7 Tradisi Unik di Dunia, Salah Satunya Memanjangkan Leher

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tradisi memanjangan leher. Foto: (Twitter/@rojemanado)
Ada banyak tradisi-tradisi unik di dunia saat ini yang membuat kita terheran-heran. Sebab, tradisi tersebut terbilang tak masuk akal namun sangat dihargai di beberapa negara lantaran rutin dilakukan.
Nah, seperti apakah tradisi unik di dunia dan masih dijalankan hingga saat ini? Berikut 7 tradisi-tradisi tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Tradisi Hanami, Jepang
Hanami merupakan sebuah tradisi di Jepang yang masih dijalankan warga Negeri Sakura hingga sekarang.
Tradisi memanjangan leher. (Foto: Twitter/@jnderaI)

Pasalnya, penduduk setempat meyakini tradisi ini membuat mereka tampil lebih menawan.
Tradisi memanjangkan leher pertama kali dilakukan oleh Suku Karen di Tibet. Bahkan, meski kini penduduk Suku Karen banyak hijrah ke Thailand dan Myanmar, namun mereka tetap menjalankan tradisi tersebut.
3. Tradisi Famadihana (Menari Bersama Mayat), Madagaskar
Semua orang pasti merasa takut atau tidak bersedia jika diminta menari bersama mayat. Nah, hal inilah yang terjadi di Madagaskar.
Negara yang terletak di pesisir Afrika Timur ini rutin melakukan tradisi famadihana tersebut.
Biasanya, tradisi menari bersama mayat dilakukan pada Juni hingga September setiap tahunnya. Pasalnya, tradisi tersebut dikabarkan telah turun-temurun dilakukan oleh penduduk Madagaskar.
4. Tradisi Tulip Time, Belanda
Hampir sama dengan Jepang, penduduk Belanda juga rutin melakukan tradisi tulip time atau menyambut mekarnya bunga tulip. Tradisi ini dilakukan pada 5 - 13 Mei setiap tahunnya.
Biasanya, warga lokal setempat akan melakukan parade tari-tarian tradisional.
Selain itu, tradisi tulip time juga membuat warga lokal Belanda menghias diri termasuk memakai pakaian tradisional Belanda. Selama tradisi ini, para warga juga biasanya akan berkumpul melihat parade-parade yang dilakukan.
5. Tradisi Rambut Tanduk, China
China juga memiliki tradisi unik dan masih dilestarikan hingga saat ini yakni rambut tanduk. Tradisi ini rutin dilakukan oleh penduduk Suku Miao di Provinsi Guizhou.
Tradisi rambut tanduk. (Foto: Twitter/@anankarai)
Mereka meyakini bahwa tradisi rambut tanduk atau menata rambut merupakan karya leluhur mereka dan telah turun-temurun dilakukan.
Dalam menjalankan tradisi ini, rambut perempuan Suku Miao akan ditata dan dijadikan konde. Bahkan, rambut mereka bakal terlihat seperti bentuk tanduk saat melakukan tradisi tersebut.
6. Tradisi Tato Badan, Filipina
Negara Asia Tenggara yakni Filipina juga memiliki tradisi unik terkusus bagi penduduk Suku Kalinga. Mereka akan menato badan dengan menggunakan tinta yang terbuat dari gula dan jelaga (arang). Anehnya, tato tersebut akan diukir dengan cara dipukul.
Tradisi Tato Badan (Foto: Twitter/@News24Xx)
Para penduduk Suku Kalinga biasanya menggambar tato yang memiliki makna tertentu. Nah, sementara tujuan tradisi ini menandakan seseorang telah dewasa dan siap untuk dipinang atau menikah.
7. Tradisi Thaipusam, Suku Tamil
Terakhir, tradisi unik berasal dari Suku Tamil yang masih dilakukan hingga saat ini.
Trardisi Thaipusam. (Foto: Twitter/@Melakahariini)
Para penduduk Suku Tamil yang tersebar di India, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Sri Lanka dan lain sebagainya kerap menggelar tradisi Thaipusam untuk menghormati Dewa Perang Hindu bernama Muragan.
Tradisi Thaipusam yang digelar setiap tahunnya atau pada bulan ke-10 dalam kalender Hindu akan memperlihatkan seseorang berpakaian berwarna emas dengan badan tertusuk oleh besi.
Nah, begitulah 7 tradisi unik yang kini masih dilakukan di berbagai negara meski dianggap tak masuk akal.


Sumber : kumparan.com

0 comments: