10 Tempat Wisata yang Terkenal Angker di Kediri, Berani Datang?

Senin, September 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 09 02 408 2659487 10-tempat-wisata-yang-terkenal-angker-di-kediri-berani-datang-9jDYuMNIMg.JPGGunung Wilis (Foto: Instagram/@ardi_antoe)

TERDAPAT 10 tempat wisata yang terkenal angker di Kediri berikut ini bisa Anda kunjungi jika ingin liburan horor.

Pasalnya, tragedi-tragedi yang terjadi di masa lampau membuat tempat wisata ini identik dengan nuansa mistis.

Bahkan, tak sedikit saksi mata yang mengaku melihat sosok misterius di tempat tersebut. Meski menyeramkan, tempat-tempat ini masih diminati oleh kaum para pelancong.

Penasaran? Berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum 10 tempat wisata yang terkenal angker di Kediri dari berbagai sumber:

1. Gunung Wilis

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri pertama adalah Gunung Wilis. Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Pegunungan ini juga memiliki puncak bernama puncak Trogati dengan ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl) serta pemandangan yang indah.

Di balik keindahan itu, ada cerita mistis yang beredar terkait pegunungan ini. Salah satunya adalah konon gunung ini dijaga oleh ular gaib raksasa. Ular tersebut dipercaya keliling setiap hari dari puncak hingga lereng gunung.

2. Gunung Butak

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri kedua adalah Gunung Butak. Letaknya berdekatan dengan Gunung Kawi. Keindahan jalur mendaki dan puncaknya yang memukau bikin pengunjung betah. Namun, cukup banyak kejadian janggal yang dialami pendaki di gunung ini. Mulai dari suara harimau misterius, penampakan anjing bermata merah, hingga nenek bungkuk berjarik pun kabarnya sempat ditemui para pendaki.

3. Gunung Maskumambang

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri ketiga adalah Gunung Maskumambang. Gunung ini terkenal dengan kisah Mbah Boncolono yang dibunuh secara keji oleh penjajah Belanda. Konon, jasadnya dikubur di salah satu kawasan gunung ini.

4. Simpang Lima Gumul

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri keempat adalah Simpang Lima Gumul. Tempat yang dikenal dengan SLG ini menjadi monumen paling ikonik di Kediri. Bangunan megah mirip di Paris ini berlokasi di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Ada cukup banyak cerita mistis yang beredar, salah satunya, konon tempat ini tidak pernah dikunjungi oleh para pemimpin negara. Hal itu dikarenakan siapapun pemimpin yang datang dipercaya dapat lengser dari jabatannya.

5. Arca Totok Kerot

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri kelima adalah Arca Totok Kerot. Patung yang dipercaya jelmaan Putri Lodaya ini berada di Jalan Totok Kerot, Bulu Pasar, Kecamatan Pagu, Kediri. Konon, patung yang satu ini dulunya pernah dipindahkan ke alun-alun oleh warga sekitar. Tetapi hal itu tidak bertahan lama karena patung kembali ke tempat semula yakni di daerah Bulu Pasar.

6. Pemakaman Dusun Joho

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri keenam adalah Pemakaman Dusun Joho. Pemakaman yang satu ini dikenal dengan pohon bulu yang menjulang tinggi. Konon, pohon tersebut sempat ditebang, tetapi kembali berdiri tegak dan kokoh.

7. Air Terjun Dolo

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri ketujuh adalah Air Terjun Dolo. Air terjun yang satu ini sudah cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Tempat ini menyuguhkan aliran air terjun yang deras, jernih dan segar, disertai panorama sekitar yang menakjubkan. Di balik keindahannya itu, ada cerita mistis yang beredar. Konon, pengunjung yang sengaja bersiul dan bertepuk tangan di kawasan ini akan selalu mendapatkan kesialan.

8. Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri kedelapan adalah Air Terjun Irenggolo. Tak kalah memukau dengan Air Terjun Dolo, air terjun yang satu ini juga memiliki keindahan alam luar biasa dengan aliran air yang jernih serta suasana yang asri. Di sisi lain, Air Terjun Irenggolo juga dikenal sebagai salah satu tempat angker di Kediri. Konon katanya, pengunjung sering melihat penampakan Iro Manggolo yang sedang bertapa di tempat ini.

9. Goa Selomangleng

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri kesembilan adalah Goa Selomangleng. Goa yang satu ini menyuguhkan keindahan alam serta suasana yang masih sangat natural. Di balik keindahannya itu, ada cukup banyak cerita mistis yang beredar. Salah satunya adalah goa yang satu ini dipercaya sebagai tempat petilasan atau tempat bertapanya Dewi Kilisuci. Tidak jarang pengunjung mengaku melihat penampakan yang berjalan di tiga liang utama goa. Berani datang?

10. Gunung Kelud

Tempat wisata yang terkenal angker di Kediri terakhir adalah Gunung Kelud. Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Meski menjadi gunung yang ditakuti karena letusannya yang dahsyat, masih banyak pengunjung yang datang ke Gunung Kelud untuk menikmati keindahannya.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Gunung Kelud memiliki aura mistis yang kuat. Salah satu cerita mistis yang beredar adalah munculnya sosok manusia berkepala kerbau yang sering dihubungkan dengan mitos kisah Dewi Kilisuci dan Mahesasura.

Sumber : okezone

0 comments: