12 Wisata Batu Malang untuk Seru-seruan Bersama Keluarga

Rabu, September 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Main ke Batu, Malang bisa nih untuk liburan keluarga. Nih, rekomendasi tempat wisata di Batu yang bisa dikunjungi. Yuk!
detikcom telah merangkum tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Batu Malang. Catat ya.

1. Museum Angkut

Museum Angkut terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi paling populer di Batu.

Sesuai dengan namanya, Museum Angkut menghadirkan beragam angkutan atau kendaraan bersejarah. Mulai dari mobil yang pernah digunakan Presiden Sukarno hingga helikopter kepresidenan.

Jika berkunjung ke sini, traveler tak hanya dapat berfoto di antara kendaraan-kendaraan yang dipamerkan. Namun, traveler juga dapat berfoto hampir di seluruh area. Karena desain bangunan-bangunan di Museum Angkut pun sangat berseni.

Selain memamerkan kendaraan, museum ini juga menghadirkan berbagai bangunan ikonik dari berbagai negara, seperti Menara Eiffel dan Buckingham Palace. Untuk menikmati dan berfoto di area-area yang kece ini, traveler perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 100.000 pada weekdays dan Rp 110.000 pada weekend.

2. Hutan Pinus Semeru
Hutan pinus Semeru merupakan salah satu hutan pinus yang berada di Malang, lebih tepatnya berada di Sumberputih, Wajak, Kabupaten Malang. Udaranya yang sejuk karena berada di bawah kaki Gunung Semeru.

Wisata Hutan Pinus Semeru Foto: Tri Wahyuni/d'Traveler
Hutan pinus yang dibuka untuk umum pada tahun 2017 sangat ramai pengunjung dengan suguhan pohon pinus yang masih alami dan fasilitas yang lengkap. Adapun spot foto yang bisa kamu gunakan untuk koleksi galeri HP kamu loh, seperti hammock, payung-payung dan spot alam lainnya. Harga tiket masuknya pun terbilang murah yakni Rp 5.000, belum termasuk pembayaran setiap spot foto ya.

3. Taman Langit
Taman Langit berlokasi di Dusun Brau, Desa Gunung Sari, Jalan Gunung Banyak, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Taman Langit menawarkan wisata berfoto dengan bertemakan negeri dongeng. Ada pula yang menyebut destinasi wisata ini mengusung tema Cahaya Cakra Manusia yang direpresentasikan oleh sosok bidadari seperti dua patung perempuan bersayap yang ada di dalam lokasi.

Selain kedua patung tersebut, Taman Langit juga menghadirkan patung-patung lain dengan beragam bentuk. Mulai dari angsa, sarang burung, singa, garuda, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk ke Taman Langit sangat terjangkau. Dengan membayar Rp 15.000 saja, traveler sudah dapat menikmati pemandangan estetik dan berfoto bersama patung-patung indah yang ada.

4. Batu Love Garden

Batu Love Garden di Kota Batu Foto: Muhammad Aminudin/detiktravel
Batu Love Garden atau Baloga terletak di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 91, Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata di Batu Malang yang satu ini menawarkan pemandangan alam dan kebun yang indah. Dilengkapi dengan aneka permainan outdoor.

Batu Love Garden menghadirkan taman bunga indoor yang menampilkan ratusan jenis bunga. Banyak yang menyebut pemandangan di taman bunga indoor Baloga ini mirip seperti Garden by The Bay-nya Singapura. Traveler bisa memanfaatkan area taman ini untuk berfoto.

Selain taman bunga indoor, Baloga juga menawarkan beragam wahana outdoor. Mulai dari wahana menaiki unta, taman bermain untuk anak, go kart, hingga taman sayur dan buah.

Harga tiket masuk ke Baloga bervariasi, tergantung dari hari kunjungan. Untuk weekdays biayanya sebesar Rp 60.000. Sedangkan untuk weekend sebesar Rp 80.000.

5. Goa Pinus Pujon

Hutan pinus ini awalnya bekas penambangan pasir. Namun, karena kreatifitas dari pengelola tempat ini diubah menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk masuk ke Goa ini kamu harus sedikit membungkuk, karena Goa hanya memiliki tinggi 1 meter saja.

Goa Pinus Pujon berada di kawasan Pujon, Ds Gunungsari, Kec Bumiaji, Kota Batu, Malang. Banyak spot yang bisa nikmati saat berada di Goa Pinus Pujon, seperti pemandangan dari atas bukit, rumah papua, dan rumah kayu. Harga tiket masuk juga terbilang murah yakni Rp 5.000 saja.

6. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular atau BNS berada di Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Destinasi ini menawarkan wahana yang cukup lengkap, mulai dari spot foto hingga arena bermain.

Spot foto di BNS cukup bervariasi, mulai dari balon udara hingga replika spot-spot menarik dari film atau negara lain. Misalnya spot foto Menara Eiffel atau ada pula spot foto kereta ala Cinderella.

Jika sudah puas berfoto, traveler juga dapat menikmati beragam permainan yang ada. Mulai dari rumah hantu, rollercoaster, hingga perang laser.

Sesuai namanya, BNS buka dari sore hingga malam. Paling cocok dikunjungi saat malam ketika lampu-lampu hias telah dinyalakan.

Untuk menikmati permainan dan keindahan di tempat wisata di Batu Malang ini, traveler perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 untuk weekdays. Sedangkan untuk weekend tiket masuknya sebesar Rp 40.000.

7. Ledok Ombo Poncokusumo

Berada masih di kabupaten Malang, tepatnya di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Poncokususo juga menyuguhkan pemandangan pohon pinus namun lebih sepi, sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai keramaian.

Ledok Ombo yang berbatasan langsung dengan sungai bisa kamu jadikan tempat paling nyaman saat berada di sana sambil menikmati pemandangan bukit-bukit. Suasananya yang sepi juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah.

Untuk masuk ke dalam Ledok Ombo Poncokusumo ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 saja. Namun, tetap sediakan uang lebih jika terjadi perubahan harga ya.

8. Coban Talun

Hutan Pinus kali ini juga dilengkapi dengan aliran air terjun yang mengalir ke sungai. Coban talun terletak di Dusun Wonoreko, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Wisata Batu.

Dulunya, Coban Talun hanyalah air terjun biasa dan seiring berjalannya waktu tempat ini dikembangkan menjadi objek wisata. Bahkan, kamu bisa menginap di tempat ini loh. Harga tiket masuknya saja relatif murah yakni Rp 7.500.

9. Jatim Park 1

Bila kamu datang dari Malang, bisa nih datang ke Jatim Park 1 sebelum main ke Museum Angkut. Sama seperti taman rekreasi biasanya, kamu bisa seru-seruan bermain wahana ramah anak hingga ekstrem seperti flying tornado dan volcano coaster. Untuk harga tiketnya mulai Rp 120 ribu.

10. Alun-alun Kota Wisata Batu

Main ke alun-alun bisa jadi pilihan wisata mudah di Batu. Aksesnya yang mudah serta tidak prlu mengeluarkan biaya besar untuk masuk ke kawasan alun-alun. Di sini kamu bisa bermain sembari menikmati ragam kuliner yang disediakan pedagang kaki lima. Mulai dari sate, ragam minuman dingin hingga produk khas Batu bisa kamu temukan.

11. Bedengan

Bedengan hampir serupa dengan Ledok Ombo, karna posisinya yang berbatasan dengan sungai. Tempat yang lebih luas dibanding Ledok Ombo ini sering dijadikan tempat wisata dan hutan pinusnya bisa dijadikan lokasi berkemah. Cocok untuk kamu yang ingin berlibur ramai-ramai dengan keluarga atau sahabat.

Harga tiket masuk berkisar Rp 25.000 sampai Rp 35.000 untuk berkemah di Bedengan.

12. Taman Selecta
Taman Selecta berlokasi di Jalan Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sesuai namanya, atraksi utama Taman Selecta adalah pemandangan indah khas taman bunga.

Taman Selecta merupakan taman yang dibangun oleh seorang warga Belanda dan telah ada sejak tahun 1928. Taman ini menawarkan pemandangan indah aneka tanaman hijau dan bunga yang terhampar di atas lahan seluas 20 hektar.

Selain panorama taman, Taman Selecta juga menghadirkan wahana lain yang bisa dinikmati. Seperti kolam renang dan wahana permainan mulai dari sky bike hingga perahu ayun.

Harga tiket masuk Taman Selecta cukup terjangkau. Dengan membayar Rp 40.000, traveler sudah dapat menikmati dan berfoto berlatarkan pemandangan indah taman.

Sumber : detik.com

0 comments: