5 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Korea Selatan

Selasa, September 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Salju di Pulau Jeju, Korea Selatan. (Foto: istockphoto/july7th)

- Korea Selatan (Korsel) barangkali masuk daftar wajib negara yang patut dikunjungi penggemar K-Pop dan K-Drama. Tidak dapat dipungkiri, Korea Selatan memang destinasi wisata yang menarik.

Di Negeri Ginseng, kamu bisa menyambangi lokasi-lokasi wisata alam, kuliner, tradisional, sejarah, dan tempat berlangsungnya syuting K-Drama atau K-Pop yang ikonik.

Korea Selatan sejak awal 2022 mulai kembali membuka pintu secara bertahap kepada wisatawan mancanegara, usai lebih dari dua tahun menutup pintu karena pandemi Covid-19.


Wisatawan asing sekarang juga dipermudah masuk Korea Selatan, karena tidak perlu lagi melakukan karantina. Turis asing, termasuk dari Indonesia sudah dapat mengajukan permohonan visa jangka pendek (C-3) mulai 1 Juni 2022.

Namun, bukan hanya visa yang mesti disiapkan, terdapat sejumlah hal harus diperhatikan sebelum mengunjungi Korea Selatan, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ke negara tersebut.

Berikut 5 Tips untuk kamu yang Baru Pertama ke Korea Selatan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.
1. Pastikan Musim yang Berlangsung
Korea Selatan adalah negara empat musim, jadi perlu mengetahui ketika kamu di sana, musim apa yang sedang berlangsung. Jika musim dingin, pastikan kamu membawa jaket dan baju tebal.

Dengan demikian, ketika packing baju, kamu mengetahui harus memakai apa selama di Korea. Sebab, bila salah membawa jenis baju, liburan kamu berpotensi berantakan. Belum lagi dana tambahan harus dikeluarkan untuk membeli baju yang sesuai musim di Korea Selatan.

2. Tentukan Destinasi dan Riset Lebih Dulu

Sebelum tiba di Korea Selatan, kamu perlu menentukan destinasi mana saja yang akan dikunjungi, agar tahu ke mana tujuan Anda hari ini, besok, dan selanjutnya. Kamu juga harus melakukan riset destinasi di sana.

Riset bisa berupa, transportasi menuju ke destinasi tersebut, biaya yang mesti dikeluarkan, aturan di tempat destinasi itu, tempat makan terdekat, fasilitas yang ada di sana, hingga jam buka dan tutup. Destinasi wisata yang terkenal di Korsel antara lain Busan, Pulau Jeju, dan Seoul.

Situs resmi Korean Tourism Organization bisa kamu kunjungi untuk memperoleh informasi soal destinasi dan informasi seputar pariwisata di Korea Selatan.

Gamcheon Culture Village, pemukiman warna-warni yang menjadi salah satu tujuan turis ketika berkunjung ke Busan, Korsel. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)

3. Siapkan Anggaran Lebih

Jauh-jauh hari kamu perlu menyiapkan anggaran untuk perjalanan ke Korsel. Bukan hanya untuk penginapan, tiket pesawat, dan biaya makan selama di sana, tapi juga transportasi serta pembelian tiket masuk ke tempat-tempat wisata.

Biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar apabila kamu banyak jajan dan berbelanja selama di Korea. Penting untuk tidak membawa dana pas-pasan, agar kamu merasa keuangan cukup aman selama di Korsel sampai kamu kembali ke tanah air.

4. Cek Barang Sebelum Berangkat
Bawa pakaian secukupnya, karena biasanya ketika pulang dari Korea Selatan kamu akan membawa barang-barang baru hasil belanja. Isi koper kamu bisa bertambah dan tidak menutup kemungkinan menambah biaya bagasi saat pulang ke Indonesia.

5. Pastikan internet kencang
Selama di Korea Selatan, kamu pasti bakal sering browsing untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk browsing, perlu internet. Kamu bisa membeli kartu perdana prabayar Korsel agar bisa internetan dengan lancar, aman, dan cepat.

Selain itu, kamu juga bisa memakai travel wifi. Cara sewanya mudah dan bisa dilakukan saat kamu masih berada di Indonesia. Travel wifi bisa membantu internetan ketika kamu berada di daerah-daerah pegunungan atau yang jauh dari pusat kota.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: