Tips Cegah Bayi Keracunan MPASI

Senin, Agustus 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi bayi keracunan makanan. Foto: Shutter Stock

Bayi sudah boleh mengkonsumsi makanan padat (MPASI) sejak usia enam bulan. Namun, pemberian MPASI pada bayi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, Moms.
Sebab, bayi yang baru mengenal makanan padat mempunyai sistem pencernaan yang masih sensitif. Sehingga, ia memerlukan waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan berbagai jenis makanan yang masuk ke perutnya.
Jika salah-salah, si kecil berisiko mengalami keracunan makanan yang terkontaminasi, Moms. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa mengiritasi sistem pencernaan, hingga menyebabkan infeksi pada bayi. Lantas, apa yang bisa ibu lakukan untuk mencegahnya?

Cara Mencegah Bayi Keracunan Makanan

Ilustrasi bayi muntah karena keracunan makanan. Foto: Shutter Stock
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ibu saat menyiapkan MPASI untuk bayi setiap harinya. Mengutip Mom Junction, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), merekomendasikan beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu, bersihkan, pisahkan, masak dan simpan sebagai tindakan sederhana untuk mencegah keracunan makanan pada bayi.
Bersih
Cucilah tangan ibu dengan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik sebelum dan sesudah memegang bahan atau memasak makanan. Bersihkan meja dapur, talenan, pisau, dan peralatan memasak lainnya dengan air panas dan sabun sebelum dan setelah penggunaan. Bila perlu, sterilkan permukaan yang sering disentuh di area dapur dengan disinfektan seperti, gagang lemari es dan lemari dapur.
Cucilah bahan makanan segar seperti buah-buahan dan sayuran di bawah air mengalir setelah membelinya. Kemudian, barulah simpan semua bahan tersebut di dalam lemari es.
Ibu juga perlu menghindari memegang bahan makanan dengan tangan terluka, karena bisa menularkan kuman dan bakteri ke makanan. Ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan saat memasak untuk meminimalisir risiko.
Ilustrasi membuat MPASI. Foto: Shutterstock

Pisahkan
Memisahkan peralatan memasak sesuai dengan bahan makanan sangatlah penting, Moms. Gunakan pisau dan talenan yang berbeda untuk bahan makanan hewani dan nabati untuk mencegah penyebaran kuman.
Simpan unggas dan daging mentah di dalam kantong atau wadah yang dapat ditutup rapat dan letakkan di freezer. Pastikan untuk memisahkan area sayuran dan buah-buahan dengan daging untuk mencegah kontaminasi.
Masak
Pastikan makanan yang diberikan pada bayi telah dimasak hingga matang sempurna. Kematangan yang baik akan membantu membunuh kuman berbahaya yang awalnya menempel pada bahan makanan, Moms. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari paparan bakteri yang bisa menyebabkan keracunan.
Simpan
Beberapa ibu mungkin memasak MPASI sekaligus dalam porsi banyak untuk waktu 3 kali makan dalam sehari. Untuk menjaga kualitas makanan tetap baik sepanjang hari, sebaiknya Anda segera menyimpan MPASI di lemari es beberapa saat setelah dimasak atau ketika makanan sudah mendingin. Sebab, membiarkan MPASI di luar lemari es hanya akan membuatnya rusak, basi, dan terkontaminasi, sehingga berbahaya bagi bayi.
Sumber : kumparan.com

0 comments: