Punya Pemandangan Indah, Bandara Ini Ternyata Paling Bahaya di Dunia

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BANDARA Internasional Princess Juliana (SXM) di Pulau Saint Martin atau Saint Marteen menawarkan pemandangan indah. Namun, di balik keindahannya, bandara utama pulau yang terletak di Laut Karibia tersebut salah satu yang paling berbahaya di dunia.

Mengutip dari aviation A2Z program History Channel Most Extreme Airports, Princess Juliana International Airport merupakan bandara paling berbahaya ke-4 di dunia.


Bandara Princess Juliana yang merupakan pusat transportasi ultramodern di Saint Martin dalam sehari bisa melayani sekitar 170 pergerakan pesawat.

Lokasi geografis pulau yang strategis dan sentral di kawasan ini lantas membuat SXM menjadi bandara yang menghubungkan Saint Martin ke pulau-pulau sekitarnya, khususnya Anguilla, Saba, Saint Eustatius, Saint Barth, Tortola, Saint Kitts dan Nevis serta ke seluruh dunia.

 Ilustrasi

Bandara Princess Juliana memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi daerah. Salah satu bukti semakin pentingnya bandara ini sebagai hub regional adalah meningkatnya jumlah penumpang transfer.


Menjadi bandara tersibuk kedua di wilayah tersebut, Bandara Princess Juliana memiliki landasan pacu yang dekat dengan Pantai Maho.

Keindahannya menjadikan bandara ini tempat favorit di antara para pengamat pesawat. Meskipun Bandara Princess Juliana memang dikenal cukup berbahaya.Berdasarkan sumber lain, di Saint Martinn terdapat pantai sempit serta pagar pemisah air dari landasan pendek Bandara Princess Juliana. Pesawat yang akan memasuki landasan tersebut harus melakukan pendaratan di ketinggian rendah, di atas pantai Maho.

Ya, pesawat perlu terbang dengan jarak cukup rendah melewati pantai dan beberapa jalan demi bisa mendarat dengan aman. Perlu diketahui, pesawat besar butuh setidaknya 8.000 kaki dari landasan. Hal ini tidak ditemui di Bandara Internasional Putri Juliana yang hanya memiliki 7.000 kaki.

Kendati demikian, hal tersebut tak lantas menjadikan Bandara Internasional Princess Juliana dilarang beroperasi.

Princess Juliana adalah salah satu bandara tersibuk di kawasan setempat, dan dilayani oleh lebih dari 30 maskapai penerbangan, dengan layanan langsung ke 35 tujuan.

Sumber : OKEZONE 

0 comments: