Tips bagi Suami untuk Bantu Istri Redakan Nyeri Persalinan

Rabu, Agustus 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu hamil dan suami Foto: Shutterstock

Saat persalinan, ibu mungkin akan merasakan beberapa kali kontraksi. Pada kondisi tersebut, otot di sekitar perut dan panggul akan mengencang. Selain itu, ibu mungkin juga merasakan tekanan di punggung, perineum, kandung kemih, dan usus.

“Semua kondisi tersebut membuat rasa sakit (yang dirasakan ibu) semakin berlipat ganda,” kata Jay O’Brien, MD., Direktur Layanan Kebidaan Rawat Inap di Rumah Sakit Wanita dan Bayi Rhode Island, Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari Parents.
Rasa nyeri akibat kontraksi tersebut membuat ibu merasa tidak nyaman. Beberapa mungkin mencoba mengatasinya sendiri, seperti mengubah posisi tidur, duduk, hingga mengompres area yang sakit dengan air hangat. Namun, tak sedikit pula yang meminta bantuan suami.
Ya Moms, suami ternyata punya peran penting dalam membantu istri meredakan rasa nyeri menjelang kelahiran si kecil. Seperti apa perannya?

Apa yang Bisa Dilakukan Suami untuk Bantu Redakan Nyeri Persalinan?

Ilustrasi ibu hamil dipijat suami sebelum melahirkan. Foto: plo/Shutterstock
Mengutip Baby Center, proses persalinan cenderung akan lebih mudah jika ada seseorang yang menghibur, menemani, dan memberi dukungan. Salah satu orang yang bisa diandalkan adalah suami.
Ya Moms, bahkan kehadiran suami di sisi Anda selama persalinan, bisa membuat Anda mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. Selain itu, Anda dan suami cenderung lebih puas dengan pengalaman melahirkan tersebut.
Cobalah meminta suami untuk memberikan pijatan lembut di area yang terasa nyeri, seperti di sekitar punggung atau bahu. Pijatan di punggung dapat membantu menghangatkan kulit dan merangsang tubuh untuk melepaskan penghilang rasa sakit alaminya, serta dapat mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi.
Sementara itu, pijatan di bahu juga dapat membantu tubuh Anda lebih rileks. Pijatan yang lembut dapat membantu merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan membuat Anda jadi lebih rileks.

Sumber : kumparan.com

0 comments: