7 Ide Bisnis Hewan Peliharaan yang Profitable, Cocok Buat Penyayang Binatang

Selasa, September 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

7 Ide Bisnis Hewan Peliharaan yang Profitable, Cocok Buat Penyayang Binatang
Ilustrasi bisnis hewan peliharaan (Pixabay.com/@huoadg5888)

Suara.com - Belakangan, semakin banyak orang memilih untuk memiliki hewan peliharaan. Tak hanya kucing dan anjing, tapi juga hewan lainnya seperti reptil. Hal ini pun membuat bisnis hewan peliharaan semakin marak.

Buat Anda yang suka binatang, bisnis hewan peliharaan menyediakan peluang yang cukup besar untuk mendatangkan keuntungan. Dan jangan salah, ternyata ada banyak ide bisnis yang bisa Anda masuki di sini. Apa saja?

Yuk, simak tujuh ide bisnis hewan peliharaan yang profitable, melansir dari Shopify.

1. Penjaga hewan peliharaan

Pekerjaan pet sitter atau penjaga hewan peliharaan adalah salah satu bisnis kecil yang bisa Anda jalani hampir tanpa modal. Yang Anda butuhkan hanyalah menemukan komunitas ataupun klien potensial yang membutuhkan jasa Anda untuk menjaga hewan peliharaannya. Anda bisa mematok tarif per jam ataupun per hari untuk menjaga hewan peliharaan.

2. Toko makanan hewan peliharaan

Bisnis makanan hewan membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi, Anda bisa mensiasatinya dengan mengkhususkan diri pada satu jenis hewan tertentu, misalnya makanan anjing, makanan kucing, atau makanan hamster. Supaya semakin niche, perkaya produk makanan di toko Anda dengan makanan diet khusus untuk hewan tertentu, atau makanan organik

3. Toko pakaian hewan peliharaan

Pakaian untuk hewan peliharaan kian populer selama beberapa tahun terakhir. Tak sedikit produsen yang menyediakan aneka pakaian seperti kemeja, kaos, celana, hingga aksesori yang dirancang untuk anjing dan kucing. Untuk meminimalkan modal atau risiko, Anda bisa memulai bisnis ini dengan sistem dropshipping.

4. Tempat penitipan anjing

Banyak pemilik hewan peliharaan yang tak tega meninggalkan hewan kesayangannya di rumah sendirian ketika mereka harus bepergian. Nah, tempat penitipan hewan peliharaan bisa jadi solusi. Anda bisa menawarkan tempat untuk para hewan-hewan tersebut menginap selama pemiliknya tidak berada di rumah. Jika Anda memiliki modal, tak ada salahnya menyewa tempat yang lebih besar untuk menerima lebih banyak klien.

5. Toko perlengkapan hewan peliharaan

Setiap pemilik hewan peliharaan pasti membutuhkan aksesori dasar seperti mangkuk makanan, mainan, kotak pasir, dan kalung anjing. Namun, produk seperti ini cenderung tidak tersedia secara luas. Di sinilah peluang Anda untuk mengambil pasar yang ada. Bahkan, jika Anda jeli, Anda bisa membangun merek sendiri yang fokus pada perlengkapan hewan peliharaan.

6. Salon perawatan hewan peliharaan

Saat ini, banyak pemilik hewan peliharaan seakan berlomba-lomba untuk mendandani hewan kesayangannya semanis atau segagah mungkin. Anda bisa masuk ke ceruk ini dengan membuka bisnis salon perawatan hewan peliharaan. Layanan yang ditawarkan di antaranya mandi, merapikan bulu, meni pedi, pijat, dan sebagainya.

7. Pelatihan anjing

Banyak pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, yang ingin anjingnya pintar, namun mereka tidak memiliki waktu untuk melatihnya sendiri. Anda bisa menciptakan bisnis pelatihan anjing untuk pasar-pasar seperti ini. Tapi tentu saja sebelumnya Anda harus terlebih dahulu menguasai teknik-teknik pelatihan anjing yang umum, seperti cara buang air, hingga keahlian spesifik seperti menjaga rumah dari pencuri.

Sumber : suara

0 comments: