Sebutan untuk Musik yang Lahir Karena Budaya Daerah Setempat

Rabu, Agustus 24, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Musik yang Lahir Karena Budaya Daerah Setempat. Foto: dok. Ricky Singh (Unsplash.com)
Seni musik merupakan salah satu cabang karya seni yang cukup dekat dengan masyarakat dari berbagai kalangan. Ada banyak sekali jenis musik yang dapat kita temukan di sekitar kita, salah satunya adalah musik yang lahir karena budaya daerah setempat disebut musik tradisional. Untuk mengetahui apa itu musik tradisional, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sebutan untuk Musik yang Lahir Karena Budaya Daerah Setempat dan Contohnya

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya yang melimpah. Hal ini dibuktikan dengan beragamnya musik khas yang ada tiap daerah di Indonesia. Musik yang lahir karena budaya daerah setempat disebut musik tradisional. Dalam musik tradisional, terdapat sederet instrumen tradisional yang digunakan.
Pembahasan lengkap mengenai instrumen musik tradisional disebutkan dalam buku Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika) yang disusun oleh Moh Zayyadi, ‎Durroh Halim (2019: 63) yang menyebutkan bahwa alat musik adalah instrumen yang sengaja dibuat atau disesuaikan yang bertujuan agar dapat menghasilkan suara musik. Alat musik yang memiliki latar belakang budaya termasuk ke dalam kategori alat musik tradisional.
Ilustrasi Musik yang Lahir Karena Budaya Daerah Setempat. Foto: dok. Adrian Hartanto (Unsplash.com)
Lebih lanjut, dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa secara umum alat musik tradisional atau instrumen musik tradisional dimainkan dalam pertunjukan yang khas sesuai dengan daerah masing-masing. Perbedaan ciri khas dan fungsi alat musik tradisional di Indonesia juga disebutkan dalam buku Seni dan Budaya untuk Kelas XI SMA yang disusun oleh Harry Sulastianto, dkk (2007:26)
Buku tersebut menjelaskan bahwa setiap musik tradisional mempunyai perbedaan, baik dilihat dari alat yang digunakannya, melodi lagu, maupun fungsinya. Oleh karena itu musik-musik tradisional berkembang di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Fungsi instrumen musik tradisional dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan, media ekspresi, media upacara, media komersial, bahkan sebagai iringan tari.
Alat musik tradisional Indonesia yang digunakan untuk mengiringi musik tradisional di Indonesia ini rupanya juga memiliki beberapa fungsi khusus. Salah satu fungsi dari alat musik tradisional adalah pengisi latar musik pada pertunjukan seni atau sendratari. Alat musik tradisional yang dimainkan ini memberikan efek yang dapat menghidupkan suasana pertunjukan.
Ilustrasi Musik yang Lahir Karena Budaya Daerah Setempat. Foto: dok. Mufid Majnun (Unsplash.com)

Tak hanya itu, alat musik tradisional juga digunakan sebagai sarana upacara budaya yang dilakukan secara turun temurun. Misalnya saja upacara peringatan hari besar atau upacara sakral seperti pernikahan, kematian dan lain sebagainya. Ada banyak sekali jenis musik tradisional yang populer di Indonesia, contohnya musik Gambang Kromong dan musik Keroncong.

Pembahasan tentang musik tradisional sebagai musik yang lahir karena budaya daerah setempat dapat Anda ketahui untuk menambah pengetahuan tentang keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Selalu lestarikan seni budaya Indonesia agar tetap terus ada dan terpelihara selamanya.





Sumber : kumparan.com

0 comments: