5 Tips Memasak Telur Rebus dengan Baik dan Benar Menurut Ahli

Senin, September 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bolehkah Bayi Makan Telur Setiap Hari? Foto: Freepik
Telur rebus merupakan makanan serbaguna dan mudah dibuat. Selain itu, telur rebus juga kerap jadi sumber protein yang bikin tetap kenyang dan mendorong tubuh untuk memperbaiki serta membangun otot.
Mengutip Tasting Table, ahli dari Healthline menyebut bahwa satu butir telur besar mengandung 6-7 gram protein. Sementara kebutuhan protein rata-rata setiap orang 46-56 gram, telur khususnya yang direbus jadi makanan yang bagus untuk tubuh.
Hanya saja, akan lebih bagus bila membuat telur rebus dengan baik dan benar. Karena itu, ahli mengungkap lima tips memasak telur rebus dengan baik dan benar. Berangkat dari sana, berikut lima di antaranya.

1. Jangan pakai air mendidih


Ilustrasi Merebus Telur Dalam Panci (Foto: iStock)
Merebus telur tentunya menggunakan air. Banyak kemudian menganggap menggunakan air panas atau mendidih bakal mempercepat proses merebus telur, yang mana sebenarnya salah. Sebab, menggunakan air mendidih bisa membuat cangkang telur pecah. Karena itu, sebaiknya merebus telur bersamaan dengan airnya.
Disarankan juga tidak menggunakan telur yang langsung dari kulkas. Biarkan terlebih dahulu di suhu ruangan agar telur tidak kaget dan pecah ketika direbus di air panas. Telur yang pecah sebenarnya masih bisa dimakan, tapi akan membuat bentuknya tidak bagus dan mengurangi ukurannya.

2. Tambahkan garam dan soda kue pada air

Demi mendapat telur rebus sempurna, disarankan menambahkan sesendok garam. Bukan karena garam membuat proses merebus menjadi lebih cepat, melainkan guna menaikkan suhu air ke temperatur tertinggi. Cara itu juga membuat putih telur mengeras lebih cepat.
Tambahan soda kue atau cuka di air juga punya manfaat tersendiri. Dengan meningkatnya pH pada air, kemungkinan protein menempel pada membran pun turun. Hasilnya, telur jadi lebih mudah dikupas. Kali ini cuma butuh setengah sendok teh liter air.

3. Durasi merebus telur

Durasi merebus telur jelas menentukan hasilnya. Jadi, durasi memasak telur rebus tergantung selera. Bila ingin telur rebus keras, delapan menit sudah cukup, jangan lebih. Sedangkan telur rebus yang masih lembut, dibutuhkan waktu empat sampai enam menit. Sebagai catatan, telur harus berada di suhu ruangan.
Terlalu cepat memasak jelas akan menghasilkan telur masih mentah. Sementara kalau kelamaan, sulfur pada putih telur akan bereaksi dengan besi di kuningnya, menimbulkan sulfida dan bau belerang, menurut Jessica Gavin selaku Ilmuwan Kuliner Bersertifikat.

4. Rendam di air es

Setelah selesai merebus sesuai durasi yang diinginkan, telur perlu langsung direndam di air es. Pasalnya, bila dibiarkan begitu saja, proses memasak masih terjadi karena cangkang masih panas. Nah, direndam di air es bertujuan menghentikan proses masak tersebut.
Caranya mudah, yakni dengan merendam telur rebus tadi ke mangkuk air berisikan es batu. Biarkan telur berada di air dingin kurang lebih selama 15 menit, baru kemudian kupas seperti biasa.

5. Cara mengupas telur rebus

Mengupas telur rebus jadi bagian yang paling bikin orang-orang malas karena kadang menempel. Fenomena tersebut ternyata ada penyebabnya, yakni karena cara memasak atau telur yang dipilih.
Telur lebih tua lebih mudah dikupas ketimbang yang masih baru. Ada juga trik seperti menggunakan soda kue atau cuka saat proses memasak. Proses merendam di air dingin bisa memudahkan saat mengupas. Mengupas dianjurkan dimulai pada bagian atas karena merupakan lokasi paling mudah dipecahkan.





Sumber : kumparan.com

0 comments: