12 Destinasi Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan, Cocok untuk Lepas Lelah

Selasa, September 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Solo dan sekitarnya mungkin sudah puluhan atau hampir ratusan. Mengunjunginya satu per satu dalam waktu singkat tentu akan jadi PR sendiri.

Namun setidaknya ada sejumlah destinasi wisata Solo yang bisa Anda jelajahi dalam waktu singkat, tanpa melewatkan satu pun keistimewaan Kota Solo. Bagi Anda yang datang ke Kota solo dengan menggunakan kereta api, daftar destinasi wisata Solo ini mungkin jadi pilihan menarik

Bagaimana tidak, selain bisa melepas penat setelah perjalanan jauh. Destinasi wisata Solo yang masuk daftar ini berlokasi tidak jauh dari Stasiun Solo Balapan.

Akses untuk menuju sejumlah destinasi wisata Solo ini pun tidak sulit. Bahkan Anda bisa menjangkaunya dengan Batik Solo Trans, bus kebanggaan warga Solo.

Bisa jadi, destinasi wisata Solo berikut ini tidak masuk daftar perjalanan Anda di Kota Solo. Namun apa salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata solo yang dekat dengan pemberhentian Anda, yakni Stasiun Solo Balapan.

Berikut adalah daftar destinasi wisata Solo yang dekat dengan Stasiun Solo Balapan, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber

Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pasar Klewer

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Keraton Solo, merupakan destinasi wisata Solo yang bertema budaya. Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan pada tahun 1743.

Keraton ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Stasiun Solo Balapan. Dengan kata lain, destinasi wisata Solo ini bisa jadi pilihan menarik untuk memulai perjalanan wisata Anda di Kota Solo.

2. Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan destinasi wisata Solo yang tak jauh dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Bahkan Anda hanya perlu berjalan kaki usain mengunjungi Keraton Solo. Pasalnya, letak Pasar Klewer hanya 350 meter saja dari Keraton Solo.

Di destinasi wisata Solo, ini Anda dapat berbelanja pernak-pernik khas Solo dengan harga yang murah. Maka tidak mengherankan jika pasar ini dikenal sebagai pusat pusat grosir batik, tekstil, pakaian, kaos, pakaian tradisional, blangkon, aksesoris, dan sebagainya.

Pura Mangkunegaran dan Kampung Batik Laweyan

3. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah keraton lain yang ada di Kota Solo. Pura Mangkunegaran adalah istana kediaman para raja atau adipati Mangkunegara. Ada tiga hal seru yang bisa kamu lakukan di Pura Mangkunegaran, yakni belajar membuat kunir asem, belajar tari tradisional, dan menikmati koleksi museum Mangkunegaran.

Jarak Pura Mangkunegaran dengan Stasiun Solo Balapan hanya 2 kilometer. Tentu saja ini membuat Pura Mangkunegaran menjadi salah satu destinasi wisata Solo yang bisa Anda kunjungi setelah tiba di kota ini, jika naik kereta.

4. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan terletak di Jalan Sidoluhur, Laweyan, Kota Surakarta, sekitar 4 kilometer dari Stasiun Solo Balapan. Destinasi wisata Solo ini bahkan sudah ada sejak sebelum masa kemerdekaan dan sudah dikenal menelurkan saudagar-saudagar batik. Maka tidak mengherankan jika batik yang dihasilkan di sini selalu menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan.

Di sini, pengunjung dapat belajar menulis motif batik dan berbelanja aneka batik hasil karya perajin batik di Kampung Batik Laweyan.

Alun-Alun Kidul dan Benteng Vastengburg

5. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul sebenarnya masih berada di komplek Keraton Surakarta Hadiningrat. Dari Stasiun Solo Balapan, destinasi wisata solo ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja.

Di Alun-Alun Kidul, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti nongkrong, menikmati wisata kuliner, bahkan naik andong berkeliling. Yang jelas, destinasi wisata Solo ini bisa jadi titik mula lainnya, sebelum mengunjungi destinasi wisata Solo yang lebih jauh.

6. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg adalah benteng pendinggalan belanda yang di bangun pada 1745. benten ini semula digunakan Belanda untuk mengawasi aktivitas Keraton Surakarta Hadiningrat. Benteng ini sekarang beralih fungsi menjadi destinasi wisata Solo.

Lokasi destinasi wisata Solo ini berada di Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, sekitar 2,5 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

Ngarsopuro dan Taman Sriwedari

7. Ngarsopuro

Kawasan Ngarsopuro adalah suatu kawasan di Solo yang terletak di depan Pura Mangkunegaran. Saat ini, kawasan Ngarsopuro dipusatkan sebagai distrik perdagangan dan cagar budaya. Ngarsopuro terdiri dari tiga pasar; Pasar Elektronik, Pasar Ngarsopuro, dan Pasar Windujenar.

8. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari dibangun mulai pada 1899. Semula taan ini merupakan taman kota, namun kemudian menjadi kawasan rekreasi pada 1901. Taman Sriwedari berlokasi di Jalan Slamet riyadi No. 275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, sekitar 2,2 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

Taman Bale Kambang dan Taman Bendungan Tirtonadi

9. Taman Bale Kambang

Taman Sriwedari sebenarnya adalah taman yang dibuat khusus oleh Adipati Haryo atau Mangkunegara VII sebagai hadiah untuk kedua putrinya, yakni Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. Dulunya taman ini tertutup untuk umum dan hanya boleh dikunjungi pihak istana saja. Namun, setelah Mangkunegara VIII berkuasa, taman ini dibuka untuk umum.

Lokasi destinasi wisata Solo ini berada di Jalan Bale Kambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, sekitar 2,3 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

10. Taman Bendungan Tirtonadi

Taman Bendung Tirtonadi atau juga bisa disebut Taman Papan Kawruh Tirta merupakan objek baru yang ada di Kota Solo yang difungsikan sebagai pusat edukasi air bagi masyarakat.

Taman Papan Kawruh Tirta dijadikan sebagai tempat penyedia informasi mengenai keingintahuan masyarakat tentang air, sungai, dan sumber daya air lainnya. Selain difungsikan sebagai pusat edukasi air, taman ini juga dapat dijadikan sebagai tempat workshop, diskusi ataupun pameran serta outing class untuk pelajar.

Lokasi destinasi wisata Solo ini berada di Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, atau sekitar 1,7 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

Museum Batik Danar Hadi dna Monumen Pers Nasional

11. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi Merupakan sebuah kompleks wisata heritage terpadu tentang batik yang terletak di kota Solo di Jawa Tengah. Destinasi wisata Solo ini didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008 dan mengkhususkan Batik beserta aspek-aspek budayanya sebagai objek wisata utamanya.

Destinasi wisata Solo ini berada di Jalan Slamet Riyadi no.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, atau sekitar 1,7 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

12. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional adalah museum khusus pers nasional Indonesia yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Koleksinya meliputi teknologi komunikasi dan teknologi reportase, seperti penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, dan kentongan besar.

Destinasi wisata Solo ini berada di Jalan Gadjahmada no.59, Timuran, kecamatan Banjarsari, atau sekitar 1,1 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

Demikian sejumlah rekomendasi destinasi wisata Solo yang lokasinya berada di dekat Stasiun Solo Balapan, yang bisa menjadi langkah awal Anda untuk menjelajahi Kota Solo.

Sumber : liputan6

0 comments: