5 Rekomendasi Destinasi Islami Dunia, Yuk Tengok Peradaban Islam Sambil Liburan

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Bogor - Perjalanan membawa seseorang dari satu tempat ke tempat lain. Selama menjelajahi tempat tersebut, seseorang akan belajar dan menggali hal-hal menarik yang kemudian menjadi wawasan baru untuk dibagikan ke orang lain.

Hal tersebut pun berlaku bagi muslim traveler, seorang muslim yang gemar jalan-jalan untuk mengambil hikmah dari perjalanan tersebut. Muslim traveler kerap mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam di dunia

Jika pernah menonton film 99 Cahaya di Langit Eropa, kamu akan melihat pasangan muslim yang menjelajahi jejak peradaban Islam di Eropa. Tidak hanya tempat yang ditonjolkan, tapi makna perjalanan juga dapat dipetik. 

Banyak manfaat dari sebuah perjalanan. Mulai dari menambah jejaring baru, kawan baru, hingga bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Semua itu dapat diperoleh ketika kamu memberanikan diri keluar dari rumah, menjelajahi dunia dari yang terdekat.

Apabila sudah yang terdekat, saatnya memberanikan diri untuk keluar. Membuktikan dengan mata sendiri tentang peradaban Islam di dunia. 

Ada beberapa destinasi islami dunia yang dapat kamu kunjungi dalam waktu dekat ini. Mengutip berbagai sumber, inilah destinasi yang menarik ditandangi sembari belajar tentang peradaban Islam.

1. Makkah, Arab Saudi

Umat Islam di dunia tentu punya mimpi untuk bisa ke ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Makkah merupakan tempat untuk menunaikan ibadah Rukun Islam kelima setiap bulan Dzulhijjah.

Di sekitar Makkah, ada banyak jejak peradaban Islam. Di sana juga terdapat makam keluarga Rasulullah SAW, para sahabatnya, hingga para ulama yang berpengaruh dalam perjalanan Islam. 

2. Madinah, Arab Saudi

Selain Makkah, kota yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Arab Saudi adalah Madinah. Madinah menjadi kota yang tak akan surut pesonanya. Keindahannya yang memukau membuat seorang muslim traveler ingin kembali ke Madinah.

Bukan itu saja, di Madinah kamu dapat mengunjungi destinasi menarik lain. Misalnya Masjid Al Jum’ah yang merupakan tempat pertama Rasulullah SAW melaksanakan salat Jumat di Madinah setelah hijrah dari Makkah. 

Bisa juga melihat pemandangan Kota Madinah di Jabal Uhud. Ya, lokasi ini pernah menjadi medan perang antara umat Islam dengan kaum Quraisy.

3. Al-Quds, Yerusalem

Peradaban Islam tidak hanya berkembang di Makkah dan Madinah. Seiring berkembangnya waktu, Islam menyebar hingga seluruh penjuru dunia, termasuk di Al-Quds atau Yerusalem. 

Al-Quds memiliki arti “yang suci” atau “tempat suci”. Memang kota ini merupakan kota suci bagi tiga agama, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Di kota ini terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi kiblat pertama kali sebelum ke Ka’bah.

4. Istanbul, Turki

Mendengar kata Turki mungkin kamu teringat dengan film Fetih 1453. Film ini mengangkat perjuangan pasukan Islam di bawah Sultan Mehmed II atau Muhammad al-Fatih yang berhasil menaklukkan Konstantinopel.

Di Istanbul, Turki sejarah-sejarah kejayaan Islam akan kamu kenang. Di kota ini juga kamu akan menyaksikan bagaimana perpaduan budaya, tradisi, dan agama menyatu untuk umat manusia, sehingga cocok menjadi destinasi selanjutnya dalam penjelajahan menyusuri kota-kota bersejarah Islam.

5. Kairo, Mesir

Mesir akan mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Musa AS dengan raja Fir’aun. Di Mesir atau tepatnya di Kairo terdapat tempat-tempat yang kental dengan nuansa sejarah Islam dunia.

Selain itu, kamu juga bisa berziarah ke makam Imam Syafi’i di Kairo, Mesir. Apabila tertarik belajar di kota ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Universitas Al Azhar yang merupakan perguruan tinggi tertua di Mesir.

Sumber : liputan6

0 comments: