12 Destinasi Wisata Surabaya untuk Anak yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Selasa, September 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan berlibur bersama anak di Surabaya, wajib mampir ke destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Lokasi destinasi wisata Surabaya ini cocok dikunjungi bersama anak dan keluarga serta liburan sekolah anak bersama kawan-kawan dan guru.

Di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal, anak-anak bisa belajar tentang flora, fauna, berkebun, bercocok tanam. Kemudian destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal, anak bisa mengenal alam, outbound, belajar sejarah, hingga melakukan wisata religi.

Bagaimana tertarik berkunjung ke destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal? Biaya tiket masuk ke destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal cukup beragam, ada yang gratis dan ada yang tiket masuk serta sewa perlengkapan wisatanya sampai ratusan ribu rupiah.

Membawa anak-anak mengisi libur akhir pekan dan libur panjang di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini tidak akan sia-sia. Berikut Liputan6.com ulas rekomendasi destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal

Destinasi Wisata Surabaya untuk Anak yang Terkenal

1. Kebun Bibit Wonorejo 

Kebun bibit Wonorejo adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal dan cukup dekat dengan hutan mangrove Wonorejo. Dipenuh dengan pepohonan hijau, membuat destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini terasa menyejukkan. Kebun sebagai destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini memiliki luas sekitar 5.9 hektar. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini.

Uniknya lagi, pengunjung bisa berswa foto dengan hewan yang ada di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini. Termasuk jogging di area taman, bermain wall climbing, dan senam. Sudah tersedia toilet umum, water tap yang siap minum, berbagai pilihan jajanan, dan pusatnya bibit tanaman. Jam operasional Kebun Bibit Surabaya, yakni pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

2. Mangrove Gunung Anyar 

Mangrove Gunung Anyar adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Mangrove sebagai destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini menyediakan fasilitas lengkap. Tersedia pula jembatan kayu yang menembus hutan bakau. Perahu nelayan juga disewakan di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini. Pengunjung dikenakan biaya Rp 50.000 untuk bisa menyusuri hutan dengan perahu.

3. Carnival Park Surabaya

Carnival Park adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Ini adalah salah satu tempat wisata di Surabaya untuk keluarga yang mengusung tema karnaval, dilengkapi beragam wahana permainan yang pastinya menyebangkan untuk si kecil. Pasar malam ini juga menyediakan banyak stand makanan bagi Anda yang suka mencicipi aneka kuliner.

Carnival Park Surabaya sebagai destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal dapat menjadi alternatif tujuan wisata bagi yang telah seharian berkunjung ke obyek wisata sejarah. Carnival Park sebagai destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini mulai dibuka pada pukul 16.00-23.00 WIB. Carnival Park Surabaya bertempat di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya.

4. Perahu di Kalimas

Perahu di Kalimas adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Menyusuri Kalimas menggunakan perahu bisa dilakukan di sini. Perahunya dikenal dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Pengunjung bisa mengisi perahu kapasitas 12 penumpang saja.

Tarif yang dikenakan di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal hanya Rp 4000 saja per orang. Destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini menyediakan kursi perahu yang empuk dan nyaman bagi penumpang. Sangat cocok untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga dan pasangan.

5. Mangrove Wonorejo Rungkut  

Mangrove Wonorejo adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal, berupa hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini. Di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini terdapat pula papan informasi. Papan yang menjelaskan burung dan satwa yang hidup di sana. Hutan mangrove ini cukup sejuk meskipun juga terik di siang hari.

Uniknya lagi, di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini pengunjung bisa mengelilingi hutan ini dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 25.000 dan anak-anak Rp 15.000. Terdapat pula speed boat yang boleh disewa untuk berkeliling di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Harga sewanya Rp 300.000 saja untuk enam penumpang. 

6. Kampung Wisata Jambangan

Kampung wisata Jambang adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Kampung ini dikenal sebagai kampung yang hijau, rapi, dan bersih. Pengunjung bisa belajar cara membuat pupuk kompos dengan sampah organik dan non-organik di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini.

Pengelolaan limbah air juga menjadi kegiatan menarik di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini. Limbah di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini berasal dari air mandi dan cucian warga sekitar Jambang. Air ini kemudian dimurnikan kembali melalui proses penyaringan. 

Destinasi Wisata Surabaya untuk Anak yang Terkenal

7. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Ini sebuah taman wisata air pertama di Surabaya yang disebut-sebut sebagai salah satu taman air terbesar se-Asia Tenggara. Memiliki luas area mencapai 5 hektar dengan beragam permainan air, sangat cocok nih dijadikan destinasi wisata keluarga.

Destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini terletak di Kawasan Waterpark Boulevard Citraland 'The Singapore of Surabaya', Sambikerep, Made, Surabaya ini dapat dijangkau lokasi dengan kendaraan pribadi atau umum dengan mudah. Hanya butuh waktu 30-45 menit perjalanan dari pusat Kota Surabaya.

8. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal dan dikenal sebagai satu-satunya pantai di Surabaya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan pantai, berkuda, dan menonton barongsai. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk ke destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini. Akan ada sunset megah nan indah di tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya hanya 20 menit dari pusat kota Surabaya.

9. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 atau disingkat Monkasel adalah monumen pada skala penuh (bukan replika) sebuah kapal selam. Kapal selam sebagai destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini adalah salah satu dari Armada Divisi Timur. Destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini merupakan sebuah monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia, yang dibangun di sisi sungai Kalimas, Surabaya.

Kapal selam KRI Pasopati 410 merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Kapal selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monkasel buka dari Senin-Minggu pukul 08.00-21.00 wib.

10. Museum WR Soepratman

Museum WR Soepratman adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal. Pencipta lagu Indonesia Raya WR Soepratman pernah tinggal di sebuah rumah di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya yang kini dijadikan museum. Museum WR Soepratman diresmikan pada 28 Oktober 2003 olah Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika.

Di destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini pengunjung dapat melihat foto dan memorabilia berupa pakaian, alat musik biola, serta guntingan koran tentang WR Soepratman. Lokasi destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini berdekatan dengan makam beliau yang meninggal pada 17 Agustus 1938. Museum ini gratis untuk disambangi dan buka tiap Selasa sampai Minggu pukul 09.00-17.00.

11. Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek Surabaya Jawa Timur adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal yang resmi ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Dahulu, bangunan peninggalan Belanda tahun 1915 ini dijadikan tempat menyimpan peluru untuk melawan Jepang. Benteng Kedung Cowek Surabaya kini sudah berusia 105 tahun.

Masyarakat setempat menyebut destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal ini sebagai Gudang peluru yang digunakan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Lokasinya tidak jauh dari gerbang tol Jembatan Suramadu, tepatnya di Kelurahan Kedung Cowek, Kenjeran, Surabaya.

12. Masjid Laksamana Ceng Ho

Masjid Laksamana Ceng Ho adalah destinasi wisata Surabaya untuk anak yang terkenal, khususnya untuk wisata religi anak.

Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa namun terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab.

Masjid ini termasuk destinasi yang terkenal. Dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Sumber : liputan6

0 comments: