Tips Aman Olahraga Lari saat Hamil

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu hamil olahraga. Foto: Shutter Stock
Olahraga saat hamil penting untuk membuat tubuh ibu tetap bugar setiap harinya. Selain itu, olahraga juga bisa mendukung tumbuh kembang bayi di dalam kandungan lho, Moms.
Meski begitu, ibu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter terkait jenis olahraga yang aman dilakukan selama kehamilan. Misalnya saja bila Anda ingin melakukan olahraga berat seperti lari. Ya Moms, olahraga lari berpotensi membuat ibu hamil dehidrasi, kehilangan keseimbangan, hingga kemungkinan cedera.
Namun, bukan berarti ibu hamil tidak boleh berlari sama sekali, ya. Ibu hamil boleh saja berlari bila tubuhnya sehat, kandungannya tidak berisiko, serta sudah terbiasa dengan olahraga lari sejak sebelum hamil.

Cara Aman Olahraga Lari saat Hamil

Ibu Hamil Olahraga Lari Foto: Shutter Stock
Mengutip Mom Junction, ibu hamil tetap boleh olahraga lari dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tetap aman. Apa saja?
1. Tetap terhidrasi
Sering buang air kecil saat hamil mungkin membuat ibu enggan untuk minum air putih. Sedangkan, menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan sangat lah penting. Asupan cairan yang kurang bersamaan dengan aktivitas olahraga bisa membuat ibu hamil kelelahan hingga dehidrasi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencukupi kebutuhan cairan terutama bila Anda ingin berolahraga, Moms.
2. Lindungi kulit
Kulit biasanya sensitif selama kehamilan. Sengatan panas matahari yang terlalu lama bisa saja membuat kulit ibu kering dan kasar. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya setiap kali hendak beraktivitas di luar rumah seperti olahraga lari. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dokter terkait keamanan krim tabir surya selama kehamilan, ya.
3. Pakaian yang nyaman
Olahraga lari akan membuat tubuh ibu gerah dan berkeringat. Menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman penting untuk dipertimbangkan. Ini akan memberi ruang lebih bagi ibu hamil untuk bernapas dengan nyaman dan tetap tenang. Gunakan juga bra olahraga yang bisa disesuaikan untuk menopang dada, sebab, bra biasa mungkin membuat ibu hamil tidak nyaman selama berlari.
4. Kontrol kecepatan
Aktivitas fisik seperti lari bisa membuat ibu hamil cepat kelelahan dan pusing. Sehingga, penting untuk menyesuaikan kecepatan lari sesuai kemampuan agar tubuh mendapatkan manfaat yang optimal. Ini juga perlu diperhatikan apabila kehamilan sudah kian membesar, lari dengan cepat akan membuat ibu kehilangan keseimbangan dan meningkatkan risiko cedera, Moms.
5. Gunakan alat pelindung
Ibu hamil bisa menggunakan sabuk kehamilan untuk menopang perut. Ini bisa membantu Anda berlari tanpa gerakan perut memantul yang menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Sumber : kumparan.com

0 comments: