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Di sini para pengunjung dapat menikmati keindahan dan kemegahan candi-candi yang terdapat di kompleks candi yang terkenal akan legenda Bandung Bondowoso. Candi ini dibangun oleh Wangsa Sanjaya sekitar 850 Masehi. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana yang mengangkat kisah dari epos Ramayana.

3. Situs Ratu Boko

Kalau kamu mengunjungi daerah Prambanan, kamu bisa mampir ke situs Ratu Boko. Ada berbagai biro wisata yang menawarkan paket wisata Jogja untuk mengunjungi situs sejarah yang unik ini. Apabila mayoritas situs peninggalan sejarah pada masa Jawa Kuno kebanyakan berupa situs keagamaan, Ratu Boko adalah situs pemukiman yang lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, hingga kolam pemandian. Situs ini juga terkenal sebagai salah satu tempat yang cocok untuk menikmati keindahan pemandangan sunset di sore hari.

4. Candi Ijo

Candi Ijo adalah salah satu candi yang letaknya juga tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan dan Situs Ratu Boko. Candi bercorak Hindu ini terletak di lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Candi ini juga merupakan candi tertinggi di Jogja, di mana para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan kota Jogja dari atas perbukitan.

Paket Wisata Jogja - Dalam Kota

1. Keraton Jogja

Kalau kamu ingin berjalan-jalan dan menikmati berbagai destinasi wisata di dalam kota Jogja, kamu bisa mengunjungi Keraton Jogja. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih digunakan hingga saat ini. Di sini kamu bisa mengunjungi museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan Yogyakarta, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

2. Malioboro

Berkunjung ke Jogja rasanya tidak lengkap apabila belum mengunjungi dan berfoto di plang jalan Malioboro. Destinasi wisata Jogja yang legendaris ini selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Kamu bisa datang ke sini untuk berbelanja beragam oleh-oleh, mulai dari batik, tas, kaos, hingga cindera mata lainnya.

3. Museum Benteng Vredeburg

Kalau kamu mengunjungi Keraton dan Malioboro, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Di sini kamu bisa menikmati megahnya bangunan benteng yang dibangun oleh Belanda ini. Di sini kamu bisa belajar mengenai berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta melalui benda-benda koleksi serta diorama yang tersedia di museum ini.

4. Taman Sari

Destinasi wisata di dalam kota Jogja berikutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Taman Sari. Situs ini adalah sebuah pemandian yang dibangun oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (HB I). Di sini kamu bisa menikmati indahnya bangunan pemandian yang megah dan unik yang di dalamnya terdapat gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Situs Taman Sari sendiri adalah salah satu destinasi wisata populer membuat berbagai biro wisata juga menawarkan berbagai paket wisata Jogja untuk mengunjungi tempat ini.

Sumber : liputan6

0 comments: