7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit Jadi Lega dan Nyaman

Sabtu, September 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Memiliki kamar yang sempit bukan menjadi alasan untuk tidak membutnya nyaman. Berikut tips dekorasi kamar yang nyaman meski dengan ruangan sempit. (Foto: iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

, CNN Indonesia -- Kamar tidur yang nyaman tidak bergantung pada seberapa luas ruangan yang Anda miliki. Dengan memilih dekorasi yang tepat, niscaya kamar tidur yang sempit pun bakal terasa nyaman.
Berikut tips dekorasi kamar yang nyaman sekalipun dengan ruangan sempit.

Anda memerlukan beberapa ubahan dan kecermatan untuk bisa membuat kamar tidur tetap nyaman. Mulai dari tepat memilih warna cat, model furnitur, sprei, hiasan, hingga urusan lampu atau pencahayaan.


Semua hal ini penting untuk dipertimbangkan agar kamar tidur yang sempit jadi punya kesan yang luas.

Apabila salah dalam memilih barang beserta pernak-pernik yang akan ditempatkan dalam kamar, akan membuat suasana kamar semakin sempit dan jauh dari kesan nyaman.

Berikut tujuh hal yang harus dipertimbangkan agar kamar tidur jadi lebih nyaman meski ruangannya sempit.

1. Memilih warna netral
Aspek yang paling penting dalam melakukan dekorasi kamar agar terlihat nyaman adalah pemilihan warna, baik itu warna furnitur, korden, termasuk warna cat tembok.

Nyatanya, jika Anda salah memilih warna cat akan membuat kamar justru terkesan semakin sumpek dan tak nyaman.

Selain itu, warna cat juga akan memengaruhi semua yang ada di dalam kamar terutama pencahayaan.

Warna cat yang netral akan sangat cocok untuk dijadikan warna utama, misalnya putih, krem, beige, atau abu-abu muda.

Selain itu, Anda juga bisa memilih warna kalem lainnya seperti biru muda atau hijau muda untuk membuat suasana kamar tidur menjadi lebih tenang dan tenteram untuk beristirahat.

2. Menggunakan furnitur yang multifungsi
Ilustrasi. Tips dekorasi kamar tidur yang nyaman adalah memilih furnitur yang multifungsi (Foto: Getty Images/gradyreese)

Kamar yang sempit tentu membutuhkan kecermatan dalam memilih furnitur. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memilih tempat tidur yang memiliki laci penyimpanan di bawahnya.

Hal ini sangat penting untuk meletakkan semua barang tetap tersimpan rapi tanpa memakan banyak tempat.

Jika memiliki dana yang longgar, maka Anda juga bisa memilih tempat tidur yang menyatu dengan lemari pakaian yang akan membuat ruangan semakin efisien.

Selain itu, Anda bisa mengutamakan furnitur jenis built-in yang multifungsi. Furnitur semacam ini biasanya menempel di dinding dan disesuaikan dengan bentuk ruang sehingga sangat efisien dan cocok buat ruangan yang minimalis.

3. Gantung gorden tinggi-tinggi
Pemasangan korden di kamar tidur sangat memengaruhi kesan luas-tidaknya kamar. Semakin dekat gorden ke langit-langit akan membuat ruangan sempit terasa lebih lapang.

Di samping itu, pemilihan material kain dan motif tirai juga perlu dipertimbangkan. Pilih material yang tidak terlalu tebal dengan motif embos adalah pilihan terbaik.

Sebab, gorden dengan motif atau corak yang ramai justru akan membuat ruangan terlihat penuh. 

4. Gunakan beberapa opsi pencahayaan
Pencahayaan menjadi salah satu kunci dekorasi kamar yang nyaman. Anda bisa menggunakan lebih dari satu sumber cahaya untuk menciptakan kamar yang nyaman. Pencahayaan ini sendiri disesuaikan dengan fungsinya.

Sebaiknya Anda memilih pencahayaan yang terkesan lembut dan menenangkan. Pencahayaan ini berguna pada saat Anda ingin beristirahat.

Sementara untuk aktivitas lain yang memerlukan intensitas cahaya tinggi, Anda bisa menggunakan lampu kecil gantung atau menempel di dinding.

5. Pemilihan aksesori


Meski kamar sempit, namun bukan berarti Anda tak perlu menambahkan aksesori ke dalamnya. Justru dengan menambahkan aksesori atau hiasan, maka akan membuat suasana kamar tetap ceria.

Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah jam digital yang juga memiliki bingkai foto, jam dinding dengan model unik, hiasan gantung rajut, lukisan, ambalan kayu, maupun hiasan lampu LED.

6. Pilih karpet dengan pola minimalis
Jika Anda menggunakan kasur lantai, maka alangkah baiknya meletakkan karpet yang berfungsi sebagai alas dari kasur lantai. Pilihlah karpet dengan model simpel dan pola minimalis agar tidak terkesan ramai.

Anda juga bisa memilih warna karpet yang senada dengan warna sprei atau bedcover dan juga bantal yang Anda gunakan.

Jika tidak menemukan karpet yang senada dengan warna tempat tidur, maka Anda bisa memilih karpet dengan warna netral seperti hitam, abu-abu, putih, atau cokelat.

7. Pasang cermin
Cermin dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Anda bisa menggantung cermin, baik itu berbentuk persegi atau bundar pada dinding.

Meski begitu, perhatikan pula ukuran cermin untuk mendapat kesan kamar tidur yang luas. Jangan memilih cermin terlalu kecil karena tidak akan memberikan pengaruh apa pun, sedangkan cermin terlalu besar memenuhi dinding karena hanya akan mengganggu tampilan kamar.

Selain itu, fungsi meletakkan cermin di kamar ialah untuk memantulkan cahaya alami yang masuk dari jendela, sehingga menciptakan terang dan kesan yang luas.

Itulah tips dekorasi kamar nyaman meski di ruangan sempit yang bisa Anda coba di rumah.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: