11 Ras Kucing Termahal di Dunia dan Tips Merawatnya

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kucing persia, salah satu kucing termahal di dunia. Foto: Getty Images/iStockphoto/pat138241

Apakah detikers pecinta hewan kucing? Kalau iya, pasti kamu mengetahui ada berbagai ras kucing di seluruh dunia. Sejumlah ras kucing yang paling banyak diketahui yaitu persia, anggora, mandalay, hingga petit.

Akan tetapi, ada sejumlah ras kucing yang langka sehingga jarang dipelihara oleh manusia. Karena saking langkanya, harga kucing ras tersebut bisa mencapai lebih dari Rp 1 miliar detikers!

Lantas, jenis ras kucing apa yang memiliki harga termahal di dunia? Simak daftarnya dalam artikel ini yuk detikers.

Jenis Kucing Termahal di Dunia
Dilansir situs Finances Online, berikut ini 11 ras kucing termahal di dunia yang detikJabar telah rangkum dari harga paling mahal sampai murah

1. The Ashera (lebih dari Rp 1 Miliar)
Ras kucing termahal di dunia saat ini dipegang oleh Ashera. Wujudnya yang menyerupai macan tutul ini dibanderol hingga lebih dari US$ 125.000 atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Saking langkanya, salah satu perusahaan yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, hanya memproduksi lima anak kucing jenis ras Ashera setiap tahunnya. Hal ini karena jumlah kucing ras Ashera yang sangat langka, sehingga sangat sulit untuk dikawinkan dengan sesama kucing ras Ashera.

2. Savannah (Rp 750 jutaan)
Ras kucing termahal di dunia selanjutnya adalah Savannah. Kucing yang diklaim sangat setia dengan majikannya ini dijual mulai dari US$ 50.000 atau setara Rp 747 juta, harganya dapat berbeda tergantung dari jenis kelamin.

Bagi detikers yang ingin memiliki kucing yang aktif, Savannah bisa menjadi pilihannya. Kucing ini sangat aktif dan gesit sehingga bisa melompat ke lemari, lemari es, dan bagian atas pintu.

3. Bengal (Rp 375 jutaan)
Kucing ras Bengal masuk ke dalam daftar ras kucing termahal di dunia. Untuk seekor kucing ras Bengal dibanderol sekitar US$ 25.000 atau setara Rp 375 jutaan.

Kucing ini dikenal dengan penampilannya seperti macan, karena hampir di seluruh badannya memiliki totol-totol. Kucing ini termasuk hewan yang aktif dan cerdas, sehingga cocok untuk dipelihara.

4. Persia (Rp 82 jutaan)
Kucing ras Persia termasuk salah satu ras kucing termahal di dunia lho detikers. Soal harga, seekor kucing ras Persia biasanya dijual sekitar US$ 5.500 atau setara Rp 82 jutaan.

Kucing Persia dikenal memiliki bulu yang tebal dan wajahnya yang lucu, selain itu Kucing ras yang satu ini juga senang diajak bermain. Tapi perlu diingat, untuk merawat kucing persia harus teliti agar bulunya tetap terjaga dengan baik.

5. Peterbald (Rp 75 jutaan)
Di daftar ras kucing termahal selanjutnya dihuni oleh Peterbald. Kucing yang pada umumnya tidak memiliki bulu ini dibanderol sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp 75 jutaan.

Kucing ini disukai oleh sejumlah orang karena wujudnya yang botak, tidak memiliki bulu di hampir seluruh tubuhnya. Namun, kulit kucing Peterbald sangat sensitif sehingga perlu hati-hati ketika ingin dimandikan.

6. Sphynx (Rp 45 jutaan)
Kucing ras Sphynx masuk ke dalam jajaran ras kucing termahal di dunia. Untuk seekor kucing ras Sphynx harganya bisa mencapai US$ 3.000 atau sekitar Rp 45 jutaan lho detikers.

Sama seperti ras Peterbald, kucing Sphynx tidak memiliki bulu di hampir seluruh tubuhnya. Masih banyak orang yang keliru soal kucing yang satu ini, meski namanya langsung mengingatkan pada patung Sphinx di Mesir, aslinya kucing ras ini berasal dari Toronto, Kanada.

7. Scottish Fold (Rp 45 jutaan)
Kucing ras termahal di dunia selanjutnya adalah ras Scottish Fold. Untuk harga seekor kucing ini dibanderol mencapai US$ 3.000 atau sekitar Rp 45 jutaan, namun tergantung juga dari jenis kelaminnya.

Sesuai namanya, kucing ini berasal dari Skotlandia. Ciri khas dari Scottish Fold adalah telinganya yang terlipat, selain itu raut wajahnya cenderung nampak sedih namun tetap terlihat menggemaskan!

8. Russian Blue (Rp 45 jutaan)

Kucing ras Russian Blue turut masuk ke dalam jajaran ras kucing termahal di dunia. Sama seperti beberapa jenis ras kucing di atas, harga seekor kucing Russian Blue berkisar US$ 3.000 atau sekitar Rp 45 jutaan.

Seperti namanya, kucing ini berasal dari Rusia tepatnya di kota Archangel. Kucing ini diklaim sudah ada sejak tahun 1870-an, lalu sekitar tahun 1875 kucing ini dibawa ke Inggris dan akhirnya terkenal ke seluruh dunia sampai sekarang.

9. American Curl (Rp 18 jutaan)
Daftar berikutnya adalah kucing ras American Curl. Untuk harga seekor kucing ras American Curl dibanderol sekitar US$ 1.200 atau sekitar Rp 18 jutaan.

Kucing ini sangat sukai bermain dan banyak dimiliki oleh pecinta kucing di berbagai negara. Karena kucing ini didominasi dengan bulu yang tebal, maka detikers harus rajin-rajin dalam merawatnya ya.

10. American Wirehair (Rp 18 jutaan)
Bagi detikers yang senang memiliki kucing yang senang diajak bermain dan mudah diadaptasi, kucing ras American Wirehair bisa jadi pilihannya. Soal harga, untuk seekor kucing ras American Wirehair dijual sekitar US$ 1.200 atau setara Rp 18 jutaan.

11. British Shorthair (Rp 12-15 jutaan)

Daftar terakhir kucing ras termahal di dunia adalah British Shorthair. Kucing satu ini banyak dipelihara oleh manusia, karena bulunya yang unik dan senang diajak bermain sehingga ramah dijadikan hewan peliharaan meski mahal.

Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat
Memelihara kucing terutama kucing ras dengan harga mahal tentu perlu perawatan khusus. Jangan sampai kucing kamu jatuh sakit karena tidak bisa diurus dengan baik.

Lantas bagaimana cara merawat kucing agar tetap sehat? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rutin Memandikan Kucing
Cara pertama adalah dengan rutin memandikan kucing. Sebab, memandikan kucing secara rutin dapat mencegah penumpukan kotoran pada bulu dan kulit kucing yang dapat menyebabkan bulu menjadi rontok.

Selain itu, memandikan secara rutin juga bisa membantu bulu kucing tumbuh lebih lebat. Cara merawat bulu kucing ini bisa dilakukan sebulan sekali, bisa juga dimandikan lebih sering yaitu seminggu sekali untuk mencegah kucing terserang penyakit kulit.

2. Perhatikan Makanannya
Jangan lupa untuk memperhatikan makanan kucing detikers, apalagi kalau kucing detikers masih kecil sehingga perlu makanan yang tepat agar proses tumbuh kembangnya berjalan baik. Maka dari itu, sebaiknya lakukan riset tentang makanan kucing terlebih dahulu, lalu sesuaikan dengan anggaran untuk membeli makanan kucing.

3. Menyisir Bulu Kucing
Selain rutin memandikan kucing, jangan lupa untuk menyisir bulu kucing. Dengan menyisir secara rutin, bulu yang rusak akan rontok sehingga dapat merangsang proses pertumbuhan bulu baru yang sehat.

Tak hanya itu, merawat bulu kucing dengan menyisirnya secara rutin bisa membantunya tetap indah dan tidak kusut, khususnya bagi kucing jenis tertentu yang memiliki bulu cukup panjang.

4. Ajak Kucing Berjemur
Ternyata, sinar matahari dapat membantu menjaga kesehatan bulu kucing lho detikers, sehingga bulu kucing tampak indah dan tidak mudah rontok. Selain itu, sinar matahari dapat mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang dapat meningkatkan kesehatan tulang pada kucing.

Disarankan untuk ajak kucing berjemur antara pukul 8-10 pagi. Lakukan langkah ini secara rutin selama 15 menit setiap hari agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

5. Beri Vitamin Tambahan
Terakhir, beri kucing kesayangan kamu vitamin tambahan agar tetap sehat. Selain itu, vitamin dapat membantu merawat bulu kucing dari dalam sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan bulu pada kucing. Kamu bisa memberi vitamin tambahan dengan mencampurkannya ke dalam makanan kucing.

Nah, itu dia detikers 11 ras kucing termahal di dunia saat ini beserta penjelasan mengenai cara merawat kucing agar tetap sehat. Jadi detikers tertarik untuk memelihara kucing ras apa nih?


Sumber : okezone.com

0 comments: