4 Bahasa dari Singapura yang Sering Dipakai dan Mudah Dipelajari

Rabu, September 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Reuters.

 Singapura adalah sebuah negara di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, yang terkenal sekali dengan ikon Singa berwarna putih bernama Merlion.

Singapura memiliki keanekaragaman budaya yang khas sekali juga menjunjung tinggi rasa toleransi antar agama yang cukup kuat. Singapura sangat menjamin kehidupan masyarakatnya hidup aman dan tenteram. Tingkat hukum di negara ini cukup berat.

Dengan keberagaman budaya ini, Singapura juga diketahui memiliki keberagaman bahasa. Dilansir melalui situs babble.com terdapat empat bahasa resmi yang digunakan negara Singapura dan mudah dipelajari:

1. Bahasa Melayu

Bahasa ini adalah bahasa kebangsaan Singapura yang dibawah wewenang Majelis Bahasa Melayu Singapura. Bahkan lagu kebangsaan Singapura dinyanyikan dalam bahasa Melayu, bahasa ini pernah menjadi bahasa nasional sebelum penjajahan Inggris.

2. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa kedua yang paling umum digunakan di Singapura. Mayoritas penduduk yang menetap di negara Singapura adalah orang Cina yang memang berasal dari negara Cina. Maka dari itu bahasa mandarin diakui secara resmi oleh Singapura. Bahkan sekolah di Singapura mengajarkan bahasa Cina satu-satunya adalah bahasa Mandarin.

3. Bahasa Tamil

Bahasa tamil ini berasal dari India. Sebab Sebagian penduduk negara Singapura selain berasal dari Cina juga berasal dari India Selatan. Bahasa ini digunakan di berbagai negara bagian India lainnya serta di Singapura. Bahasa tamil adalah bahasa resmi Singapura yang dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah. Namun siswa dapat memilih untuk mempelajari bahasa india lainnya seperti Bengali, Hindi, Urdu, dan Punjabi di sekolah.

4. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris juga bahasa yang resmi digunakan di negara Singapura dan juga bahasa yang paling umum digunakan di pusat kota Singapura dan cukup mudah dipelajari. Dikutip melalui lembaga pendidikan internasional Education First (EF) bahwa Singapura menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kemampuan berbahasa Inggris terbaik, atau English Proficiency Index (EPI), di Asia Tenggara. Negara ini memperoleh skor 66,82.

Singapura juga memiliki satu bahasa paling tidak resmi adalah Singlish, semacam bahasa Inggris kreol yang menggabungkan kata-kata pinjaman dan unsur-unsur bahasa dan dialek Singapura. Bahasa Singlish berfungsi menyatukan warga Singapura.


Sumber : okezone.com

0 comments: