Penyebab Timnas Australia U-19 Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Untungkan Timnas Indonesia U-19

Sabtu, Agustus 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Timnas Indonesia U-19 bisa diuntungkan dari mundurnya Australia (Foto: PSSI)


PENYEBAB Timnas Australia U-19 mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan dibahas di sini. Keputusan ini bisa jadi berdampak kepada grup-grup lain, termasuk Timnas Indonesia U-19 yang bersaing dengan Vietnam di grup yang sama.

Timnas Australia U-19 memutuskan untuk mundur dari kompetisi yang dilangsungkan di Irak tersebut. Mereka menganggap bahwa turnamen ini digelar dalam kondisi yang tidak aman.

Timnas Australia

“Asosiasi Sepakbola Australia sudah memberi tahu Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) untuk mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20,” demikian pernyataan resmi dari Asosiasi Sepakbola Australia.

“Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan matang setelah pemerintah Australia menerbitkan imbauan perihal perjalanan internasional,” lanjut pernyataan itu.

Sebagai catatan, pemerintah Australia memasukkan Irak ke dalam salah satu dari 19 negara berbahaya bagi warga negaranya. Mereka beralasan bahwa faktor keamanan tidak menjamin bagi warga negara Australia di sana.

Australia seharusnya bersaing di Grup H bersama tuan rumah Irak, Kuwait, dan India. Sebelumnya, India telah lebih dulu dicoret dari kompetisi karena pelanggaran yang dilakukan oleh federasi sepakbola mereka sendiri

Namun, India kabarnya sudah diperbolehkan untuk kembali bermain karena FIFA mencabut sanksinya. Jadi, akan ada tiga tim yang memperebutkan dua tempat di grup ini, yaitu Irak, Kuwait, dan India.

Bagaimanapun, pengunduran diri Australia dari ajang ini berpotensi memberikan dampak kepada grup-grup lainnya. Di Grup F, Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam grup yang sama dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia U-19

Sangat mungkin jika hasil pertandingan kontra Hong Kong dan Timor Leste tidak berpengaruh dalam grup ini. Jadi, kemenangan dalam laga kontra Vietnam menjadi kunci.

Siapa pun yang menang dalam pertandingan Indonesia kontra Vietnam nantinya akan lolos ke Uzbekistan secara langsung. Sedangkan yang kalah harus menunggu hasil pertandingan di grup lain. Sebab, hanya ada 5 dari 10 tim runner-up yang berhak untuk lolos ke Piala Asia U-20 2023.

 Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada tanggal 14 hingga 18 September 2022. Indonesia akan menjadi tuan rumah Grup F.


Sumber : okezone.com

0 comments: