5 Destinasi Islami Terbaik di Amerika, Belajar Sejarah dan Kebudayaan Islam Berbagai Negara

Senin, September 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Bogor - Para pelancong muslim harus tahu bahwa tempat wisata religi islami tidak hanya ditemukan di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tahukah kamu, ternyata negara minoritas muslim juga punya destinasi islami yang tak kalah menarik.

Sebut saja Amerika, negara dengan julukan Paman Sam ini punya sederet destinasi islami yang wajib dikunjungi oleh pelancong muslim. Di destinasi islami ini para pelancong bisa belajar sekaligus melihat perkembangan Islam di Amerika

Mengutip berbagai sumber, destinasi islami di Amerika yang dapat dikunjungi berupa masjid hingga museum yang memberikan banyak pembelajaran bagi setiap pengunjungnya. Langsung saja, yuk tengok beberapa destinasi islami di Amerika ini, siapa tahu Allah menakdirkan kamu untuk mengunjungi dalam waktu dekat.

1. The Islamic Center of Washington

The Islamic Center of Washington atau Pusat Islam Washington merupakan bangunan masjid tertua di Amerika Serikat. Menariknya, masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh umat Islam, tapi tidak sedikit umat agama lain pun bertandang ke masjid ini sekaligus belajar tentang perkembangan Islam di Amerika.

Masjid terbesar di belahan dunia Barat ini mulai digagas pada tahun 1944 dan dibangun mulai tahun 1947. Pada tahun 1952 masjid ini mulai dibuka untuk umum. Di masjid ini pengunjung dapat mempelajari seputar Islam, belajar Al-Qur’an, hingga belajar tentang kehidupan umat Islam di Amerika.

2. America’s Islamic Heritage Muslim

Berdiri sejak tahun 2011, America’s Islamic Heritage Muslim atau Museum Warisan Islam Amerika sudah menjadi daya tarik wisata religi islami di negeri Paman Sam. Museum ini berada di kota Washington DC, Amerika Serikat.

Di museum ini pengunjung bisa belajar tentang perkembangan Islam di Amerika hingga mengenal tokoh-tokoh muslimnya. Tokoh-tokoh muslim di museum ini bukan sembarangan, ada yang bergerak di bidang politik hingga atlet.

3. Masjid Malcolm Shabazz

Masih tempat ibadah bagi umat Islam di Amerika, Masjid Malcolm Shabazz atau Masjid 7 menjadi daya tarik destinasi islami di negeri Paman Sam. Pasalnya, bangunan yang berada di kawasan Harlem, New York ini cukup mencolok dengan desain yang apik berwarna hijau disertai kubah berukuran besar.

Konon, bangunan ini menjadi saksi sejarah tempat seorang tokoh muslim Malcolm X memperjuangkan kesamaan ras di Amerika. Malcolm X pernah diangkat menjadi imam di masjid ini sekitar tahun 1960-an. 

Pada tahun 1965 masjid ini pernah dibom. Di hari yang sama Malcolm X tewas dibunuh.

4. Audubon Ballroom

Selain di Masjid Malcolm Shabazz, melihat jejak perjuangan mualaf bernama Malcolm X dalam memerangi rasisme di Amerika juga dapat kamu temui di Audubon Ballroom, New York. Di bangunan ini kamu dapat melihat mural yang menggambarkan kehidupan tokoh muslim kulit hitam.

5. Mississippi Muslim Museum

Mississippi Muslim Museum merupakan bangunan yang mengenalkan sejarah dan kebudayaan Islam sejak tahun 2001. Museum ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dan menjadi tempat menarik bagi pelancong muslim dunia.

Tidak hanya koleksi sejarah dan kebudayaan Islam Amerika saja, museum ini juga menyajikan artefak kuno seperti tulisan ayat-ayat Al-Qur’an dari berbagai negara di dunia. Jadi, museum ini salah satu destinasi yang mesti disambangi ketika melancong ke negeri Paman Sam.


Sumber : liputan6

0 comments: