5 Bisnis Kuliner Artis Indonesia di Luar Negeri, Hong Kong hingga New York

Selasa, September 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Sederet artis Indonesia ini jalani bisnis kuliner sampai ke luar negeri. Lokasinya ada di Malaysia, Hong Kong, hingga lintas benua ke Amerika. Siapa saja mereka dan apa makanan yang ditawarkan?

Bisnis kuliner dilirik banyak orang karena menjanjikan hasil yang manis jika laris di pasaran, bahkan tak sedikit dari artis Indonesia yang mencoba peruntungan dalam menjual aneka makanan dan minuman.

Beberapa dari mereka awalnya sukses mendirikan bisnis kulin

Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari ayam geprek sampai kopi khas Indonesia. Semua memiliki ciri khas masing-masing demi memikat selera penduduk lokal di sebuah negara.

Siapa saja artis Indonesia yang berbisnis kuliner di luar negeri? Berikut detikfood merangkum 5 di antaranya:

1. Chef Arnold - KOI Dessert Bar - Sydney

Sosok Arnold Poernomo atau akrab disapa chef Arnold sudah tak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Juri MasterChef Indonesia ini mengembangkan bisnis kuliner bernama KOI Dessert Bar di Sydney, Australia.

Tak sendirian, ia dan 2 saudara laki-lakinya menjalani bisnis ini. Mengutip situs resmi KOI Dessert Bar, nama KOI merupakan singkatan 'Kids of Ike' dimana Ike adalah ibu dari Ronald, Arnold, dan Reynold Poernomo. Bisnis ini diawali dari sebuah garasi rumah pada tahun 2012. Saat itu, Ike Malada, hanya memiliki modal $300 untuk mendukung keluarganya.

Selain chef Arnold, adiknya yaitu Reynold menjadi bintang lantaran sosoknya malang melintang di kompetisi MasterChef Australia. Ia bahkan dijuluki sebagai King Dessert berkat kreasi makanan penutup yang selalu mengejutkan.

KOI Dessert Bar berlokasi di 46 Kensington St, Chippendale NSW 2008, yang termasuk kawasan pusat kota. Beberapa dessert andalannya adalah Citrus Jar, Red Cracker, Passion Colada, Apple, Pear, Strawberry Bells, Nomtelia, Strawberry Pillow, Black Sesame, Smooth Strawberry, dan Mango Yuzu.

2. Ruben Onsu - Geprek Bensu - Malaysia & Hong Kong

Ruben Onsu sukses membuka ratusan cabang restoran ayam geprek di Indonesia. Ia menawarkan ayam geprek dengan sambal yang pedasnya nagih. Pada 2019, dirinya melebarkan sayap ke luar negeri.

Ia membuka Geprek Bensu di Hong Kong, tepatnya di Causeway Bay Commercial Building, Sugar St, Causeway Bay. Menu yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan di Indonesia, seperti ayam geprek dengan keju, sambal matah, sampai saus telur asin.

Ruben Onsu bahkan sempat memperkenalkan Bensu Bakso di sana. Selain di Hong Kong, ayah 3 anak ini juga membuka Geprek Bensu di Malaysia pada awal tahun 2020. Gerainya ada di Jalan Bukit Bintang Nomor 73. Berbagai promo ayam geprek menarik sering kali ditawarkan.

3. Fitri Carlina - Cafe Dangdut - New York

Banyak orang mungkin belum tahu kalau Fitri Carlina juga berkecimpung di dunia kuliner. Ia bersama dua rekannya yang menetap di Amerika Serikat, mendirikan Cafe Dangdut di New York. Lokasi tepatnya di 4502 23rd St, Queens, Long Island City.

Pendirian kafe ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan. Semua berawal dari inisiatif forum Indonesia Dangdut Coffee House (IDCH) yang memiliki tujuan mempromosikan musik dangdut dan kopi Indonesia di Amerika Serikat.

Fitri Carlina terlihat beberapa kali ada di kafe itu untuk menyambut para tamu. Selain kopi, pihaknya juga menawarkan aneka makanan dan minuman khas Indonesia. Tak ketinggalan kue-kue seperti kue lapis, kroket, kacang, dan kue tradisional lainnya.

4. Ditto Percussion - Warkop NYC - New York

Suami Ayudia Bing Slamet, Ditto Percussion juga mendirikan bisnis kuliner Indonesia di luar negeri. Uniknya, ia dan 3 rekan lainnya menghadirkan konsep warkop sungguhan di kota 'melting pot' ini.

Melalui Instagram, Ditto pernah mengungkap alasan ia mau bergabung dengan Warkop NYC. Ia merasa bertemu dengan rekan yang tepat, ingin memperkenalkan kuliner Indonesia di luar negeri, sekaligus penasaran bagaimana rasanya membangun bisnis di negara orang.

Sebelumnya, Ditto dan sang istri, Ayudia diketahui sukses mendirikan Stuja Coffee yang ada di Jakarta dan Bali. Untuk Warkop NYC sendiri, mereka berusaha menghadirkan menu-menu autentik warkop di Indonesia di New York. Mulai dari Indomie, bubur kacang ijo, hingga ragam gorengan.

5. Vivit Kavi - Dua Coffee - Washington DC

Dua Coffee lebih dulu populer di Cipete, Jakarta Selatan. Coffee shop ini didirikan kakak penyanyi Raisa, Rinaldi Pratama bersama rekannya, Omar Karim pada tahun 2016. Nama Dua mereka sematkan, diambil dari bahasa Arab yang artinya doa atau keinginan.

Pada 2019, mereka membuka cabang Dua Coffee di Washington DC, bekerja sama dengan presenter Vivit Kavi dan Irfan Ihsan sebagai pemegang franchise. Mereka mendirikan Dua Coffee di lokasi strategis.

Lewat coffee shop ini pula, mereka ingin memperkenalkan ragam kopi Indonesia. Tak hanya kopi Sumatera, dari tanah air ada banyak kopi single origin istimewa lainnya. Mulai dari kopi Kintamani, kopi Ciwangi dari Jawa Barat, lalu ada kopi Flores, Kamojang, Kerinci, Java Preanger, dan masih banyak lagi.

Sumber : detik.com

0 comments: