5 Tips Pakai Hijab agar Aman dari Kutu

Sabtu, September 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips pakai hijab agar aman dari kutu (Foto: Aquile Style)

MEMAKAI kerudung yang selalu menutupi kepala, membuat wanita berhijab kerap kali mengalami masalah rambut, salah satunya terkena kutu. Seperti yang dialami anak perempuan SD yang tengah viral di media sosial.

Dalam sebuah video, tampak bocah tersebut sedang disisir oleh beberapa orang ibu. Namun yang menghebohkan adalah saat disisir ratusan bahkan mungkin ribuan kutu berjatuhan di hijab putihnya.

Oleh karenanya, hijabers harus tetap waspada dan menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari kutu. Karena, efek gatal dari gigitan serangga mungil ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Untuk mencegahnya, berikut MNC Portal rangkum 5 tips memakai hijab aman dari kutu dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

Tips Pakai Hijab

1. Hindari aktivitas kontak rambut orang lain

Kutu tidak bisa terbang atau melompat ke hijab Anda, tapi mereka bisa merangkak lewat tubuh hingga akhirnya hinggap di rambut Anda. Kutu paling sering menyebar dengan kontak langsung. Oleh sebab itu, hindari aktivitas yang melibatkan kontak rambut sebanyak mungkin.

2. Jangan pinjamkan hijab ke orang lain

Anda bisa tertular kutu jika Anda meminjamkan hijab, topi, hoodies, handuk, tempat tidur, ataupun bantal dengan seseorang yang pernah atau baru saja terkena kutu. Terkadang, kutu juga menyebar di sisir dan sikat. 'Kontak bersama' seperti itu jarang terjadi, tetapi bisa terjadi. Kutu dapat hidup sekitar satu atau dua hari setelah jatuh dari tubuh. Untuk mencegah kutu, jangan pernah berbagi benda yang menyentuh kepala.

3. Hindari duduk di sofa umum

Mungkin menyenangkan untuk duduk di sofa mewah perpustakaan, tetapi sofa umum itu tentu sudah diduduki banyak orang sebelumnya. Kutu atau telur kutu dapat hidup selama sekitar 48 jam pada furnitur dan permadani berlapis kain. Selain itu, boneka atau bantal yang terpajang juga bisa menjadi tempat persembunyian kutu. Jadi, hindari barang yang memungkinkan jadi sarang-sarang kutu ini.

4. Cuci, pijat, dan keringkan rambut dengan benar

Seringkali hijabers mengabaikan kebersihan rambut saat mandi karena merasa rambut mereka tidak terlihat dan membutuhkan perawatan. Hal ini bisa membuat rambut Anda menjadi sarang kutu. Oleh karenanya, pijatlah rambut sebelum, selama, dan setelah dicuci. Kemudian, keringkan sebelum akhirnya memakai hijab. Ingatlah untuk tidak mengikat rambut saat basah, karena dapat menyebabkan rambut berbau busuk, munculnya ketombe, dan tentu saja kutu.

5. Cuci hijab dan jaga kebersihan benda-benda sekitar

Terakhir, cucilah hijab, baju, topi, hingga handuk Anda dengan air hangat, karena telur kutu dapat bertahan lama di benda-benda ini. Rendam juga sisir dan berbagai perlengkapan rambut, seperti bando dan jepit rambut, dalam alkohol atau sampo kutu yang dicampur dengan air panas selama 1 jam sebagai pencegahan.

Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer selama masa perawatan, untuk menghindari kutu berpindah ke area lain. Demikian 5 tips pakai hijab aman dari kutu. Semoga bermanfaat.


Sumber : okezone.com

0 comments: