15 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Jumat, September 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, baik tanpa modal maupun dengan modal namun biayanya minim. Beberapa bisnis bisa dijalankan dari hobi, sebagai modal dasar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Dengan adanya keahlian atau minat, hobi berpotensi menjadi sebuah bisnis dengan peluang keuntungan yang cukup besar. Simak berikut ini 15 ide usaha sampingan ibu rumah tangga.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal
1. Freelance Writer (Penulis Lepas)
Dalam buku 80 Bisnis Sampingan Modal < 5 Juta oleh Astri Novia dan Natar Adri menyarankan profesi ini menjadi ide usaha sampingan yang pertama. Menjadi penulis bukanlah hal yang mudah, namun sebetulnya profesi ini cukup menjanjikan.

Sebab dunia tulis menulis sangat menarik dan tak lekang oleh waktu. Sampai kapan pun orang akan membutuhkan seorang penulis untuk menulis buku, artikel, atau cerita fiksi. Imbalan yang didapatkan dari pekerjaan menulis ini sangat menjanjikan.

2. Content Creator
Profesi ini nyaris jadi idaman banyak orang. Bisa bekerja dari rumah maupun cafe, kamu juga bisa menyesuaikan waktu kerjamu sesuai waktu luang. Konten yang kamu sajikan pun bisa menyesuaikan yang kamu sukai seperti memasak, interior, atau berdandan. Namun memang perlu diakui profesi ini tidaklah mudah sebab butuh kreatifitas dan beberapa keahlian editing video.

3. Jasa Membuat Ilustrasi
Profesi ini membutuhkan keahlian mengenai desain ilustrasi. Kembali lagi, profesi yang berdasarkan hobi memanglah menggiurkan. Jika semakin lama hasil polesan tanganmu semakin bagus, maka orderanmu pun akan semakin laris manis.

4. Guru Les Privat
Bisnis ini selain berjasa juga bisa membawa cuan yang menjanjikan. Bagaimana tidak, jasa bimbingan belajar bisa membantu anak-anak dengan pelajaran agar memperoleh nilai yang bagus. Jika kamu cukup menguasai pelajaran di bangku sekolah, pasti bisnis ini tidaklah sulit dan menjanjikan.

5. Mengikuti Survei Online Berbayar
Saat ini banyak beberapa link survey online yang bisa menghasilkan uang. Biasanya penyelenggara survei ini adalah akademisi dan pemerintahan. Namun kamu harus berhati-hati, sebab bisa saja link yang kamu kunjungi adalah link scam yang berbahaya dan bisa meretas data-data pribadimu. Sebaiknya pastikan link yang kamu peroleh memang sudah terbukti dan tidak mengandung kode asing pada linknya.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Minim Modal
6. Warung Kopi
Dalam buku Dijamin Kaya dengan Bisnis Kaki Lima oleh John Afifi, membuka usaha warung kopi jadi salah satu ide yang direkomendasikan. Membuka warung kopi tidak terlalu membuat ibu rumah tangga kewalahan. Hanya membutuhkan modal air panas, gelas, beberapa renteng kopi sachet, dan membukanya di depan rumah, maka akan laris manis.

7. Berjualan Gorengan
Berjualan gorengan juga tidak menyita banyak waktu, mudah, dan memberikan untung yang menggiurkan. Terlebih siapa yang tak suka dengan gorengan? Pasti beberapa gorengan panas akan nikmat disajikan. Oleh karena itu, bisnis kaki lima yang satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga.

8. Jus Buah
Jenis bisnis kaki lima ini sangat mudah dijalankan, sebab banyak orang suka jus buah. Keuntungan yang dihasilkan pun cukup lumayan. Karenanya, berjualan jus buah cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

9. Bisnis Pulsa
Semua orang tentu butuh pulsa. Bisnis ini cukup dijalankan dengan perlengkapan etalase kecil yang diletakkan di pinggir jalan. Kamu juga bisa manfaatkan semua orang yang lalu-lalang di jalan raya. Selain itu, pelajar, mahasiswa, bahkan guru atau dosen juga bisa menjadi target pasar yang potensial.

10. Berjualan Parcel atau Suvenir
Bisnis kaki lima ini tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga serta bisa dijalankan di depan rumah. Parcel atau suvenir bisa dijual dengan sistem memesan terlebih dahulu (by order) ataupun ready stock. Parcel atau souvenir biasanya banyak dicari sebagai bingkisan dalam perayaan tertentu, lamaran, menyumbang teman, dan masih banyak lagi.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa
11. Usaha Jahit
Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Kamu tak hanya bisa membantu orang desa membetulkan pakaiannya, namun juga berkreasi agar pakaian mereka lebih fashionable. Peluang usaha di pedesaan cukup dinamis perkembangannya, bahkan jika memang hasil jahitanmu menarik, kamu bisa menjual hingga luar desa.

12. Bisnis Makanan Kekinian
Berkembangnya industri kuliner di daerah perkotaan dapat kita jadikan potensi untuk peluang usaha di desa. Selain jarang ditemukan sehingga minim persaingan, bahan bakunya juga pasti lebih murah daripada di perkotaan. Kamu juga memiliki beragam pilihan ide makanan kekinian apa yang sesuai dengan daerahmu.

13. Penginapan
Daerah pedesaanmu punya tempat wisata yang indah? Kamu bisa menyulap beberapa kamar kosong untuk menjadi penginapan. Tak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang menjual. Selain itu, manfaatkan berbagai layanan media sosial untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

14. Agen Elpiji
Berjualan gas elpiji juga menjanjikan, terutama elpiji 3kg yang banyak digunakan warga desa. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg tak rumit, namun memang perlu persyaratan administrasi yang harus dilengkapi.

15. Usaha Pewangi Pakaian
Pewangi pakaian literan cukup digandrungi karena harganya terjangkau. Biasanya toko pewangi pakaian punya bau yang wangi sehingga akan menarik perhatian. Terlebih jika ada yang membuka usaha laundry, kamu bisa menjadi pemasok tetap.

Detikers, itulah tadi ide 15 ide bisnis sampingan rumah tangga. Ada banyak rekomendasi ya? Kira-kira adakah ide yang kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga berhasil, ya!

Sumber : detik.com

0 comments: