5 Olahraga Asli Indonesia yang Mendunia, Jangan Sampai Diklaim Negara Lain!

Jumat, September 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pencak silat merupakan salah satu olahraga asli Indonesia (Foto: Instagram/arumdara)

SEBANYAK 5 olahraga asli Indonesia yang mendunia akan dibahas di sini. Melestarikan kelima olahraga ini menjadi sangat penting bagi kita sebagai masyarakat dunia.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan untuk melatih dan menjaga kesehatan tubuh, baik secara jasmani dan rohani. Olahraga mengandalkan beberapa hal seperti kekuatan, kelenturan, kecepatan, hingga ketepatan.

Olahraga lari

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Untuk urusan olahraga, Indonesia sangat kaya akan kearifan lokalnya.

Tahukah kalian olahraga tradisional Indonesia sendiri tidak kalah menarik dengan olahraga yang populer. Bahkan sudah ada yang diresmikan menjadi olahraga nasional hingga internasional.

Berikut kita ulas olahraga asli Indonesia yang mendunia:

1. Pencak Silat

Pencak Silat

Pencak Silat sudah dikenal sejak abad ke-7 pada masa kepemimpinan kerajaan Majapahit dan Sriwijaya di Nusantara, silat menjadi bela diri dan olahraga yang masuk ke Asian Games dan SEA Games. Dengan gerakan yang indah, luwes, dan penuh kekuatan. Silat menjadi andalan Indonesia di dunia internasional, olahraga ini sudah sangat mendunia baik sebagai olahraga maupun seni.

2. Pacu Jalur

Pacu Jalur

Selanjutnya ada olahraga air yang di mana para pemainnya berpacu dengan perahu sepanjang 25-40 meter yang berisikan 40-60 orang, olahraga ini berasal dari Riau yang awalnya diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang sungai Kuantan untuk merayakan hari besar Islam dan kini olahraga ini masuk ke dalam olahraga nasional.

3. Karapan Sapi

Karapan sapi

Olahraga unik selanjutnya ada Karapan Sapi yang berasal dari wilayah Madura, olahraga ini sudah mendunia dengan sebutan ‘Bull Race’. Dengan suara dari gamelan dan pakaian (Ambhin) yang beragam. Olahraga ini menjadi ciri khas Madura dan menjadi atraksi wisata bagi para turis lokal maupun mancanegara.

4. Lompat Batu

Lompat batu

Olahraga asal Kepulauan Nias, Sumatera Utara ini merupakan olahraga ekstrem. Lompat batu awalnya adalah sebuah taktik perang yang berguna untuk mengejutkan musuh dibalik tembok tinggi oleh masyarakat lokal. Oleh karena itu, olahraga ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Masyarakat lokal mengenal olahraga ini dengan nama Zawo-zawo dan masih dilestarikan sampai sekarang untuk ritual adat seperti upacara pernikahan.

5. Jemparingan

Jemparingan

Jemparingan adalah olahraga memanah yang dilakukan dalam posisi duduk, olahraga satu ini cukup unik dan sudah dikenal sejak abad ke-17. Sejak masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono I di Yogyakarta, Jemparingan terus dilestarikan hingga saat ini sebagai kemampuan dasar masyarakat area kerajaan. Dengan posisi yang unik, jemparingan memposisikan diri dengan duduk sila saat memanah. Nilai-nilai yang tersirat pada olahraga ini seperti ‘Sawiji ‘yang berarti konsentrasi, ‘Greget’ berarti semangat, ‘Sengguh’ berarti percaya diri, dan ‘Ora Mingkuh’ yang memiliki arti rasa tanggung jawab tinggi.

Itulah deretan olahraga tradisional yang berhasil menarik perhatian masyarakat baik lokal maupun mancanegara. Mari kita jaga olahraga asli Indonesia jangan sampai diklaim oleh negara lain.


Sumber : okezone.com

0 comments: