Tradisi Makan-makan Usai Pemakaman Ini Bikin Netizen Ngakak Sekaligus Sedih

Jumat, Agustus 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Budaya pemakaman di setiap daerah atau negara pastinya berbeda. Di Twitter, netizen sorot budaya makan-makan usaipemakaman anggota keluarga di Indonesia.

Di Indonesia, pemakaman masih syarat akan budaya dan tradisi yang berbeda di setiap daerah. Namun ada satu tradisi, bahkan kebiasaan di mana biasanya anggota keluarga akan berkumpul bersama, usai acara pemakaman untuk makan-makan.

Acara makan-makan ini lah yang dibahas oleh akun Twitter @kismin666oys (25/08), yang sering membagikan foto dan gambar unik yang menghibur netizen.

"30 menit setelah kamu dikubur. (Suasana) keluarga," tulis akun Twitter tersebut.

Dalam cuitan viral yang dibagikannya. Tampak dua foto suasana orang-orang tengah makan keluarga di rumah dan di restoran.

Foto ini mengindikasikan suasana sanak keluarga setelah memakamkan anggota keluarga yang baru saja meninggal. Gambaran ini meski hanya sekedar candaan belaka, tapi memang sudah menjadi budaya untuk warga Indonesia.

Kebanyakan keluarga, biasanya setelah pulang dari memakamkan jenazah anggota keluarganya, akan berkumpul bersama di rumah mendiang, atau bahkan pergi ke restoran untuk makan-makan bersama.

Tradisi Makan-makan Usai Pemakaman Ini Bikin Netizen Ngakak Sekaligus Sedih Foto: Site News

Tak disangka cuitan dengan foto sederhana ini berhasil mendapatkan likes dari 34,1 ribu pengguna di TikTok. Banyak netizen yang memberikan komentar mereka, bahkan pengalaman pribadi mereka.

"Pas gue masih ada jarang makan bareng-bareng, giliran gue udah meninggal aja, pada makan bareng-bareng gue gak diajak," canda salah satu netizen @ib**, seolah-olah menyuarakan isi hati mendiang yang baru meninggal dunia.

"Ya emang bener. Tapi kalau aku kok gak nafsu ya makan di rumahnya yang bekas meninggal. Padahal ngerasa laper, tapi hilang rasa selera makannya, walaupun masakannya enak-enak sih," ungkap @cii** dari pengalaman pribadinya.

"Ini bener banget. Sehabis nguburin bapak saya, satu keluarga langsung makan nasi kuning," sambung @ric**, yang mengundang tawa netizen yang menyebut biasanya nasi kuning identik dengan perayaan atau selametan.

Tradisi Makan-makan Usai Pemakaman Ini Bikin Netizen Ngakak Sekaligus Sedih Foto: Site News

Ada juga yang menceritakan bahwa meski keluarga memang berangkat makan-makan usai acara pemakaman. Tapi mereka tetap tidak nafsu makan, dan hanya formalitas saja ikut di acara makan-makan tersebut.

"Gue sih nangis pas makan mie ayam. Ingat dulu mendiang ibu suka mie ayam itu. Sedih karena dia dikubur sana udah gak bisa makan. Coba di sana (alam kubur) ada Go-Food, saya kirimin deh," pungkas @ir**.


Terlepas dari pro dan kontranya. Acara makan-makan usai menghadiri pemakaman keluarga memang sudah menjadi hal yang lumrah, dan biasa dilakukan banyak orang di Indonesia.

Cuitan ini pun berhasil mendapatkan 34 ribu likes lebih, dan dibagikan sebanyak 7,8 ribu kali oleh pengguna Twitter lainnya.


Sumber : detik.com

0 comments: