15 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Terbukti Laris

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Berjualan makanan merupakan salah satu pilihan usaha yang masih banyak diminati orang-orang. Selain modalnya cenderung lebih murah, pangsa pasarnya juga luas karena semua orang membutuhkan makanan.

Jika Anda ingin memulai usaha makanan tapi masih bingung ingin jenis makanan apa, berikut kumpulan ide jualan makanan kekinian yang bisa Anda pilih. Terbukti laris! Simak daftar berikut ini.

Ide Jualan Makanan Kekinian

1. Seblak
Makanan yang berasal dari Sunda ini semakin hari semakin digandrungi masyarakat secara umum. Seblak memberikan cita rasa gurih dan pedas, terdiri atas campuran ceker, bakso, telur, cuanki, mie, makaroni, sayuran, dan sebagainya.

Mengutip situs BFI Finance, modal usaha jajanan seblak sendiri diperkirakan kurang dari Rp 5 juta.

2. Aneka Frozen Food
Frozen food juga semakin diminati masyarakat setelah era pandemi Covid-19. Orang-orang tidak bisa sering berbelanja ke luar sehingga membutuhkan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama seperti frozen food.

Anda bisa memilih berbagai jenis frozen food, mulai dari nugget, sosis, bakso, hingga masakan jadi yang dibekukan.

3. Boba
Tak dipungkiri, boba banyak disukai masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Usaha boba bisa menjadi pilihan yang menguntungkan karena peminatnya masih banyak.

Akan lebih menarik jika usaha minuman boba Anda di-branding sedemikian rupa dengan kemasan lucu sehingga orang semakin tertarik.

4. Kopi Susu Kekinian
Sama seperti boba, kopi susu kekinian juga menjamur. Bedanya kopi susu kekinian dengan kopi susu biasa adalah branding yang biasanya lebih kuat, khas anak muda.

Anda bisa membuka gerai kopi susu kekinian khusus untuk take away yang lebih murah atau sekaligus membuka tempat nongkrong supaya usaha Ana semakin ramai.

5. Makaroni Telor
Jajanan yang satu ini biasanya digemari oleh anak-anak sekolah. Jajanan makaroni telor termasuk cukup sehat karena memenuhi kebutuhan karbohidrat dari makaroni dan protein dari telur.

Berikan bumbu penyedap supaya lebih gurih. Modal yang dibutuhkan untuk satu hari jualan menurut situs BFI Finance hanya sekitar Rp 200 ribu.

6. Pisang Nugget
Camilan kekinian berikutnya adalah pisang nugget. Jajanan ini sebenarnya sudah cukup lama ada, tetapi baru ngetren ketika seorang wirausahawan yang juga anak dari presiden Indonesia menjalankan bisnis tersebut dan membuka cabang di banyak tempat.

Modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis pisang nugget kecil-kecilan hanya Rp 800 ribu. Namun, jika sudah berkembang, keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai belasan juta per bulan.


7. Sosis Kentang
Sosis kentang atau sotang terbuat dari sosis yang dibalut dengan adonan perekat serta kentang di bagian luar. Jajanan ini terbilang menarik karena menggabungkan dua makanan sekaligus, yakni sosis dan kentang.

Cara makannya juga mudah sehingga menjadi pilihan jajanan orang-orang. Dilansi BFI Finance, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp 3 juta.

8. Corndog
Hampir mirip dengan sotang, corndog juga diminati konsumen karena cara makannya yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Corndog berbentuk seperti hotdog tetapi diberi tusuk dan dipegang seperti jagung, sehingga akhirnya disebut corndog.

Makanan ini sebelumnya populer di Korea Selatan. Seiring popularitas budaya Korea, jajanan ini pun banyak ditemukan di Indonesia.


9. Salad Buah
Jika Anda ingin menjual makanan sehat, Anda patut mencoba usaha salad buah. Modal buahnya sendiri cukup besar, apalagi jika Anda menginginkan buah yang benar-benar berkualitas.

Namun, demand salad buah juga tinggi sehingga keuntungan Anda juga cukup besar. Semakin banyak konsumen menyadari pentingnya makan buah, tapi ingin mencoba berbagai buah dalam sekali makan. Salah buahlah jawabannya.


10. Dimsum
Makanan yang termasuk Chinese food ini juga digandrungi penikmat jajanan di Indonesia. Apalagi dia lebih sehat karena dikukus, bukan digoreng. Anda bisa memulai usaha menjual dimsum yang disajikan matang atau berjualan produk dimsum dalam bentuk frozen food.


11. Dessert Box
Dessert box juga tengah naik daun. Makanan ini biasanya berbentuk seperti cake tetapi ditempatkan dalam kotak ukuran kecil hingga sedang. Yang menarik adalah berbagai lapisan yang ada dalam cake tersebut.

Harga dessert box sendiri tergolong cukup tinggi sehingga Anda bisa meraup keuntungan besar. Usaha ini cocok untuk Anda yang suka membuat kue dan makanan manis.


12. Singkong Keju
Ingat lagu lama 'singkong dan keju'? Dulunya kedua makanan ini dianggap berlawanan dan berbeda level. Tapi di masa kini, semakin banyak pengusaha makanan yang mencoba berinovasi dan akhirnya muncullah singkong keju.

Singkong keju adalah camilan singkong yang digoreng dan diberi parutan keju di atasnya. Bahan baku singkong keju sendiri terbilang murah sehingga Anda tidak perlu modal terlalu besar untuk memulai usaha jajanan ini.


13. Jasuke (Jagung Susu Keju)
Jajanan lain yang menggunakan bahan keju adalah jasuke. Jajanan ini sudah lama populer di Indonesia, tapi masih menjadi salah satu primadona jajanan hingga kini. Jasuke terdiri atas jagung manis rebus yang dipipil dan diberi campuran mentega, susu, dan keju.


Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi
14. Risol Mayo
Satu lagi gorengan yang diminati penikmat jajanan pasar di Indonesia, yakni risol mayo. Jajanan berbahan dasar tepung ini biasanya diisi dengan daging ham, sosis, dan mayonaise di dalamnya. Bagian luar risol juga dilapisi dengan tepung roti untuk menambah kerenyahan.


15. Croffle
Baru-baru ini, ada jajanan viral bernama croffle. Nama itu merupakan gabungan dari croissant dan waffle. Roti asal Prancis itu dibentuk dalam pencetak sehingga kemudian menyerupai waffle. Anda bisa memulai usaha ini dengan berbagai inovasi menarik pada croffle Anda supaya para konsumen tertarik.

Tips Jualan Makanan Biar Laris
Setelah Anda memilih salah satu jenis makanan di atas, apakah selesai? Belum. Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips supaya jualan makanan semakin laris. Berikut sederet tips yang bisa Anda terapkan, mengutip situs Adira.

1. Utamakan Kualitas Makanan
Sebagai pengusaha kuliner, tentu hal utama yang Anda tawarkan adalah makanan. Utamakan kualitas makanan Anda agar konsumen doyan pada produk Anda. Jangan sampai hanya karena mengejar keuntungan, Anda asal-asalan dalam membuat makanan.

2. Tentukan Target Pasar
Anda juga harus menentukan target pasar yang ingin dituju dan sesuaikan jenis makanan yang dijual dengan target pasar tersebut. Hal ini membantu Anda untuk menentukan harga makanan, pengemasan atau penyajian, varian rasa atau pilihan menu, dan cara pemasarannya. Target pasar pada pekerja kantoran tentu berbeda dengan target pasar anak sekolah.

3. Tetapkan Branding yang Tepat dan Menarik
Selain kualitas makanan, konsumen juga biasanya tertarik pada branding usaha kuliner. Semakin menarik branding Anda, semakin banyak konsumen yang penasaran dan akhirnya mencoba produk Anda. Ini banyak diterapkan oleh kopi susu kekinian yang membranding diri sebagai kopi pekerja produktif yang masih muda, dikemas dengan tagline seputar kehidupan dan percintaan.

4. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi
Jika Anda ingin membuka usaha makanan kekinian, maka Anda juga perlu menggunakan media promosi yang kekinian, yakni media sosial. Manfaatkan promosi di media sosial secara maksimal agar konsumen tahu bahwa usaha Anda ada.

5. Berikan Pelayanan Terbaik
Selain kualitas makanan, pelayanan juga menjadi kunci penting dalam usaha kuliner. Pastikan konsumen Anda merasa aman dan nyaman ketika mengkonsumsi produk Anda.

6. Bergabung dengan Franchise
Jika Anda belum yakin membuka usaha sendiri yang benar-benar mandiri, Anda bisa mencoba bergabung dengan bisnis franchise yang sudah lebih settle. Anda tinggal menyiapkan tempat dan pegawai, sementara untuk konsep usaha sudah ada template-nya.

Demikian penjelasan dan daftar ide jualan makanan kekinian yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga laris manis!


Sumber : detik.com

0 comments: