Weekend Masih Harus Kerja? Ini 3 Tips untuk Atasi Rasa Malas dan Kantuk

Senin, Agustus 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Bekerja di Weekend. (Foto: Shutterstock)

BEKERJA di akhir pekan ataupun hari libur memang berbeda dengan hari biasa. Pasalnya, mindset seseorang akan membuat tubuh ingin beristirahat karena bekerja di hari yang tidak seharusnya.

Akibatnya, ada rasa malas dan ngantuk terlebih bagi mereka yang harus bekerja di depan monitor. Mungkin banyak yang tidak tahu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut. Berikut tips atasi ngantuk saat bekerja di waktu weekend, dari berbagai sumber.

1. Hindari kerja di kamar tidur

Pisahkan ruang belajar atau kerja dengan kamar, hal inj lebih mudah mematikan otak saat waktunya tidur. Jika memungkinkan, belajarlah di tempat lain, seperti perpustakaan, kedai kopi, atau area khusus yang cukup terang di rumah Anda yang jauh dari kamar tidur.

Bekerja di Weekend

2. Minum kafein

Bagi kamu pecinta kopi, tentu akan sangat terbantu dengan minuman tersebut. Kafein adalah stimulan alami. Makanan dan minuman seperti kopi, teh, soda, minuman energi, dan cokelat memiliki berbagai jumlah kafein di dalamnya.

Alasan kafein dapat membantu Anda tetap waspada adalah karena ia memblokir reseptor adenosin di otak Anda. "Efek kafein dapat berlangsung enam jam atau lebih. Jika Anda menggunakan dosis yang lebih tinggi atau sensitif terhadap kafein, anda mungkin merasakan efeknya lebih lama," keterangan verywell.

3. Tetap terhidrasi

Saat bekerja, umumnya bisa melupakan waktu untuk minum. Hal ini membuat anda kelelahan atau kantuk merupakan tanda dehidrasi.

Perlu diketahui dehidrasi tidak hanya akan menguras energi, juga dapat mengganggu fungsi kognitif, membuat belajar menjadi sulit. Sebuah penelitian memeriksa dehidrasi, termasuk efeknya pada fungsi otak.

Para penulis melaporkan bahwa tingkat dehidrasi ringan hingga sedang dapat merusak memori jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi.

Sumber : okezone.com

0 comments: