3 Tips Cegah Anak Lahir dengan Penyakit Jantung Bawaan, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Kamis, September 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi, (Foto: Freepik)

BUKAN hanya masalah soal stunting, namun masalah penyakit jantung bawaan juga harus diperhatikan para calon orang tua.

Sebab, pada dasarnya penyakit jantung bawaan sejatinya bisa dicegah sebelum anak lahir. Maka dari itu pencegahan ini menjadi penting untuk dipahami para calon orang tua. Terlebih jika sudah mempunyai riwayat penyakit jantung.

Supaya calon orang tua bisa memahami pencegahan penyakit jantung bawaan, dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K) selaku Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Center menyebutkan mengapa penting untuk pasangan suami istri melakukan konseling pra nikah, untuk melihat ada tidaknya faktor risiko dari calon pengantin terkait dengan penyakit jantung.

Dijelaskan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Center dr Radityo Prakoso, Sp.JP(K), itu kenapa penting sekali yang namanya konseling pra nikah, untuk melihat ada tidaknya faktor risiko dari calon pengantin terkait dengan penyakit jantung.

"Dari konseling pranikah tersebut, akan diketahui apakah ada kelainan bawaan dari calon mempelai pria maupun wanita. Kalau ditemukan, tentu akan dilakukan penanganan yang tepat," terang dr. Radityo Prakoso, baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, dr Radityo menjelaskan ada tiga tips yang bisa diperhatikan bagi calon orangtua agar bisa meminimalisir risiko anak lahir dengan penyakit jantung bawaan.

1. Upayakan menikah di usia under 30 tahun, karena laki-laki dan perempuan yang menikah di usia 30-40 tahun memiliki risiko penyakit jantung bawaan yang lebih tinggi.

2. Usahakan mencegah paparan bahan-bahan berisiko terkait penyakit jantung bawaan di trimester pertama, terutama pada 40 hari pasca-konsepsi.

3. Tetap menjalankan gaya hidup sehat, termasuk memastikan asupan makanan yang bergizi seimbang, istirahat yang cukup, tidak merokok, minim konsumsi alkohol, pun juga kelola stres.

"Kalau sudah ada kehamilan dan ternyata si anak memiliki risiko penyakit jantung bawaan, maka itu sudah tidak bisa dicegah. Namun, tata laksana jantung bawaan akan membantu memperbaiki kualitas hidup bayi di dalam kandungan maupun saat lahir," jelas dr.Radityo.



Sumber : okezone.com

0 comments: