Tips Pilih Buah Kering yang Aman untuk Ibu Hamil

Rabu, Agustus 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu hamil beli buah kering. Foto: Tarasenko16Dima/Shutterstock

Selain sayuran, buah-buahan juga termasuk deretan makanan bernutrisi yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsi buah, mulai dari dibuat menjadi jus atau melalui buah kering. Ya Moms, buah kering yang terdiri dari kacang-kacangan dan buah yang dikeringkan memang lagi sering dikonsumsi oleh banyak orang. Selain dijadikan pengganti sereal, buah kering juga bisa mudah dibawa bepergian karena menggunakan kemasan.

Ilustrasi buah kering. Foto: Ludmila Kapustkina/Shutterstock
Namun, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah kering berlebihan, ya. Sebab, buah yang dikeringkan terkadang diberi gula tambahan.
Nah Moms, bila Anda ingin coba makan buah kering, simak beberapa tips berikut ini untuk pilih buah kering yang aman untuk ibu hamil, seperti dikutip dari Mom Junction.

5 Cara Pilih Buah Kering untuk Ibu Hamil

1. Pilih buah kering yang terbuat dari bahan organik
Saat hamil, tak ada salahnya untuk coba konsumsi bahan makanan organik, termasuk pada buah-buahan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko ibu hamil terpapar zat kimia berlebihan. Sebab, sayuran dan buah organik dirawat tanpa menggunakan bahan kimia.
2. Pilih kemasan buah kering yang tidak longgar
Buah kering biasanya banyak ditemukan di supermarket atau pasar swalayan dalam bentuk kemasan. Sebaiknya, pilihlah kemasan buah kering yang sudah dikemas rapih dan tidak longgar untuk menghindari serangan serangga atau mikroba dari buah lainnya.
3. Pilih buah yang dikeringkan dengan sinar matahari
Ya Moms, buah-buahan biasanya bisa dikeringkan melalui dua cara, yaitu menggunakan paparan sinar matahari atau pemanas instan. Namun, sebaiknya pilihlah buah yang dikeringkan dengan sinar matahari karena kebanyakan pemanas instan mungkin mengandung akrilamida yang merupakan senyawa kimia berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.
4. Baca label produk
Pastikan buah kering yang Anda pilih bebas dari zat aditif, bahan pengawet, dan gula tambahan ya, Moms.
5. Periksa tanggal pembuatan dan pengemasan
Selain membaca label produk, Anda juga perlu memeriksa tanggal pembuatan dan pengemasan buah kering tersebut. Ya, buah kering yang disimpan terlalu lama dapat berjamur atau dihinggapi serangga, terutama bila tidak dikemas dan disimpan dengan benar.
Nah Moms, setelah kemasan dibuka, pindahkan buah kering tersebut ke dalam wadah kedap udara, lalu simpan di tempat yang sejuk atau jauh dari paparan sinar matahari untuk mencegah pembusukan.



Sumber : kumparan.com

0 comments: