Potret Warga Muslim di Toraja Pertama Kalinya Gelar Ritual Rambu Solo

Senin, Agustus 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tana Toraja - Warga muslim di Tana Toraja menyita perhatian usai untuk pertama kalinya melakukan Ritual Rambu Solo. Ritual ini sangat disakralkan masyarakat setempat.

Tampak s(Rachmat Ariadi/detikSulsel).eorang pria sedang mempersiapkan seekor kerbau untuk acara ma'pasa tedong. Biasanya kerbau-kerbau tersebut bakal dijejer untuk disembelih. (Rachmat Ariadi/detikSulsel).



Warga dengan kerbaunya masing-masing sedang berkumpul di depan tongkonan untuk melaksanakan penyembelihan kerbau atau ma'pasa tedong. Biasanya warga ikut menyembelih babi, namun kali ini disesuaikan menjadi kerba saja. (Rachmat Ariadi/detikSulsel).

Warga sedang mempersiapkan tempat digelarnya Ritual Rambu Solo. (Rachmat Ariadi/detikSulsel).


Tampak warga beramai-ramai datang membantu persiapan Ritual Rambu Solo bagi keluarga almarhum yang ditinggalkan. (Rachmat Ariadi/detikSulsel).

Seorang keluarga sedang salat zuhur di hadapan peti berisi nisan almarhum. (Rachmat Ariadi/detikSulsel)

Keluarga memegang patung atau tau-tau, patung yang menyerupai almarhum. Maknanya adalah untuk mengobati kerinduan keluarga kepada almarhum. Patung ini diketahui diukir dari kayu yang dibuat secara khusus oleh pengrajin di Toraja. (Rachmat Ariadi/detikSulsel).


Sumber : detik.com

0 comments: