5 Jenis Kopi Vietnam Unik, Campur Kuning Telur hingga Yogurt

Selasa, September 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Mungkin selama ini kita hanya tahu satu jenis kopi Vietnam, tapi ternyata kopi tradisional Vietnam ada banyak jenisnya. Mereka punya kopi telur hingga kopi yogurt.

Beberapa negara memang memiliki kreasi kopi tradisionalnya sendiri, termasuk Vietnam. Kopi Vietnam yang selama ini kita ketahui mungkin hanya dari teknik seduhnya saja yang biasa disebut Vietnamese drip.

Vietnamese drip sendiri sebenarnya merujuk pada teknik seduhnya, sementara jenis kopinya bisa apa saja sesuai yang diinginkan.


Namun ternyata Vietnam punya lebih banyak kopi tradisional yang istimewa. Mereka punya variasi kopi susu, kopi telur, hingga kopi yogurt yang masing-masingnya memiliki keunikan tersendiri.

Merangkum vietnamchronicles.com (19/09), berikut 5 jenis kopi tradisional Vietnam yang wajib dicoba oleh para pencinta kopi:

1. Cà phê trứng (Kopi Telur)
Kopi telur menjadi salah satu kopi tradisional Vietnam yang banyak digemari. Di Vietnam sendiri, kopi telur biasa dikonsumsi oleh masyarakat yang berada di Vietnam bagian utara, terutama di Hanoi. Foto: vietnamchronicles.com

Kopi telur menjadi salah satu kopi tradisional Vietnam yang banyak digemari. Di Vietnam sendiri, kopi telur biasa dikonsumsi oleh masyarakat yang berada di Vietnam bagian utara, terutama di Hanoi.

Ada arti menarik di balik kopi telur Vietnam ini. Ternyata, kopi telur menunjukkan kemampuan orang Vietnam yang bisa beradaptasi di situasi apapun.

Awalnya ini didasari pada sejarah zaman dulu. Ketika era kolonial, semasa perang Prancis, Vietnam kekurangan banyak sumber daya karena para penjajah mengekstraksi sumber daya mereka untuk dijual kembali dan untungnya hanya disimpan oleh penjajah.

Kemudian pada tahun 1964, terjadilah kelangkaan susu, sehingga masyarakat di Vietnam tidak lagi bisa menikmati kopi susu.

Untuk mencari pengganti susu segera, akhirnya muncullah sebuah ide yang ternyata sampai saat ini digemari. Pria bernama Tri Hoa Nguyen menemukan racikan kopi telur. Ia mengganti susu dengan telur.

Awalnya memang kopi telur tidak begitu dikenal, tetapi memasuki tahun 1980-an, ketika Vietnam berinvestasi secara besar terhadap kopi, barulah popularitas kopi telur melonjak.

Biasanya kopi telur dibuat dengan mencampurkan kuning telur segar dan mentah ke dalam kopi, lalu ditambah susu kental manis. Kopi ini cocok dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

2. Bạc xỉu (Kopi Susu dengan Proporsi Berbeda)
Bạc xỉu adalah kopi yang dicampur dengan banyak susu kental manis sehingga sering disebut sebagai bom gula. Foto: Getty Images/iStockphoto

Mungkin kopi susu bisa ditemukan dengan mudah dimanapun kita berada, tetapi bagaimana jika kopi susu punya keunikan lain? Ini seperti apa yang dimiliki oleh Bạc xỉu.

Bạc xỉu adalah kopi yang dicampur dengan banyak susu kental manis sehingga sering disebut sebagai bom gula.

Jika kamu pencinta kopi pahit, jelas jenis kopi satu ini akan dilewati. Tetapi tidak dengan mereka yang suka kopi manis. Mereka pasti akan suka kopi satu ini, terutama para anak remaja.

Pada saat zaman penjajahan, susu menjadi barang langka dan mahal. Tetapi orang yang memiliki status tinggi tetap bisa minum susu kental manis, namun harus pintar-pintar mengonsumsinya.

Dalam artian, mereka tidak bisa menggunakan terlalu banyak susu. Sehingga, solusi yang diambil yaitu dengan mencampur susu dan air. Tetapi rasanya ternyata tidak enak. Sampai akhirnya mereka mulai menambahkan sedikit kopi.

3. Sinh Tố Cà Phê Chuối Bơ (Kopi Buah)
Jenis kopi Vietnam satu ini tak kalah menarik, namanya Sinh Tố Cà Phê Chuối Bơ atau biasa disebut kopi dengan buah.

4. Cà phê dừa (Kopi Kelapa)
Biasanya, orang Vietnam gemar mencampur es krim kelapa dan sedikit susu kental manis pada kopi hitam mereka. Foto: vietnamchronicles.com

Selain kopi dengan campuran buah pisang dan alpukat, ad alagi kopi dengan campuran kelapa atau disebut sebagai Cà phê dừa.

Bagi mereka yang tidak suka manis sepertinya tidak akan suka dengan jenis kopi ini. Itu karen kopi Cà phê dừa dikenal memiliki rasa yang sangat manis dan akan meninggalkan rasa kelapa di mulut.

Biasanya, orang Vietnam gemar mencampur es krim kelapa dan sedikit susu kental manis pada kopi hitam mereka.

Memang ini bukan merupakan resep campuran kopi yang dibuat oleh kalangan penduduk setempat. Tetapi para wisatawan menyukai kopi ini.

5. Cà phê sữa chua (Kopi Yogurt)
Tak kalah unik, ada juga kopi khas Vietnam yang mencampurkan kopi hitam dengan yogurt. Cà phê sữa chua digemari, terutama ketika cuaca di Vietnam sedang panas. Foto: vietnamchronicles.com

Tak kalah unik, ada juga kopi khas Vietnam yang mencampurkan kopi hitam dengan yogurt. Cà phê sữa chua digemari, terutama ketika cuaca di Vietnam sedang panas.

Yogurt dikenal sebagai sumber nutrisi seimbang yang akan membantu menjaga fungsi tubuh sehat dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pencernaan, hingga menjaga jantung tetap sehat.

Atas dasar tersebut, akhirnya orang Vietnam menemukan bahwa mereka bisa mencampur kopi dengan tambahan yogurt.

Ternyata tidak ada rasa yang aneh. Beberapa orang yang telah mencoba kopi Cà phê sữa chua, mengungkapkan bahwa rasanya mengingatkan mereka kepada kopi susu tradisional, tetapi ada sedikit tambahan rasa susu kelapa dan yogurt yang tercampur.

Sumber : detik.com

0 comments: