4 Tips Interview yang Wajib Kamu Ketahui

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Foto Interview Kerja dengan Perusahaan (HRD). Freepik.com

Interview atau wawancara merupakan tahapan dari proses penerimaan pekerja dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu, kamu sebagai job hunter tentu memiliki perasaan yang cukup gugup dan juga kurang percaya diri. Tak cuma itu, kamu juga merasa dilema atas rasa kebahagiaan dan rasa khawatir yang datang secara bersamaan.

Jika kamu mengalami perasaan tersebut, maka yakinlah bahwa hal itu semua menjadi bagian dari proses mencari pengalaman dalam dunia pekerjaan. Proses perjalanan kamu ini memang tidaklah mudah dan berpotensi mengalami kegagalan.
Meskipun sulit, kamu juga dapat mempelajari terkait beberapa cara atau tahapan dalam menghadapi interview atau wawancara kerja. Simak 4 Tips interview yang wajib kamu ketahui.
1. Mencari Informasi tentang Perusahaan
Mencari atau mereset informasi tentang perusahaan merupakan salah satu cara yang dapat kamu pahami sebelum interview berlangsung. Kegiatan ini tentu membantu kamu dalam menjawab pertanyaan- pertanyaan yang berhubungan dengan profil perusahaan. Tentu HRD juga dapat memperhitungkan kemampuan dan keseriusan kamu melalui beberapa pertanyaan terkait pengetahuanmu tentang perusahaan secara keseluruhan.
2. Mempersiapkan CV Terbaikmu
Tahapan ini menjadi tahapan kunci yang perlu kamu lengkapi dan persiapkan. CV (curriculum vitae) tentu menjadi media penilaian pertama yang dilakukan oleh HRD perusahaan terhadap gambaran diri kamu. Maka dari itu, mempersiapkan secara matang terkait isi dari CV tersebut. Misalnya: mempersiapkan pilihan posisi yang relevan dengan latar belakang pengalaman, lalu sesuaikan dengan gambaran diri kamu mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman, skil dan lain sebagainya. Sehingga curriculum vitae yang kamu buat dan kirimkan kepada HRD mampu memberikan daya tarik tersendiri.
3. Memperbanyak Latihan “Simulasi”
Memperbanyak latihan atau simulasi merupakan persiapan yang dapat dilakukan sebelum melakukan interview. Kamu dapat menemukan pertanyaan- pertanyaan dan berlatih sebelum melaksanakan interview atau wawancara dengan HRD. Biasanya salah satu platform yang dapat membantu kamu dalam memberikan informasi pertanyaan dapat ditemukan di media sosial Tiktok Vina Mauliana yang dikenal dengan akun @vmuliana. Akun ini menampilkan beragam pertanyaan hingga tips yang dapat kamu pelajari sebelum menghadapi interview.
4. Berpikiran Positif dan Berdoa
Sebelum menghadapi rangkaian proses interview kamu juga perlu tahu bahwa berpikiran positif merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan dalam meyakinkan diri kamu untuk tampil percaya diri di depan HRD perusahaan. Jika kamu terus berpikiran positif, maka tubuh dan pikiran juga akan memberikan reaksi yang positif kembali. Setelah itu, yang paling penting adalah berdoa dan meminta restu kepada orang tua sehingga interview yang akan kamu jalani dapat dimudahkan.
Inilah 4 Tips yang wajib kamu tahu sebelum melakukan wawancara atau interview. Oleh karena itu, persiapkan dirimu sedini mungkin untuk menggapai keinginanmu. Sehingga kamu dapat mencintai apa yang kamu lakukan. Sesuai dengan pernyataan Steve Jobs " bahwa satu- satunya cara melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan. Jika belum menemukan nya teruslah mencari. Jangan diam.”

Sumber : kumparan.com

0 comments: