Tips Mencegah Anak-Anak Terkena Cacar Monyet, Orangtua Wajib Baca!

Jumat, Agustus 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: BBC)


MASUKNYA cacar monyet di Indonesia memicu rasa khawatir para orangtua. Orangtua disarankan untuk menjaga protokol kesehatan pada anak-anak, ini jadi salah satu pencegahan.

Khusus bagi anak-anak sekolah, prokes diutamakan, kata ahli gizi dr Yohan. "Pada anak-anak usia sekolah, tentunya protokol kesehatan tetap nomor satu," kata Ahli Gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra kepada MNC Portal.

cacar monyet

Langkah selanjutnya, perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Bisa didapatkan dari makanan dengan gizi seimbang yang diatur oleh Kementerian Kesehatan.

Asupan sehat terukur dalam isi piring makanan, terdiri dari beberapa unsur. Seperti makanan pokok sumber karbohidrat (nasi jagung kentang atau umbi-umbian) dan protein.

"Kemudian imunitas diperkuat dengan makanan gizi seimbang sesuai tumpeng gizi yang dikeluarkan oleh kemenkes. Hindari pemberian terlalu banyak cemilan, fast food maupun frozen food, dan cukupi kebutuhan proteinnya baik hewani maupun nabati," jelasnya.

Sehubungan cacar monyet merupakan penyakit infeksi, dokter Yohan menyarankan agar anak-anak diajarkan untuk hidup bersih atau PHBS.

"Anak-anak juga diajarkan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun, tidak bertukar alat makan ataupun tempat minum," kata dr Yohan.

Selain itu anak-anak juga dilarang melakukan kontak dekat dengan orang asing, dan selalu menjaga jarak agar tidak ada kontak fisik.


Sumber : okezone.com

0 comments: