Tips Siapkan Modal Awal Bisnis Franchise Makanan

Rabu, Agustus 24, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Berbisnis franchise makanan lagi jadi tren nih. Pasalnya, banyak faktor yang bikin bisnis ini menarik.

Salah satunya adalah modal berbisnis franchise makanan ada yang tidak besar-besar amat, tapi omzetnya bisa dua kali lipat dari modal awal.

Berminat mau buka bisnis makanan melalui franchise? Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis franchise makanan, pastinya kita perlu menyiapkan modalnya dulu.

Hal pertama yang dilakukan adalah mencari sumber modalnya dulu. Setelah itu baru pikirkan cara mengatur duit untuk memenuhi modal tersebut.

Misalnya mau mengejar modal dari duit sendiri tanpa berutang ke pihak lain. Dengan begini risiko terlilit utang ketika bisnis tidak berjalan lancar lebih kecil.

"Karena bisnis franchise atau bukan pasti memiliki risiko, dan risiko tersebut semakin besar apabila kita baru memulai dan baru mau belajar," kata Sayoga Risdya Prasetyo, S.E., perencana keuangan dari Finante.id, kepada HaiBunda 

Lalu, bagaimana kita mengatur keuangan khusus mengumpulkan modal untuk membuka bisnis? Menurut Sayoga, secara teori kita perlu menyisihkan dana sekitar 20% dari pendapatan bulanan.

Namun, menurutnya tidak ada rumus tetap yang berlaku untuk semua orang karena setiap orang pastinya memiliki kebutuhan hidup yang berbeda-beda.

"Perlu dilakukan finansial check up untuk mengetahui seperti apa kondisi keuangan saat ini, dari situ barulah bisa disiapkan seperti apa strategi menyusun anggaran yang tepat untuk mengumpulkan modal bisnis," jelas Sayoga.

Sumber : detik.com

0 comments: