3 Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Dicoba Yuk!

Selasa, September 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mengalami gusi bengkak (Foto: 914 smiles)

MERAWAT kesehatan mulut dan gigi adalah hal penting karena berkaitan juga dengan kesehatan tubuh. Dampak yang muncul jika tidak merawat kesehatan mulut dan gigi, salah satunya gusi bengkak hingga gigi berlubang.

"Ketika tidak mempraktikkan kebersihan gigi yang tepat, bakteri di mulut membentuk plak pada gigi. Bakteri ini dapat menyebabkan gusi meradang, menyebabkan gusi merah, bengkak, atau berdarah," keterangan dalam WebMD.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), 47,2% orang Amerika berusia 30 tahun ke atas memiliki penyakit periodontal (gusi).

Sementara kebanyakan orang dengan penyakit gusi, memiliki bentuk yang kurang parah disebut gingivitis. Berikut 3 tips untuk mengatasi gusi bengkak yang biusa docab.

 

1. Obat Kumur Lidah Buaya

Melansir Healthline ada penelitian menemukan bahwa lidah buaya sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi plak dan gingivitis. Kedua metode secara signifikan mengurangi gejala.

Tidak seperti pilihan obat kumur lainnya, jus lidah buaya tidak perlu diencerkan. Sebelum digunakan, pastikan jusnya 100 persen murni. Berikut cara menggunakan obat kumur lidah buaya:

-Kumur jus di mulut Anda selama 30 detik

-Keluarkan air kumur

-Ulangi dua hingga tiga kali per hari

2. Gel kunyit

Mengalami gusi bengkak juga bisa diobati dengan kunyit. Dimana kunyit mengandung kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Hal tersebut diketahui berdasarkan studi 2015 dalam Healthline, gel kunyit dapat mencegah plak dan radang gusi. Kunyit juga bersifat antimikroba dan antijamur membantu menyembuhkan pendarahan dan kemerahan pada gusi. Berikut cara menggunakan gel kunyit:

-Setelah menyikat gigi, bilas mulut dengan air bersih

-Oleskan gel kunyit ke gusi

-Biarkan gel menempel pada gusi selama sekitar 10 menit

-Kumur air segar di sekitar mulut untuk membilas gel

-Muntahkan, jangan menelannya

-Lakukan ini 2 kali sehari sampai bengkaknya hilang

3. Kumur air garam

Hasil dari studi 2016 dipublikasi journals plos menunjukkan berkumur dengan air garam sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gusi yang meradang akibat gingivitis.

Garam adalah disinfektan alami yang mampu menenangkan gusi yang meradang, membantu meringankan rasa sakit, mengurangi bakteri, menghilangkan partikel makanan, dan menghilangkan bau mulut. Berikut caranya:

-Tambahkan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan aduk rata

-Kumur larutan di mulut hingga 30 detik

-Keluarkan

-Ulangi dua hingga tiga kali per hari

-Peringatan: Menggunakan kumur air garam terlalu sering atau terlalu lama bisa berdampak negatif pada email gigi. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gigi terkikis karena sifat asam dari campuran tersebut.


Sumber : okezone.com

0 comments: