6 Tips Mencuci dan Merawat Pakaian Rajut agar Tidak Cepat Rusak

Jumat, September 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips merawat pakaian rajut. Foto: Africa Studio/Shutterstock

Pakaian rajut menjadi salah satu fashion item andalan banyak perempuan. Tidak hanya cocok dipakai untuk menghangatkan badan saja, tapi pakaian rajut juga bisa menunjang gaya sehari-hari. Namun, sudahkah kamu tahu bagaimana tips merawat dan mencuci pakaian rajut?

Sayangnya, pakaian rajut yang dibuat dari benang wol ini rentan berbulu, robek, dan melar jika dicuci atau dirawat dengan cara yang salah. Bahkan serat-serat benang juga sering keluar dan menggumpal di permukaan.
Untuk itu, pastikan kamu memperhatikan cara merawat dan mencuci pakaian rajut kesayanganmu dengan tepat. Agar makin awet dan tidak cepat rusak, ini dia enam tips yang perlu kamu ketahui, Ladies.

1. Cuci dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci

Ilustrasi merawat pakaian rajut. Foto: Arkhipenko Olga/Shutterstock
Jangan hanya karena alasan ingin praktis dan hemat waktu, kamu jadi mencuci pakaian rajut menggunakan mesin cuci. Padahal, ini cara yang salah karena bisa membuat ukurannya jadi melar atau menyusut. Sebaiknya cuci pakaian rajut secara manual dengan tangan sehingga tidak membuat pola dan bentuk rajutan menjadi rusak.

2. Rendam sebentar dengan air hangat

Pakaian rajut cukup direndam sebentar saja, sekitar 5-10 menit dengan air hangat dan bukan air dingin, ya, Ladies. Jangan pernah juga memeras pakaian rajut saat mencucinya karena berpotensi merusak benang dan seratnya.

3. Hindari mencuci pakaian rajut dengan pemutih dan pelembut

Tips selanjutnya adalah kamu perlu menghindari mencuci pakaian rajut dengan pemutih atau pelembut. Sebab, bahan kimia pada produk tersebut dapat membuat warna pakaian jadi mudah pudar dan benang akan mudah putus serta kusut. Sebagai solusinya, gunakan detergen dengan pH yang rendah atau produk yang khusus diciptakan untuk mencuci pakaian rajut.

4. Jangan dijemur di bawah sinar matahari

Meski sinar matahari yang terik dapat membantu mengeringkan pakaian dengan cepat, tapi hal ini justru dapat membuat pakaian rajut jadi mudah rusak dan warnanya pudar. Sebaiknya hindari menjemur pakaian rajut di bawah sinar matahari langsung dan cukup keringkan di tempat yang berangin saja.

5. Pakaian rajut tidak perlu kamu setrika

Ilustrasi pakaian rajut. Foto: Alina Bitta/Shutterstock
Setelah kering, pakaian rajut tidak perlu kamu setrika karena bisa membuat serat rajut jadi longgar atau menyusut. Cara terbaik untuk merapikan pakaian rajut adalah menggunakan steamer dengan suhu yang tidak terlalu panas.

6. Hindari menggantung pakaian rajut

Ilustrasi merawat pakaian rajut. Foto: evrymmnt/Shutterstock
Ini dia tips penting yang tidak boleh kamu abaikan dalam menyimpan pakaian rajut. Pastikan kamu tidak menggantung pakaian rajut di dalam lemari karena cara ini dapat meninggalkan bekas pada bagian bahu dan membuat benang mudah robek. Sebaiknya cukup simpan koleksi pakaian rajut dengan cara dilipat.

Sumber : kumparan.com

0 comments: